tiga wanita memakai tiga pakaian formal wanita yang berbeda

Pakaian Formal Wanita: Ragam dan Variasi Lengkapnya

Posted on

Pakaian formal wanita terus-menerus dicari karena begitu banyak peminatnya dari tahun ke tahun. Ya, sekarang tidak hanya lelaki yang membutuhkan baju formal. Banyak juga wanita yang memelengkan kepalanya ke arah karir, sehingga membutuhkan outfit berkelas yang memancarkan aura eksekutif. Apalagi memang wanita pada dasarnya gemar menaruh perhatian lebih pada fesyen, karena ingin tampil cantik dan menarik setiap waktu.

Tidak perlu menjatuhkan stigma bahwa baju formal merupakan baju kantoran yang tampilannya membosankan. Urusan mode selalu mengalami perkembangan, sehingga banyak baju formal wanita yang justru diminati akibat ke-up to date-annya. Ada juga yang bisa menonjolkan kesan dewasa nan seksi mencuri perhatian mata sehingga pandangan orang-orang sulit berpaling.

Intinya, sekarang pakaian formal wanita merupakan variasi gaya fesyen yang patut kamu pertimbangkan. Kalau penasaran sama gaya berpakaian satu ini, cobalah intip kompilasi di bawah. Ahyana Hijab sajikan ragam dan variasi lengkap soal baju formal khusus kaum hawa.

 

Ragam Pakaian formal wanita

Kalau benar-benar diteliti, meskipun menggunakan tajuk pakaian formal ternyata ada banyak tipenya bagi kaum hawa. Ada pakaian formal yang menunjukkan impresi tertentu. Selain itu, ada juga pakaian formal yang benar-benar dipakai dalam nuansa kerja atau lingkungan profesional. Kalau ada banyak begini bisa bikin bingung?

Tidak juga, berikut ini pembahasan lengkapnya untuk kamu.

 

Baju formal wanita umum: hem atau kemeja

Pakaian ini merupakan hal yang membuat orang lain menilai diri kita saat tidak ada informasi penunjang. Orang lain akan melihat pakaian dan bagaimana kita memakainya saat pertama kali kita berjumpa. Kesan pertama itulah yang memberikan atau menentukan akan dinilai apa diri kita. Nah, buat kamu yang tidak terlalu berani mengambil resiko atau bermain aman saja, hem atau kemeja bisa jadi pilihan terbaik.

Sebenarnya, kemeja merupakan “must have item”, entah itu untuk pakaian wanita atau pria. Jadi kemeja tidak terbatas pada gender tertentu saja ya, semua boleh punya.

Pakaian kasual semi formal untuk wanita
Pakaian kasual semi formal untuk wanita.
Sumber: Blog Unik

Kenapa hem atau kemeja bisa disebut sebagai item fesyen yang paling wajib dimiliki? Hal ini karena padu padan hem atau kemeja cenderung mudah, bisa dengan banyak bawahan. Misalnya rok atau celana panjang. Bahkan pada momen kasual, pakai kemeja atau hem dengan bawahan celana pendek jeans juga membuatmu tampak lebih menarik.

Hanya saja tugas selanjutnya adalah memilih dengan perhitungan yang lebih tepat terkait material bahan pembuatan. Bahan atau material paling umum yang enak dipakai adalah katun atau chiffon. Kenapa memilih keduanya? Soalnya kedua bahan tersebut sangat ringan dipakai, tidak menyebabkan keringat berlebih, dan sirkulasi udaranya bagus. Kelebihan yang paling penting ialah lembut di kulit sehingga tidak menimbulkan iritasi walau dipakai seharian.

 

Coat Dress

Kunci di mana hem atau kemeja akan membuat kesan tampilan formal adalah kancing baju yang memanjang dari leher sampai bawah. Nah, item fesyen lain yang mempunyai kemiripan dengannya namun asyik dipakai adalah coat dress. Coat dress juga akan memberi bantuan agar impresi kamu di mata orang lain tampak sebagai orang yang fashionable.

Sebagai paduan dari coat dress, cocok dipakai bersama dengan bahan kain. Entah itu sebagai celana maupun atasan sebelah dalam. Celana kain akan menampilkan kesan smart dan ringan gerak alias rajin. Pastikan juga memilih sepatu yang cocok, jangan menggunakan sepatu sandal.

 

Bawahan dari bahan kain

Untuk menunjukkan kesan formal, lebih baik menggunakan bawahan dari bahan kain. Hindari denim maupun jeans karena justru akan kontra produktif dibandingkan niat awal tampil formal. Meskipun jeans maupun denim awal sejarahnya muncul sebagai celana kelas pekerja, tetapi lebih erat kaitannya dengan celana yang dipakai sehari-hari. Bukan lingkungan kantor atau kerja-kerja profesional.

Apalagi juga dengan rok. Pilih semua bawahan kamu dari material yang menggunakan bahan kain. Warna juga bisa punya pengaruh yang besar untuk membuat kamu semakin tampak profesional di mata orang lain. Warna hitam dan putih merupakan warna yang paling banyak dijumpai. Semakin lain dari dua warna formal tersebut, akan membuatmu tampak semakin kasual.

Pakaian formal dalam kegiatan harian
Pakaian formal dalam kegiatan harian.
Sumber: Rimma.co

Blazer

Bila cuaca sedang tidak cerah atau dingin, coat dress bisa jadi opsi utama. Lalu bagaimana dengan tampilan formal di cuaca biasa atau cenderung cerah? Opsinya akan jatuh pada outer tambahan yaitu blazer yang pasti membuatmu makin tampak beken.

Blazer juga akan membantumu agar terlindungi dari angin dingin yang dihembuskan oleh AC. Akibatnya kamu dapat merasa lebih hangat meskipun berada dalam ruangan bersuhu rendah. Efek lain dari memakai blazer adalah tampilan yang rapi dan berwibawa. Blazer sendiri menggunakan kain yang tidak kusut, sehingga cocok sebagai perantara identitas profesional yang selalu rapi.

 

Blouse

Blouse atau blus merupakan opsi yang bagus buat memberikan kesan profesional dan oldies. Memang blus sempat beken di sebagai pakaian formal wanita di era ’90-an. Kenapa kesannya oldies? Ini karena tren baju sekarang yang cenderung ketat atau mengikuti pola bentuk tubuh. Berbeda dengan blus yang cenderung potongannya menggantung demi kelonggaran pakaian.

Sekedar saran, ada berbagai hal lain yang bisa dipertimbangkan. Pertama, kain poplin bisa jadi opsi bagus karena lentur dan melar. Kedua, kain viscose hasil regenerasi selulosa, atau kain yang sering disebut sebagai smei sintetis merupakan material yang bagus dan cocok dipakai untuk wanita dengan bentu badan cenderung gemuk. Itulah dia dari Ahyana Hijab, kalau ada pilihan lain boleh lho kita dikabari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *