kulit kepala gatal

Kulit Kepala Kering: Info Lengkap dan Cara Mengatasi

Posted on

Kulit kepala kering kerap kali dihubungkan atau dianggap mirip dengan masalah seperti ketombe. Memang keduanya mirip, karena sama-sama memunculkan serpih-serpih putih. Kalau dilihat dengan mata telanjang, memang tidak ada bedanya dan maklum banyak orang yang menganggapnya sama. Meskipun demikian, ketombe dan kulit kepala kering adalah dua masalah yang benar-benar berbeda.

Perbedaan yang paling jelas adalah ketombe memiliki bentuk seperti sisik yang terkelupas dengan serpihan besar. Terkadang juga masih tampak berkilau karena kandungan minyak di dalamnya. Ketombe memang berasal dari lapisan minyak atau sebum berlebih, sehingga memiliki penampakan demikian.

Berbeda sebaliknya kalau dibandingkan dengan kulit kepala kering. Penampakannya justru kecil-kecil, tidak berkilau karena minyak, kering, dan bukan seperti sisik. Hayo, kamu punya masalah yang mana? Apakah kulit kepala kering atau ketombe?

Kalau ternyata masalahmu adalah dengan kulit kepala, maka artikel ini wajib dibaca sampai tuntas. Berikut ulasannya.

 

Kenapa bisa muncul masalah kulit kepala kering?

Kondisi kulit kepala bisa bervariasi dari satu orang ke orang lainnya. Ada yang kondisi kulit kepalanya kering, basah dan lengket karena berminyak, atau di antara keduanya. Kondisi kulit kepala yang seimbang merupakan posisi di mana kepala akan jauh dari masalah. Nah, sekarang kita bahas kalau kulit kepala dalam kondisi kering.

Sebelum lanjut, mending kita bahas apa yang menyebabkan masalah kepala satu ini. Lebih baik kamu segera mengatasinya, karena bisa berpengaruh pada kepercayaan diri penampilan kamu. Nah, untuk mengatasi, kita harus tahu apa penyebabnya agar tidak terperosok dalam masalah yang sama. Inilah penyebab-penyebab yang dimaksud.

  1. Kulit kepala kering karena eksim

Penyebab pertama yang bisa mengakibatkan masalah dengan kulit kepala adalah eksim. Eksim merupakan keadaan yang membuat kulit kepala memiliki kecenderungan bersisik, kemudian mengelupas dan terasa sangat gatal sampai kita tidak tahan untuk terus menggaruknya.

Eksim sendiri merupakan reaksi kulit kepala terhadap iritasi. Penyebabnya faktor luar tubuh. Ada juga yang disebabkan karena alergi.

  1. Paparan suhu dingin

wanita pakai baju tebal karena kedinginan akibat suhu udara AC
Wanita pakai baju tebal karena kedinginan akibat suhu udara AC.
Sumber: Klikdokter

Penyebab kering lainnya adalah suhu dingin yang memapar ke tubuh kita dalam jangka waktu lama. Kondisi ini juga bisa terjadi pada kulit kepala, apalagi kalau kepala dibiarkan terbuka untuk waktu yang lama. Misalnya saja pada suhu dingin dalam ruangan berpendingin udara yang diatur pada temperature rendah.

Suhu dingin dapat menghilangkan minyak alami pada lapisan luar tubuh seperti kulit. Akibatnya kulit menjadi kering dan akan mati karena tidak ada kelembaban di dalamnya. Apalagi ketika tidak dilakukan perawatan, maka kerusakan parah pada kulit bisa saja terjadi dengan cepat. Cara paling mudah untuk mengatasinya adalah penggunaan pelembab kulit.

  1. Masalah akibat psoriasis

Psoriasis adalah masalah kulit kepala yang disebabkan karena proses peremajaan kulit yang terlalu cepat. Jadi kulit kepala mengelupas, eh belum selesai proses pengelupasan pertama kulit barunya juga sudah mengelupas lagi. Akibatnya terjadi penumpukan kulit kepala mati yang mengakibatkan gatal-gatal.

Proses pembentukan kulit juga menyebabkan proses inflamasi atau peradangan. Akibatnya tampak kulit menjadi kemerah-merahan. Biasanya psoriasis terjadi di belakang leher, telinga, tengkuk, dan kening bagian atas. Masalah ini timbul akibat imun tubuh terganggu dan apabila dibiarkan akan mengakibatkan kerontokan rambut.

  1. Produk perawatan yang salah

Ingat bahwa tubuh kita juga sensitive pada bahan kimia, apalagi bagian kulit kepala. Maka memilih produk perawatan yang tepat membutuhkan perhatian dan ketelitian ekstra. Salah-salah, bisa jadi kamu memilih produk perawatan untuk kulit kepala dengan minyak berlebih padahal kulit kepalamu kering. Akibatnya kulit kepala akan menjadi kering kuadrat dan memunculkan masalah.

Begitu juga sebaliknya, produk perawatan untuk kulit kepala kering juga tidak tepat digunakan pada kulit kepala yang berminyak. Jika kamu memaksa untuk terus menggunakannya, maka tetap akan ada masalah.

  1. Dermatitis serboroik

Dermatitis serboroik merupakan masalah yang hampir mirip dengan psoriasis. Hanya saja perbedaannya terletak pada penyebab yang bervariasi pada kasus dermatitis serboroik. Misalnya saja jamur atau parasit yang tumbuh di kulit.

  1. Dehidrasi

Kulit kepala kering bisa diakibatkan karena dehidrasi atau tubuh kurang cairan
Kulit kepala kering bisa diakibatkan karena dehidrasi atau tubuh kurang cairan.
Sumber: Klikdokter

Orang yang kekurangan cairan, tidak hanya mendapatkan masalah pada bagian dalam tubuh. Bagian luar tubuhnya juga akan menghadapi masalah serupa dan akan sangat terlihat dari penampilannya. Misalnya kulit yang kering dan kusam. Masalah tersebut juga bisa terjadi pada kulit kepala.

Penyebabnya karena gagalnya tubuh memproduksi minyak alami dari asupan cairan. Akibatnya kulit tidak bisa mengeluarkan minyak untuk menjaga kelembabannya dan memunculkan kekeringan.

 

Cara mengatasi

Ketika kita sudah mengetahui penyebab kulit kepala kering, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan dan mencegah penyebab-penyebab itu terjadi. Dimulai dengan menjaga asupan nutrisi tubuh yang mendukung kesehatan kulit seperti apel merah. Makanan seperti itu mengandung vitamin E, anti oksidan dan radikal bebas, sehingga bagus untuk kesehatan kulit. Jangan lupa juga mineral dan vitamin K yang banyak terdapat dalam kacang-kacangan.

Langkah selanjutnya adalah melindungi kepala dari paparan suhu berlebih. Misalnya menutup kepala saat berada di ruangan dingin atau panas matahari ketika di luar rumah. Jangan lupa juga memberikan langkah perawatan seperti mengolesi minyak zaitun dan jarak yang sangat bermanfaat untuk kepala. Satu lagi, jaga minum kamu agar tubuh selalu memiliki cadangan cairan sehingga bisa memproduksi minyak untuk kulit kepala.

Ada juga yang menganjurkan kombinasi yoghurt dan telur untuk perawatan kulit. Keduanya memang pasangan serasi yang dapat mengembalikan keremajaan kulit. Sebagai tambahan, tea tree oil juga bisa digunakan dan memiliki efek yang bagus sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *