Kain Wol
Source : Sutraalamgarut

Kain Wol, Penghalau Dingin yang Memiliki Sejuta Kelebihan

Posted on

Di dalam industri busana, ada banyak sekali jenis kain yang digunakan untuk membuat berbagai macam barang, salah satunya adalah kain wol. Kain yang bertekstur lebih kasar dibanding jenis kain lainnya ini acapkali dijadikan bahan utama dalam pembuatan barang yang trendi. Sebut saja jaket, sweater, hingga mantel. Nah, berikut ini ada artikel yang akan mengulas tentang berbagai sisi yang perlu kita ketahui terkait kain satu ini. Kira-kira apa saja isi artikelnya? Yuk, langsung aja deh disimak penjabarannya dibawah ini!

Spesifikasi Lengkap Kain Jenis Wol

Kain wol merupakan salah satu jenis kain yang dibuat dari bulu domba atau hewan-hewan tertentu lainnya. Kain ini memang sangat populer di dalam industri tekstil. Selain untuk bahan rajutan, wol biasanya juga digunakan untuk bahan tenunan. Dibentuk dari berbagai polimer protein asam amino, lemak, kalsium, dan sodium, wol menjadi satu dari beberapa jenis kain yang sangat awet.

Baca Juga : Fakta Menarik Bahan Denim yang Wajib Kamu Ketahui

Selain mampu menyerap keringat begitu baik, kain wol ori juga mampu menghalau dingin. Maka tidak mengherankan jika wol banyak digunakan sebagai bahan dasar pakaian-pakaian yang dijual di negara barat. Tidak hanya memberi rasa hangat, wol juga dapat menyerap keringat dengan baik kala dikenakan.



Ada beberapa jenis kain wol yang ada di industri tekstil, namun kali ini kita hanya akan mengambil 2 contoh jenis kain ini saja. Kain-kain tersebut yaitu :

  1. Kain Wol Merino

Kain yang dibuat dari bulu domba Merino ini sangat elastis. Bahkan, wol merino disebut sebagai wol terbaik lantaran teksturnya yang sangat lembut dan cocok dipakai di berbagai jenis cuaca. Jadi, tidak hanya di musim dingin saja, wol merino bisa digunakan untuk pakaian kala musim panas. Pasalnya, wol ini mampu memberikan efek sejuk karena kemampuannya beradaptasi dengan cuaca sekitar. Hebat, ya!

  1. Wol Murni

Sebenarnya sangat jarang produsen pakaian menggunakan bahan wol murni. Biasanya, mereka akan mencampuri kain wol dengan 15% bahan lain. Namun meski begitu, campuran ini bisa dibilang wol 100% karena bagusnya kualitas yang dihasilkan.

  1. Lightweight Wool

Berbeda dari kain lainnya, Lightweight Wool memiliki keunikan tersendiri. Kain satu ini sangat ringan, tidak seperti kain yang lainnya. Selain itu, lightweight wool dapat jatuh dengan pas di tubuh sehingga memberikan efek santai dan enak dilihat.

Kelebihan Bahan Wol

Kita sudah tahu jika kain wol sangatlah hangat dipakai. Tapi tahukah kamu jika wol juga memiliki kelebihan-kelebihan menarik lainnya? Kira-kira apa aja nih? Yuk, langsung simak ulasan berikut ini!

  1. Kualitas Terbaik

Bukan abal-abal semata, kain ini memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Eropa dan Amerika. Kedua Benua yang memiliki musim dingin tersebut tentunya akrab dengan penggunaannya. Nah, karena dinginnya pun kadang mencapai titik ekstrim, maka biasanya wol dijual dengan kualitas terbaik.



  1. Tahan Api

Lantaran kualitasnya yang mumpuni, kain ini mampu menahan api lho. Pasalnya, serat wol memang dikenal memiliki kadar oksigen yang sangat kecil sehingga meminimalisir kemungkinan mudah terbakar. Tapi tentunya tahan yang dimaksudkan tidak sampai mampu melindungi manusia dari jilatan api. Jangan sekali-kali kamu bermain api dengan kain ini ya!

  1. Daya Serap Tinggi

Masih berhubungan dengan kualitas, kain satu ini juga mampu menyerap air dan keringat dengan sangat baik. Bahkan meski mengenakannya di musim panas, bahan yang terkesan tebal ini masih mampu menyerap keringat lho.

Kekurangan Bahan Wol

Yang namanya suatu keseimbangan, tentunya jika ada kelebihan maka pasti ada kekurangan. Nah, meski tidak banyak, tapi wol juga mempunyai kekurangan lho. Selain bahannya yang sulit dibersihkan saat terkena noda, kain wol juga sulit kering ketika dijemur dibawah matahari. Maka dari itu, pengguna kain ini wajib berhati-hati saat mengenakannya dimanapun agar tidak mudah kotor dan bernoda.

Tidak hanya itu, kain satu ini juga sepertinya tidak cocok di Indonesia jika diterapkan pada komposisi aslinya. Pasalnya, Indonesia sangatlah panas dan lebih cocok menggunakan komposisi wol yang sesuai ukuran. Salah satu cara para fashion designer di tanah air adalah mencampurkan wol dengan katun atau sutra.

Terakhir, wol juga memiliki kekurangan dalam hal perawatannya. Karena memberikan berbagai manfaat yang tidak sepele, wol juga perlu dirawat dengan sangat baik. Misalnya saja, jangan mencuci wol dengan mesin cuci, melainkan gunakan teknik mencuci dengan tangan. Tentunya kamu tidak mau kan jika baju mahalmu rusak atau tidak bisa dipakai kembali. Maka dari itu, hati-hati banget ya!



Harga Kain Wol Asli

Membahas masalah harga kain wol, tidak ada ketetapan untuk harga pasarannya. Pasalnya, wol merupakan bahan yang sulit didapat dan harganya pun mengikuti kandungan yang menyusunnya. Jadi tidak bisa sembarangan memberi harga. Misalnya saja, wol berserat alami, harganya tentu akan lebih mahal dari harga wol campuran. Bisa juga wol campuran sutra, tentunya harganya akan lebih mahal dari wol yang dipalsukan.

Demikianlah ulasan mengenai kain wol. Semoga bermanfaat.

One thought on “Kain Wol, Penghalau Dingin yang Memiliki Sejuta Kelebihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *