gamis payung warna merah dipakai wanita cantik

Pola Gamis Payung Ternyata Mudah Dibuat, Ini Caranya!

Posted on

Pola gamis payung sempat banyak dicari karena model fashion ini pernah menjadi tren di tahun 2019. Simak saja sederetan artis tanah air yang sering mengenakan gamis. Terutama para selebriti-selebriti kenamaan seperti Shireen Sungkar sampai Laudya Cynthia Bella.

Kamu akan banyak melihat artis-artis tersebut memakai baju gamis. Apalagi menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Tidak hanya tahun 2019, namun pada tahun 2020 sekarang pun gamis payung masih banyak diminati karena mudah dibuat. Tentu saja dengan catatan kalau kamu mau membuatnya sendiri dan tidak memesan ke penjahit. Yuk, kita bahas bersama cara pembuatannya.

Baca Juga : 23 Jenis Kain untuk Gamis Terlengkap

1. Pilih bahan yang bagus untuk membuat gamis

Sebelum membahas pola gamis payung, lebih baik kamu mencari tahu lebih dulu mengenai bahan gamis. Tujuannya agar pola yang akan kamu buat, bisa mudah diaplikasikan. Karena walaupun kita bisa membuat gamis payung yang bagus, tetapi kalau tidak nyaman akan membuat kamu malas memakainya.

Bahan paling umum yang bisa digunakan adalah kain katun karena lembut dan halus. Selain lembut dan halus, bahan katun juga dingin di kulit sehingga tidak membuat kita cepat berkeringat. Ada dua opsi kain katun yang bisa dipilih yaitu katun Jepang dan katun Paris.

Bahan lain yang bisa dipilih adalah kain sutra. Kain sutra akan memberikan efek glamor untuk kamu yang memakainya. Kain sutra yang banyak diminati adalah sutra Cina.

 

2. Kalau bahan sudah tersedia, waktunya menyiapkan peralatan lainnya

Bahan sudah kamu tentukan. Bisa katun, sutra, atau jika ada referensi bahan lain, kamu juga bisa menggunakannya. Hal selanjutnya yang dilakukan Ketika bahan sudah ditentukan adalah menyiapkan peralatan-peralatan yang akan digunakan membuat pola gamis payung.

Apa saja peralatan-peralatan itu? Sebenarnya peralatan-peralatan yang dibutuhkan membuat pola gamis payung itu sama dengan pola-pola lainnya. Misalnya saja pita meteran, pensil, penghapus, gunting, penggaris, serta kertas untuk menggambar pola yang akan dibuat.

 

3. Tetap pantengi artikel ini karena kita akan memasuki langkah awal dalam proses inti pembuatan pola gamis payung

Proses inti yang dimaksud adalah penghitungan dalam pembuatan pola gamis payung. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengetahui ukuran badan orang yang akan memakai gamis. Mulai dari panjang gamis, lingkar dada, lingkar leher, panjang lengan, dan lain sebagainya.

 

4. Ukuran badan apa saja yang perlu dipersiapkan dalam membuat pola gamis payung?

Ukuran yang perlu dihitung pertama kali adalah panjang gamis. Sebisa mungkin gunakan ukuran asli orang yang akan memakai gamis itu, ya. Jangan dikira-kira karena rawan salah ukuran. Ingat, salah ukuran akan membuat gamis payung cantik kamu tidak bisa dipakai.

Kalau gamis payung akan dipakai sendiri, kamu bisa minta tolong orang lain di sekitar untuk mengukur panjang tubuhmu. Cara mengukur panjang gamis adalah dengan memulainya dari ujung pundak atas sampai mata kaki. Pastikan juga postur tubuh saat diukur tegak, jadi panjangnya bisa pas. Tidak kurang atau lebih.

Baca Juga : Kain Wolfis : Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan Serta Harganya

5. Lengkapi ukuran gamis dengan mengukur ukuran-ukuran lainnya

Ukuran-ukuran lain yang dimaksud dalam membuat pola gamis payung ada banyak hal. Cermati baik-baik ya, supaya kamu bisa mengukur dengan tepat. Ukuran-ukuran lainnya adalah sebagai berikut ini.

  • Lingkar kerung di bagian lengan. Kerung adalah lingkar vertical dari bahu sampai ketiak. Lingkarkan pita meteran pada bahu melewati ketiak, sampai pada bahu lagi. Jangan terlalu ketat karena bisa membuat bagian ketiak mudah sobel atau sulit dimasuki tangan saat gamis akan dipakai.
  • Lingkar pergelangan tangan. Ukur lebar pergelangan tangan kamu secara melingkar. Kamu bisa membuatnya agak longgar agar telapak tangan bisa leluasa keluar-masuk lengan gamis saat dipakai atau dilepas.
  • Lingkar pinggang. Ukur pinggang secara melingkar. Pilih bagian pinggang yang paling ramping.
  • Lingkar pinggul. Ukur pinggul secara melingkar. Pilih bagian pinggu yang paling menonjol. Biasanya ukuran pinggul yang paling pas berada 20 cm di bawah pinggang.
  • Lebar bahu. Cara mengukur lebar bahu dimulai dari titik bahu tertinggi di samping leher sampai titik terendah pada ujung bahu di atas lengan.
  • Panjang lengan yang diukur dari bahu bagian bawah sampai pergelangan tangan.
  • Lingkar leher. Cara mengukurnya adalah dengan memilih bagian leher yang paling lebar.
  • Lingkar dada. Cara mengukurnya adalah dengan memilih bagian dada yang menonjol dan mengelilingi tubuh melewati ketiak.

 

6. Pola gamis payung yang perlu dibuat pertama kali adalah bagian depan, belakang, lengan, lalu kerah

Pola gamis payung bagian depan
Pola gamis payung bagian depan.
Sumber: modemuslim

Pola depan dibuat dengan garis lurus sesuai dengan ukuran panjang gamis. Lalu buat gambar lingkar leher dan lebar bahu. Masing-masing setengah dari ukuran aslinya. Lanjut dengan lingkar kerung dan lengan. Tambahkan dua cm sebagai ruang jahitan.

Pola depan memakai bagian pinggang yang digambar seperempat ukuran. Lingkar pinggul juga diukur dengan dibagi empat, lalu ditambah 1 cm.

pola gamis payung bagian belakang
Pola gamis payung bagian belakang.
Sumber: modemuslim

Kalau pola depan sudah selesai, kamu bisa lanjut pola belakang. Khusus pola belakang, bagian pinggang digambar seperempat ukuran lebar pinggang. Lalu lingkar pinggul juga sama, tetapi ukuran seperempatnya dikurangi 1 cm.

pola gamis payung bagian lengan
Pola gamis payung bagian lengan.
Sumber: modemuslim

Setelah selesai dengan pola belakang, kita beranjak ke bagian lengan. Kamu bisa melihat gambar di atas sebagai referensi.

pola gamis payung bagian leher
Pola gamis payung bagian leher.
Sumber: modemuslim

Setelah bagian lengan selesai dibuat, kita beranja ke bagian kerah atau leher. Cara membuat polanya adalah menyesuaikan ukuran lebar dengan setengah lingkar leher. Ingat untuk menggambar bagian kerah dengan melengkung seperti gambar di atas.

Selamat, kini pola gamis payung kamu selesai dibuat. Kamu langsung bisa menerapkannya pada kain yang sudah kamu pilih lalu memotong dan menjahitnya segera. Gamis payung cantik sesuai selera yang kamu buat sendiri pasti akan membanggakan untuk dipakai!

 

Ahyana Hijab

2 thoughts on “Pola Gamis Payung Ternyata Mudah Dibuat, Ini Caranya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *