model batik parang rusak
model batik parang rusak / https://www.pinterest.com

Macam-macam Model Batik Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!

Posted on

Batik yang paling terkenal dan terkenal berasal dari kepulauan Indonesia, dan tidak sulit untuk melihat alasannya. Dengan ratusan tahun dalam warisan dan tradisi tekstil, perjalanan waktu yang tak terhindarkan melihat Model Batik terus menjadi benteng dalam kehidupan sehari-hari orang Indonesia saat ini.

Bagi orang luar, rangkaian warna dan pola yang diekspresikan pada Model Batik adalah suguhan visual dan karya seni yang menakjubkan untuk dikagumi. Dari teknik kuno hingga cetak mesin modern. Berikut adalah 3 cara membuat model batik Indonesia yang harus diketahui oleh setiap penggemar:

  1. Menggambar Gambar Bebas

Batik Tulisan Tangan atau lebih umum disebut Batik Tulis  dianggap yang paling berharga dari semua Batik. Ditarik dengan templat atau bentuk bebas, tekniknya adalah cerminan dari penguasaan pengrajin dalam keahliannya. Semakin halus gambarnya, semakin banyak kontrol yang dimiliki pengrajin atas cantingnya,  semakin tinggi nilai tekstilnya.

Baca Juga : Kain Wolfis : Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan Serta Harganya

Potongan tangan bebas biaya ribuan. Banyak dari mereka menjadi pusaka berharga, diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya yang pada akhirnya mewakili tanda kelas dan status.


  1. Kombinasi Gambar Tangan & Pencetakan Blok Gratis

Kombinasi dari kedua cetak blok dan gambar tangan hanya memiliki yang terbaik dari kedua dunia dalam satu tekstil. Di atas, sepotong Batik indigo Jawa terdiri dari cetak blok parang dan pola bunga bentuk bebas.

  1. Mesin Batik Tulis

Kembali ketika rute perdagangan laut pertama kali dimulai dan untuk waktu yang lama, tekstil Asia dianggap sangat berharga oleh pedagang laut Barat, bahkan digunakan untuk menukar rempah-rempah dan kebutuhan sehari-hari.

Namun dengan munculnya teknologi dan manufaktur, Revolusi Industri di Eropa menyaksikan lahirnya batik yang dicetak dengan mesin.

Metode ini segera mendapatkan popularitas karena kemampuannya untuk menghasilkan hasil kain yang lebih tinggi dalam waktu yang lebih singkat. Apa yang dulunya dihargai dan dihormati dengan cepat menjadi komoditas. Saat ini, batik cap mesin sudah tersedia di rak. Mudah dikenali dari tampilan cetaknya yang berbeda – garis sempurna, titik-titik dan warna-warna cerah.

Adapun dalam perkembangannya ada berbagai macam model batik yang tersebar di Indonesia. Motif yang beragam biasanya tergantung pada karakteristik atau kepercayaan di masing-masing daerah. Batik semakin banyak digunakan sebagai pakaian formal. Tidak hanya dijadikan pakaian, kain batik atau motif batik kini juga sudah mulai diaplikasikan ke berbagai dekorasi rumah, seperti sofa, furnitur kayu, karpet, bantal, dan sebagainya. Berikut adalah beberapa macam model batik paling terkenal di Indonesia:

  • Parang Rusak
model batik parang rusak
model batik parang rusak / https://www.pinterest.com

Anda pasti sudah sering melihat atau menemukan motif batik ini. Motif batik Parang Rusak adalah motif batik yang sangat populer di kalangan pecinta batik. Motif batik Parang Rusak memiliki makna mendalam, yaitu perang manusia melawan kehidupan dan nafsu. Batik Parang Rusak sangat sering digunakan untuk berbagai kerajinan tangan yang terbuat dari batik.



Parang berasal dari kata pereng atau miring. Bentuk motifnya berbentuk seperti huruf “S” dengan kemiringan panjang dan bergelombang. Motif Parang tersebar di seluruh Jawa, mulai dari Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Barat. Biasanya, perbedaannya hanya terletak pada aksen motif batik parang. Misalnya, di Yogyakarta ada motif Parang Rusak dan Parang Barong, di Jawa Tengah ada Parang Slobog, dan di Jawa Barat ada Klisik Parang.

  • Sogan
model batik sogan
model batik sogan / https://www.bukalapak.com

Motif batik Sogan telah ada sejak zaman nenek moyang Jawa beberapa abad yang lalu. Batik ini didominasi oleh warna coklat muda dan memiliki motif yang unik seperti, bunga dengan aksen point-point atau garis lengkung. Sebelumnya, batik ini digunakan oleh raja-raja di Jawa, khususnya Kesultanan Solo. Namun, sekarang bisa digunakan oleh siapa saja, baik warga istana maupun orang awam.

Sogan Batik memang merupakan jenis batik yang identik dengan kawasan keraton Jawa, yaitu Yogyakarta dan Solo, motifnya juga biasanya mengikuti motif standar keraton. Yogya dan Solo Sogan juga bisa dibedakan dari warnanya. Biasanya sogan Yogya yang dominan adalah cokelat tua dan hitam dan putih, sedangkan Sogan Solo berwarna cokelat-oranye dan cokelat. Batik Sogan klasik ini memang selalu banyak peminatnya dan langgeng tanpa mengenal musim, selalu ada pecinta batik jenis ini.

  • Gentongan
model batik gentongan
model batik gentongan / https://foto.tempo.co

Motif gentongan berbeda dengan batik lainnya. Batik ini dari Madura menggunakan motif abstrak sederhana, tanaman atau kombinasi keduanya. Warna batik Gentongan biasanya mengambil warna-warna cerah seperti merah, kuning, hijau, atau ungu. Batik Gentongan sendiri diambil dari tong, yaitu tembikar yang digunakan sebagai wadah untuk mewarnai kain batik pada cairan warna.



Keunikan Model Batik Madura ini yang tidak ditemukan di daerah lain adalah batik gentongan. Batik disebut gentongan karena proses pembuatannya menggunakan tong sebagai alat untuk merendam kain. Teknik laras hanya dilakukan untuk satu jenis warna, yaitu indigo.

Teknik Gentong untuk pewarnaan batik hanya ditemukan di dua tempat yang terletak di Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Tidak diketahui pasti kapan teknik ini dimulai di Madura. Biasanya laras diturunkan dari generasi ke generasi. Hasil pewarna nila dilakukan pada laras utuh, tahan lama, dan terkonsentrasi secara merata.

Itulah motif Batik yang sedang populer di Indonesia. Jika Anda mengunjungi Indonesia, Anda dapat membeli salah satunya sebagai oleh-oleh. Ini akan menjadi suvenir epik yang pernah ada!

(Ahyana Hijab)

One thought on “Macam-macam Model Batik Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *