bahan katun stretch
bahan katun stretch

Mengenal Bahan Katun Stretch yang Adem dan Bisa Melar

Posted on

Pernahkah Anda mendengar bahan katun stretch? Apakah sama seperti Katun biasa ataukah lebih mirip Spandex? Jika menurut bahasanya, stretch berarti melar yang artinya dapat diregangkan. Nah, apakah itu berarti Katun Stretch adalah jenis Katun yang bisa melar? Daripada menduga-duga, lebih baik langsung aja deh simak ulasannya dibawah ini. Check this out!

Spesifikasi Bahan Katun Stretch

bahan katun stretch
Source : Aminama

Bahan katun stretch merupakan salah satu jenis katun yang terbuat dari 2 macam serat. Serat Kapas atau Cotton digunakan untuk serat utama, sedangkan serat Spandex atau Lycra dipakai sebagai serat kedua. Spandex sendiri memang dikenal sebagai salah satu serat yang sangat elastis dan mampu mengikuti kontur tubuh pemakainya. Selain itu, bahan satu ini juga dianggap sangat kuat dan lebih tahan lama dibandingkan bahan sejenis lainnya, misalnya saja karet alam.

Baca Juga : Kain Dri Fit, Bahan Yang Sering Di Gunakan Untuk Pakaian Olahraga

Lantaran terbuat dari Kapas, maka sudah tentu bahan katun stretch mampu menyerap keringat dengan sangat baik. Selain itu, bahan ini juga memberi sensasi sejuk dan adem kala dipakai. Nah, karena dicampur dengan Lycra, maka kain ini bisa melar alias elastis. Untuk itulah mengapa meski hanya sedikit dicampuri elastane, Katun Stretch berbeda dengan katun pada umumnya.



Jenis-Jenis Bahan Katun

Di zaman sekarang ini, penggunaan bahan katun stretch tidak hanya terbatas pada kaos saja, tapi juga sudah digunakan untuk bahan membuat celana, legging, hingga pakaian dalam. Bahan yang nyaman dipakai sehari-hari ini ternyata hanyalah satu dari sekian banyak jenis kain Katun. Penasaran apa saja jenis-jenisnya? Yuk, simak daftarnya dibawah ini!

  1. Katun Biasa

Jenis kain yang lebih murah dibanding Katun lainnya ini juga memiliki kualitas bahan standar. Namun meski begitu, katun ini juga bisa menyerap keringat cukup baik.

  1. Kain Katun Rayon

Jenis kain yang sering dipakai untuk bahan dasar busana muslim ini memiliki ciri mudah kusut dan licin. Selain itu, katun ini juga ringan dan bisa menyerap keringat cukup baik.

  1. Kain Katun Cina

Katun yang dikenal dengan mama Twill ini berbahan tipis dengan warna tidak mencolok.

  1. Kain Katun Silk Sutera

Kain yang merupakan campuran Katun dan Sutra ini sangat adem, lembut, dan juga halus.

  1. Katun Paris

Katun satu ini bisa dibilang kembarannya Katun Biasa karena memang keduanya berkarakter hampir sama. Katun Paris sering dipakai untuk bahan dasar hijab hingga blouse.

  1. Kain Katun Bangkok

Kain yang diproduksi di Bangkok ini bermotif khas Thailand dengan tekstur yang kasar dan berbahan tipis hingga kadang menerawang.

  1. Kain Katun Satin Jepang

Kain yang diproduksi di Jepang ini bertekstur lembut, adem, dengan warna yang kuat.



  1. Kain Katun Minyak

Kain bisa dibilang kembarannya Katun Silk Sutra karena karakternya yang hampir sama.

  1. Kain Katun Supernova

Kain yang sering digunakan untuk gamis ini berkarakter lembut, dingin, dan tidak menerawang. Selain itu, kain ini juga sangat ringan dan jatuh jika dikenakan.

  1. Kain Katun Supernova

Katun yang memiliki serabut halus di permukaannya ini relatif mahal dengan kualitas yang mumpuni. Pasalnya, Supernova dikenal bersifat lembut, ringan, dan sangat adem dikenakan.

  1. Katun Toyobo Original Import

Satu lagi kain Katun selain bahan katun stretch, yakni Toyobo Original Import. Kain yang sangat populer ini memiliki tekstur ringan, tidak kaku, halus, dan nyaman dipakai. Selain itu, Toyobo juga tidak menerawang dan sering dipakai untuk bahan pakaian resmi karena kualitasnya yang termasuk dalam kategori premium.

Kelebihan Bahan Katun Stretch

Sebagai salah satu jenis kain unggulan dalam industri fashion, tentunya bahan katun stretch memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki bahan lainnya, yaitu nyaman dikenakan. Lantaran terbuat dari katun, tentunya bahan satu ini juga sangatlah adem dan sejuk kala menempel di kulit.

Tidak hanya itu, bahan katun stretch juga mampu menyerap keringat dan mengikuti bentuk tubuh. Jadi buat Anda yang berbadan big size, jangan khawatir karena bahan ini mampu melar dan membalut tubuh Anda dengan sempurna.

Kekurangan Katun Melar Ini

Semua bahan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah, jika tadi kita sudah membahas kelebihan kain katun stretch, sekarang ini kita akan membahas kekurangannya. Salah satu kelemahan bahan satu ini adalah kita harus hati-hati kala mencucinya. Pasalnya, kandungan Spandex di dalam kain dapat menjadi melar jika dicuci dengan mesin. Lebih baik, cucilah bahan ini dengan tangan. Kala menjemur pun, usahakan jangan menggantungnya karena Lycra bisa melonggar sendiri. Selain itu, jangan dipanaskan dibawah terik matahari terlalu lama karena warnanya bisa mudah pudar.



Harga Bahan Katun Stretch

Jika berbicara mengenai harga, katun stretch masih tergolong murah dan bisa dijangkau dengan kantong semua kalangan. Namun tentunya berbeda kualitas produsen, berbeda pula harga kainnya. Maka dari itu, harap teliti dan cermat dalam membeli ya.

Demikian ulasan kali ini mengenai bahan katun stretch. Semoga ulasan ini membawa informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat untuk Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *