jenis-jenis kain polyester termasuk katun polyester

Katun Polyester: Spesifikasi, Info Lengkap, dan Harga Terbaru

Posted on

Katun polyester penggunaannya telah diketahui secara luas di dunia konveksi. Agar mudah dipahami, kita bisa memaknai kain ini sebagai bahan katun yang terbuat dari serat sintetis. Adapun serat sintetis tersebut berasal dari serat nilon.

Bagaimana serat nilon bisa diubah menjadi serat sintetis? Informasi lengkapnya bisa kita tanyakan pada Whinfield dan Dickson, dua ilmuwan asal Inggris yang menemukan katun polyester pertama. Keduanya berhasil memproses serat nilon secara kimiawi menjadi serat sintetis pada tahun 1941.

Itulah pengertian singkat dari kain olahan kimiawi ini. Bahasan lebih lengkapnya mengenai spesifikasi, info lengkap, dan harga terbarunya bisa kamu simak dalam ulasan berikut.

 

Spesifikasi katun polyester

Plastik botol minuman sekali pakai termasuk dalam bahan pembuatan kain polyester
Plastik botol minuman sekali pakai termasuk dalam bahan pembuatan kain polyester.
Sumber: Chemistry World

Kain satu ini memiliki tiga spesifikasi utama yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tiga spesifikasi tersebut, dijelaskan sebagai berikut.

 

  • Polyethylene Terephthalate atau PET

Spesifikasi pertama ini paling mudah ditemui karena populer digunakan oleh masyarakat umum. Bahan Polyethulene Terephthalate atau lebih mudah dilafalkan PET, digunakan dalam berbagai jenis industri termasuk garmen. Selain garmen, kamu juga bisa menjumpai PET dalam bahan dasar botol-botol minuman seperti soda, air mineral, atau botol sekali pakai.

 

  • Benang Sintetis

Benang polyster warna biru yang akan dirajut jadi kain polyester
Benang polyster warna biru yang akan dirajut jadi kain polyester.
Sumber: Blog Porinto

Contoh benang sintetis ialah benang filamen. Proses perajutannya memanfaatkan bahan kimia sehingga ketika diolah, tampak lebih berkilau dibandingkan benang biasa. Benang-benang tersebut kemudian dirajut menjadi selembar kain yang mirip seperti katun biasa. Tetapi jangan salah, bahan pokok dari kain ini tetaplah menggunakan bahan kimia.

 

  • Benang Poly-1, 4-cyclohexylene-dimethylene atau disingkat menjadi PCDT

Spesifikasi yang terakhir adalah benang Poly-1, 4-cyclohexylene-dimethylene (sulit untuk dibaca, ya) yang lebih terkenal dengan singkatannya yaitu PCDT. Benang PCDT memiliki tingkat elastisitas lebih tinggi daripada bahan PET. Karena sifat elastisnya itu, bahan PCDT banyak dipakai untuk garmen yang sering ditarik-tarik dalam penggunaannya. Memangnya ada?

Ada. Contohnya adalah tirai jendela atau kain pembungkus elemen-elemen dalam interior ruangan. Misalnya saja furniture. Benang ini dibuat dari campuran PCDT, zat asam, serta berbagai unsur kimia lainnya.

Baca Juga : Kain Katun Prada: Informasi Lengkap dan Terbaru 2020

Informasi lengkap katun polyester

Setelah sub tulisan sebelumnya membahas tentang jenis-jenis bahan pembuat benang polyester, kini kita akan mengulas informasi lainnya. Simak bahasannya berikut ini, ya.

  • Kelebihan bahan polyester ketika dimanfaatkan menjadi kain

Kenapa polyester masih banyak dipakai di era “green economy” seperti sekarang? Jawabannya karena berbagai kelebihan yang dimilikinya. Simak bahasannya berikut ini.

  1. Bahan kimia ini kebal dengan gangguan mikro-organisme. Karena terbuat dari bahan kimia, maka makhluk hidup mikro tidak mau menempel terlalu lama di serat-serat kain. Selain itu, bahan kimia ini mencegah mikro-organisme berkembang biak di rongga-rongga serat tersebut. Jadi tidak perlu khawatir akan kuman di baju.
  2. Anti kerut. Bukan berarti kain ini tidak bisa berkerut sama sekali. Hanya saja kerutan-kerutan itu baru akan muncul setelah jangka waktu yang lama sekali. Bahkan ketika diseterika berulang kali.
  3. Sifat anti kerut ini, akan membuat bajumu tampak awet baru. Kain yang menyusut atau melar pun tidak perlu kamu khawatirkan. Tapi kelebihan ini juga membuat baju dari kain polyester hanya bisa dipakai dalam satu ukuran.

Perawatan mudah karena cepat menguapkan air ketika dicuci. Bahan polyester punya sifat kedap air. Artinya kamu tidak perlu khawatir kalau kena percikan air. Selain itu, ketika dicuci bahan ini pun akan cepat kering. Tidak perlu menunggu seharian demi menanti baju polyester kering sempurna.

  • Dibalik kelebihan, katun polyester pun memiliki kekurangan

  1. Panas kalau dipakai terlalu lama karena tidak bisa menyerap air keringat. Sifat kedap kain ini juga menghalangi sirkulasi udara sehingga apabila suhu di sekitar naik, pemakai akan langsung merasakan efeknya.
  2. Rawan iritasi karena terbuat dari bahan kimia. Kuman sebagai mikro organisme memang tidak bisa berkembang, tetapi kulit tubuh juga harus memiliki toleransi yang kuat terhadap kain satu ini. Apabila kamu termasuk pemilik kulit sensitif, sangat disarankan untuk menghindari pemakaian kain satu ini.
  3. Rentan terbakar. Bahan kimia dari kain ini membuatnya mudah terbakar. Jadi jangan sekali-kali mendekatkan katun polyester pada sumber panas langsung seperti api. Alasannya karena kandungan kimia berupa bahan plastik pada serat kain akan mudah tersulut api. Sumber panas ini juga termasuk setrika. Hindari juga merendam kain dengan air panas, meskipun bertujuan untuk mematikan kuman.

Baca Juga : Katun Bangkok: Kelebihan, Kekurangan, dan Info Lengkap

Hasil olahan gabungan antara bahan polyester dengan bahan lain

Sangat disayangkan kekurangan polyester justru pada hal-hal yang krusial dalam kehidupan sehari-hari. Karena alasan tersebut, kain ini dibuat tidak sepenuhnya memakai bahan kimia. Melainkan dicampur dengan bahan katun sehingga tercipta katun polyester.

Perpaduan polyester dan katun membuat kain baru yang lebih toleran terhadap air dan udara. Akibatnya kain menjadi tidak terlalu panas akibat sirkulasi udara yang membaik, serta mampu menyerap air seperti keringat meskipun tidak penuh.

Ada juga beberapa jenis kain yang menjadi varian polyester. Contoh-contohnya berikut ini.

  • Bahan PE. Sepenuhnya memakai polyester tanpa campuran. Banyak dipakai untuk pakaian yang diproduksi massal karena harganya murah. Bila dibuat untuk kaos berkerah, namanya menjadi Lacoste PE Pique.
  • Lacoste CVC Pique. Nama lain dari katun polyester.
  • Campuran polyester dengan sutera.
  • Woven. Kain yang terbuat dari rajutan benang polyester. Penampilannya kasar namun sangat halus ketika diraba.

 

Harga katun polyester terbaru

Seperti yang diulas sebelumnya, bahan kain polyester cenderung murah dibandingkan kain-kain jenis lain. Namun beda lagi kalau polyester sudah dicampur. Lacoste CVC Pique sendiri banyak dijual dengan harga mulai dari Rp 120.000-an / roll.

Beda lagi dengan polyester biasa. Polyester grade jelek dengan ketebalan kain paling besar, per meternya dihargai Rp 12.000-an. Sementara polyester micro-fiber dijual dengan harga Rp 35.000-an. Polyester kualitas prima seperti hyget polos dengan tekstur halus, harganya malah mencapai Rp 100.000-an per kilogram.

 

Ahyana Hijab

2 thoughts on “Katun Polyester: Spesifikasi, Info Lengkap, dan Harga Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *