cewek cantik pakai rok spandek soft dengan atasan kaos zebra cross

Spandek Soft: Spesifikasi, Karakteristik, dan Harga Terbaru

Posted on

Spandek soft merupakan sebuah jenis kain yang populer digunakan dalam industri garmen. Nama lain dari kain ini adalah elastane. Popularitas elastane dikarenakan daya elastisisnya yang mampu melar hingga lima kali lipat. Wow, jangan-jangan tanpa diketahui, kamu sudah memiliki kain ini dalam lemari bajumu atau sudah punya banyak pakaian dengan bahan elastane.

Contoh pakaian yang kerap menggunakan bahan elastane adalah baju muslim wanita seperti gamis dan kerudung. Selain itu, pakaian untuk aktivitas olahraga juga banyak yang memanfaatkannya. Misal set baju futsal, sepak bola, basket, dan lain sebagainya.

 

Spesifikasi spandek soft

jersey lengan panjang dari bahan spandek soft
Jersey lengan panjang dari bahan spandek soft.
Sumber: Dyotees

Elastane sebenarnya merupakan kain yang tersusun dari kumpulan serat buatan. Awal kemunculannya ditujukan untuk mengganti peran karet dalam bahan garmen. Tidak aneh kalau melar menjadi ciri khas utamanya.

Elastane terbuat dari 100% bahan sintetis. Serat elastane juga dapat digabungkan dengan jenis-jenis serat lain untuk mengadopsi kelebihannya. Maka tidak heran ada berbagai macam karakteristik elastane yang tergantung pada campuran bahan pembuatannya. Bahkan warna kain elastane juga mudah dimodifikasi hingga tidak mudah luntur.

Spandek soft terbuat dari campuran polyutherane dan kapas. Polyutherane inilah yang menguatkan serat-serat kapas dan memberinya sifat elastis. Meskipun elastis hingga level lima kali lipat saat diregangkan, namun kain ini tidak mudah rusak dan cenderung dapat Kembali ke bentuk aslinya dengan mudah.

 

Karakteristik spandek soft

baju crop top dari bahan katun spandek dengan gaya korea
Baju crop top dari bahan katun spandek dengan gaya Korea.
Sumber: Terminal Fashion

Coba amati baju olahraga atau pakaian muslim untuk wanita. Apakah pernah menyaksikan baju-baju tersebut terbuat dari kain dengan ciri-ciri berupa tipis, mengkilap, melar, dan cenderung ringan? Jika iya, maka itulah spesifikasi dari elastane. Karakteristik elastane adalah sebagai berikut.

  • Dapat mempertahankan bentuk sehingga cenderung menyesuaikan dengan ukuran tubuh.
  • Ketika diregangkan akan Kembali ke bentuk aslinya, kecuali saat serat-serat kain sudah mulai rusak sehingga tingkat elastisitasnya berkurang.
  • Dapat diregangkan hingga lima kali lipat lebih panjang dari aslinya.
  • Tidak menimbulkan iritasi kulit, berbeda dengan polyester.
  • Sangat cocok untuk mode fesyen yang ditujukan pada orang-orang dengan aktivitas dan mobilitas tinggi.
  • Semakin banyak campuran polyutherane, maka kain ini akan semakin sulit melar dan sifat kedapnya cenderung bertambah. Akibatnya air dan udara semakin sulit bersirkulasi.
  • Serat-serat kain ini memang tipis, namun malah lebih kuat dibandingkan bahan-bahan lainnya.
  • Permukaan kain yang cenderung berkilau sehingga terkesan glamour.
  • Lebih awet digunakan kalau dibandingkan dengan bahan-bahan kain lainnya karena sifat elastisitas elastane.

Karakteristik spandek soft di atas merupakan ciri-ciri yang paling mudah diamati.

Baca Juga : Katun Bangkok: Kelebihan, Kekurangan, dan Info Lengkap

Kelebihan elastane

Kita bisa mengira bahwa karakteristik elastane yang dibahas sebelumnya merupakan kelebihan-kelebihan kain ini. Tentu karena karakteristik tersebut tampak menguntungkan bagi pemilik kain. Hanya saja masih ada kelebihan elastane lainnya selain karakteristik tersebut yang membuat kain ini dilirik banyak orang. Berikut penjelasannya.

  • Spandek soft punya banyak jenis kain yang beredar di pasaran. Banyaknya varian tersebut merupakan akibat dari mudahnya bahan ini dicampur dengan bahan-bahan lain. Varian-varian tersebut akan menguntungkan pembeli karena bisa memilih kain yang sesuai kebutuhan. Bahan kain elastane yang beredar di pasaran terdiri dari berbagai macam jenis. Utamanya ada sembilan bahan yaitu denim, jersey, korea, rayon super, polyester, semi rayon, rayon, dan katun spandek.
  • Bahan spandek soft sangat cocok untuk baju olahraga dan kasual karena ringan dipakai dan tidak membatasi gerakan tubuh.
  • Elastis Kembali ke bentuk asal tanpa kerutan. Tingkat elastisitas elastane dapat mencapai lima kali lipat dan serat kainnnya tidak berkerut. Kita juga tidak perlu takut bila mencucinya karena meskipun dibilas dan digosok berkali-kali, serat elastane tetap kuat bertahan sesuai bentuk aslinya.
  • Toleran terhadap panas dan keringat. Tidak perlu khawatir menjemur kain elastane karena tidak akan melar terkena panas matahari. Selain itu, air juga tidak bisa merusak serat-serat kain sehingga aman digunakan meskipun tubuh berkeringat deras.
  • Elastisitasnya dapat mengikuti alur tubuh pemakai. Cocok untuk kamu yang suka menonjolkan lekuk tubuh untuk penampilan menarik.

Banyak dipakai untuk bahan-bahan pakaian seperti sarung tangan, celana legging, tank top, jilbab, gamis, denim, baju atlet olahraga, tali BH, serta kerudung atau jilbab.

Baca Juga : Katun Polyester: Spesifikasi, Info Lengkap, dan Harga Terbaru

Kekurangan elastane

Kekurangan yang paling menyusahkan dari elastane terletak pada fase pembuatan serat di mana polyuarthene tidak bisa berdiri sendiri. Bahan ini harus dicampur dengan bahan-bahan garmen lain untuk dapat menghasilkan serat-serat kain. Itulah kenapa banyak varian dari spandek soft.

Kekurangan lainnya adalah sifat kedap air yang dimiliki polyuarthene. Akibatnya bahan ini akan sangat sulit menyerap keringat meskipun memiliki rongga-rongga udara di antara serat-serat kain. Alih-alih diisi oleh keringat, rongga-rongga udara tersebut malah dipenuhi oleh udara. Maka sangat disarankan untuk mencari opsi bahan pakaian selain spandek soft apabila mencari bahan-bahan yang dapat menyerap keringat dengan cepat.

 

Cara perawatan kain spandek soft

Hal pertama yang harus diingat dalam merawat kain elastane adalah memisahkan kain berserat kasar dengan elastane itu sendiri. Apalagi ketika menggunakan mesin cuci. Ini karena gesekan serat-serat kain yang kasar justru dapat merusak serat-serat elastane. Hindari juga merendam kain elastane dengan air panas.

Hindari menjemur elastane di bawah sinar matahari secara langsung selama seharian. Jangan lupa untuk menggosok kain ini dengan setrika yang panasnya sedang.

 

Harga terbaru spandek soft

Harga kain satu ini cenderung lebih mahal dibandingkan kain-kain jenis lain, meskipun tidak semahal kain sutera. Ada yang menjual elastane dengan patokan berat, panjang, juga gulungan. Harganya pun sangat variatif, tergantung pada jenis spandek soft yang dicari. Umumnya rentang harga bervariasi antara Rp 30.000-an sampai Rp 160.000-an tiap meternya.

 

Ahyana Hijab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *