bahan Baby Canvas
bahan Baby Canvas

Mengenal Bahan Baby Canvas Yang Unik Untuk Fashion

Posted on

Jika kita berbicara mengenai Kanvas, mungkin yang pertama kali terlintas di dalam pikiran adalah sebuah alat untuk melukis. Yap, Kanvas memang pada awalnya dipergunakan dalam seni lukis lantaran sifatnya yang kuat dan berserat tebal. Namun seiring perkembangan teknologi, Kanvas juga digunakan dalam industri fashion dan dijadikan bahan dasar beberapa produk, misalnya saja tas, jaket, hingga sepatu. Kain Kanvas sendiri memiliki beberapa jenis kain, salah satunya adalah bahan Baby Canvas.

Bahan yang sering digunakan untuk dasar membuat baju ini sangat populer lho. Nah, ingin tahu apa aja sih spesifikasi, kelebihan, kekurangan, hingga harga bahan satu ini? Yuk guys, segera simak ulasannya!

Spesifikasi Bahan Baby Canvas

Bahan Baby Canvas merupakan satu dari beberapa macam jenis kain Kanvas. Bahan ini cukup populer penggunaannya di kalangan masyarakat. Karena sifatnya yang tipis, halus, namun bagus dikenakan. Tidak seperti jenis Kanvas lainnya, bahan satu ini tidak kaku dan berpori-pori kecil sehingga permukaan kainnya indah jika dipandang.

Jenis-Jenis Bahan Kain Canvas

bahan kain Baby Canvas
bahan kain Baby Canvas

Berbicara mengenai bahan Baby Canvas, tentunya tidak akan lepas dari jenis-jenis kain Kanvas lainnya. Kain yang bahan dasarnya terbuat dari kapas atau linen ini mempunyai beberapa macam jenis, yaitu :



  1. Kanvas Blacu

Kain Kanvas satu ini sangat mudah ditemukan di toko kain dengan harga yang tidak terlalu mahal. Lantaran memiliki kelemahan tidak terlalu mampu menahan beban, maka kain ini biasanya hanya untuk barang yang berdesain simpel saja. Kanvas Blacu sering digunakan untuk membuat totebag, tas serut, atau bisa juga untuk membuat tas souvenir.

  1. Kanvas Ripstop

Kanvas satu ini satu tingkat lebih baik dibanding jenis Blacu. Meski tidak terlalu tebal, jenis Ripstop banyak digunakan untuk membuat pakaian atau aksesoris.

  1. Kanvas Marsoto

Kain Kanvas Marsoto merupakan jenis kain dengan kualitas mumpuni dan tidak gampang sobek. Tentunya, harganya pun lebih mahal. Marsoto sering dipakai untuk membuat pakaian, tas, ataupun aksesories dengan hasil sangat halus dan indah.

  1. Kanvas Terpal

Dari semua jenis kain Kanvas, Terpal adalah yang terkuat, paling tebal, dan juga kedap air. Namun karena terlalu tebal, kain ini sangat jarang digunakan untuk membuat tas atau pakaian.

  1. Kanvas PE

Kain Kanvas yang berasal dari campuran Polyester dengan Katun ini cenderung kuat dan murah. Namun, kain ini tidak cocok untuk membuat baju karena akan terasa panas saat dipakai. Untuk itulah, Kanvas PE banyak dipakai dalam pembuatan tas.

  1. Kanvas Sueding

Bahan yang memiliki lapisan tipis agak berbulu di permukaannya ini sangat lembut dibanding kain Kanvas lainnya. Meski ketebalannya hampir sama, Kanvas Sueding dirasa lebih ringan dan sangat trendi untuk digunakan sebagai bahan membuat pakaian. Namun kekurangannya yaitu warna bisa cepat pudar jika sering dicuci.

  1. Baby Canvas

Terakhir, ada jenis bahan Baby Canvas, yakni bahan yang sedang dibahas sekarang. Bahan yang lembut dan lentur ini sangat pas dan sangat nyaman digunakan untuk membuat pakaian dan tas. Selain kuat, hasil akhir dari bahan satu ini sangatlah terlihat mewah.



Kelebihan Yang Dimiliki

Sering digunakan untuk membuat tas dan pakaian, tentunya bahan Baby Canvas memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis kain lainnya. Salah satu keunggulan bahan ini yaitu sifatnya yang tahan lama dan bisa menyesuaikan berbagai kondisi. Bahkan, bisa dibilang jika kekuatan bahan satu ini hampir mirip dengan denim. Tidak hanya untuk industri pakaian, bahan ini juga bisa untuk membuat berbagai macam tas untuk melengkapi penampilan keren Anda. Selain tahan lama, kain Baby Canvas juga bersifat tidak kaku, bertekstur lembut, dan nyaman digunakan. Kainnya pun juga tidak mudah kusut dan gampang disetrika. Terakhir, daya tahannya yang tinggi ternyata bisa dibeli dengan harga yang relatif aman di kantong.

Baca Juga : Mengenal Bahan Katun Stretch yang Adem dan Bisa Melar

Menimbang dari berbagai kelebihan di atas, maka tidak mengherankan jika bahan satu ini kerap dijadikan pilihan untuk membuat kemeja dan tas. Selain produk nantinya akan terlihat lebih bagus, kuat, dan lembut, produk-produk dari bahan ini juga lumayan awet. Maka tidak heran jika produsen dunia pun juga sering menggunakan salah satu jenis Canvas ini. Tidak hanya karakternya saja yang unik, kualitasnya juga mumpuni. Hebat, kan?

Kekurangan Yang Dimiliki

Di dunia ini pasti ada kelebihan dan kekurangan. Meski bahan Baby Canvas dikenal dengan segudang keunggulannya, ternyata bahan satu ini juga mempunyai kekurangan lho. Adapun kelemahan bahan ini adalah warnanya yang mudah pudar. Untuk itulah kita perlu memilih bahan secara hati-hati agar tidak mendapat kualitas yang jelek. Tentunya Anda tidak mau bukan jika mendapat produk yang tidak sesuai harapan? Maka dari itu, pandailah dalam memilih ya, guys.

Harga Bahan Kain Kanvas Ini

Dengan kualitas yang terbilang baik di kelasnya, bahan satu ini bisa dibeli dengan harga yang terjangkau dan ramah di kantong semua kalangan. Ketersediaannya di pasar pun melimpah, tidak perlu memesan khusus atau menunggu produk datang berminggu-minggu lamanya. Biasanya pula, jenis kain ini dijual dengan harga per roll atau meteran.

Demikian ulasan mengenai bahan Baby Canvas. Semoga berguna!

One thought on “Mengenal Bahan Baby Canvas Yang Unik Untuk Fashion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *