wanita cantik menggunakan blouse warna pink

Katun Bangkok: Kelebihan, Kekurangan, dan Info Lengkap

Posted on

Katun Bangkok tidak terlalu populer namanya di kalangan masyarakat umum. Namun untuk pecinta “fashion”, kain katun jenis ini merupakan pilihan  dan alternatif bahan yang prima untuk baju-baju bergaya kasual dan formal. Kenapa bisa begitu?

Kita akan membahasnya secara runtut. Mulai dari kelebihan, kekurangan, dan serba-serbi kain katun yang konon asalnya dari Thailand. Kok kain dari Thailand bisa jadi populer di Indonesia, sih?

Sabar, ya. Penjelasannya panjang dan asyik karena ternyata penyebabnya tidak hanya soal impor garmen dari Thailand ke Indonesia. Yuk, tanpa panjang lebar lagi, kita bahas ulasannya!

 

Kelebihan utama kain katun Bangkok adalah nyaman digunakan

blouse katun motif bunga berwarna biru yang nyaman digunakan
Blouse katun motif bunga berwarna biru yang nyaman digunakan.
Sumber: id.carousell.com

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, kain katun merupakan bahan yang cocok untuk baju-baju bertema kasual. Penyebabnya karena kenyamanan pemakaian dan kemampuannya untuk menyerap keringat. Jadi baju dari bahan katun akan dapat digunakan sepanjang hari untuk segala aktivitas. Tidak terkecuali dengan kain katun Bangkok.

Selain kenyamanan, kain katun juga aman digunakan karena terbuat dari bahan alami tanpa campuran kimiawi. Kelebihan ini jelas akan sangat cocok untuk kamu yang mempunyai kulit sensitive sehingga harus pilih-pilih bahan pakaian. Bye-bye iritasi kulit, welcome aktivitas selangit!

Baca Juga : Kain Katun Prada: Informasi Lengkap dan Terbaru 2020

Kelebihan lainnya ialah perawatan yang mudah serta tampilannya yang rapi juga menarik

tanaman kapas yang bijinya mekar
Bij tanaman kapas.
Sumber: aminama.com

Bahan alami katun yang berasal dari biji tanaman kapas, membuat kain ini lebih sederhana. Mudah dimanfaatkan, diberdayagunakan, sekaligus gampang dalam perawatan. Khusus untuk katun Bangkok, serat kainnya lebih tebal dibandingkan kain katun jenis-jenis lainnya.

Tebalnya serat bukan berarti membuat volume kain menjadi lebih besar. Semakin tebal serat, maka semakin kuat ikatan antar benang sehingga kain menjadi lebih kuat dan mampu menyerap keringat lebih banyak. Tidak heran kalau kain katun sangat populer di negara-negara tropis Asia Tenggara, misalnya seperti Indonesia dan Thailand.

Ketebalan serat juga memiliki manfaat lain, yaitu kain menjadi tidak mudah kusut. Artinya baju dari kain katun jenis ini akan sangat mudah disetrika sehingga tampilannya selalu menarik. Kamu tidak perlu khawatir memakai baju dari kain katun Bangkok selama berjam-jam. Karena kelebihan tersebut, kain ini juga seringkali dimanfaatkan sebagai bahan baju-baju formal para pekerja kantoran.

 

Para wanita pun tidak perlu khawatir mengenakannya

Style gamis dengan katun Bangkok warna merah
Style gamis dengan katun Bangkok warna merah.
Sumber: BLANJA.com

Ada kekhawatiran yang biasa menghantui kaum hawa untuk mengenakan baju-baju dari bahan katun.  Kekhawatiran tersebut terkait ketebalan dan jarak serat yang renggang. Pada satu sisi, ketebalan dan kerenggangan serat bermanfaat untuk menghisap keringat. Namun ternyata kelebihan ini membuat kain menjadi lebih transparan serta menerawang.

Itulah yang membuat perempuan malas memakai kain katun untuk bahan pakaian. Namun dengan katun Bangkok, kamu tidak perlu khawatir. Cobalah mengakalinya dengan memanfaatkan tambahan luaran seperti kardigan, kemeja, atau hoodie.

Baca Juga : Kain Wolfis : Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan Serta Harganya

Variasi motif yang beragam

Bosan dengan motif-motif daalam negeri yang berkutat di bentuk itu-itu saja? Bosan adalah alasan yang bagus untuk mencoba baju-baju dari negeri gajah putih dengan kain katun asli sana. Motif apa saja yang terkenal dari Thailand? Sebut saja istana raja atau yang dikenal dengan istana Bangkok, gajah, atau tanaman asli sana.

Motif yang paling umum dijumpai oleh masyarakat adalah istana Bangkok. Istana tersebut menjadi tempat tinggal raja Thailand dan terkenal karena kerumitan corak serta ornamennya. Ada beberapa brand yang menjual baju dari katun Bangkok dengan motif ini, misalnya seperti H&M.

Motif kedua yang sangat mudah dijumpai adalah gajah. Gajah merupakan hewan yang sudah menjadi kesatuan dalam hidup warga Thailand. Gajah sendiri merupakan hewan sakral di Thailand, sama dengan sapi di India. Biasanya kain-kain yang menggunakan gajah sebagai motif utama, memiliki warna pastel yang cenderung terang.

Setelah istana Bangkok dan gajah, motif lain yang bisa dijumpai ialah tanaman asli Thailand. Contohnya kita sebut saja “Cassia Fistula”. Bahasa Indonesia tanaman bunga ini adalah Tengguli. Bunga Tengguli berwarna kuning cerah. Biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias dan obat tradisional.

Selain ketiga motif di atas, ada juga motif-motif lain yang biasanya digunakan untuk kain katun dari Thailand ini. Contohnya adalah motif songket, kupu-kupu, serta burung hantu.

 

Kekurangan kain katun Bangkok

Meskipun kain ini memiliki segudang kelebihan, tetapi juga mempunyai kekurangan. Seperti kata pepatah, “Tidak ada gading yang tidak retak.”. Apalagi kain satu ini yang berasal negeri gajah, pemilik gading.

Kekurangan yang paling kentara adalah bahan kain tidak lemas dan cenderung kaku. Akibatnya buat kamu yang suka menampilkan lekukan atau tonjolan tubuh, tidak cocok dengan kain ini.

Kain katun dari Thailan ini juga sulit melar. Itulah kenapa orang-orang lebih suka membeli pakaian dari katun Bangkok dengan ukuran di atas volume tubuhnya. Tujuannya adalah mengantisipasi kalau sewaktu-waktu volume tubuh membesar. Selain itu, ukuran yang besar membuat sirkulasi udara antara baju dengan kulit jadi lebih lancar.

 

Katun Bangkok cocok digunakan untuk pakaian jenis apa aja?

Sebenarnya semua jenis pakaian dengan gaya kasual dan formal dapat menggunakan kain asli Thailand ini. Misalnya saja kaos, kemeja, dan blouse. Kebanyakan orang menggunakannya untuk membuat atasan karena bagian atas tubuh merupakan seksi yang paling mudah gerah ketika cuaca panas.

Terlebih lagi dari warna-warna yang tersedia akan menunjukkan “mood” ceria. Warna-warna cerah ini bisa membuat aura orang yang memakainya menjadi lebih riang, ramah, dan menyenangkan. Sehingga cocok digunakan untuk kamu yang gemar bergaul dan memiliki segudang aktivitas sosial.

 

Apakah harganya terjangkau?

Tentu saja. Kisaran harga untuk lembaran kain per meternya mulai dari Rp 32 ribu. Lembaran kain tersebut memiliki standar lebar 150 cm.

 

Apakah kamu sudah siap berkreasi dengan baju-baju spesial dari negeri gajah putih? Pasti akan jadi “fashion” yang “eye-catching”!

 

Ahyana Hijab

One thought on “Katun Bangkok: Kelebihan, Kekurangan, dan Info Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *