kain twiscone
kain twiscone

Kain Twiscone : Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan dan Harganya

Posted on

Kain twiscone adalah jenis kain yang biasanya digunakan untuk busana, terutama busana wanita. Kain ini biasanya bisa dibuat menjadi baju gamis, dress, blezzer, dan lain sebagainya.  Lalu, bagaimana sih spesifikasi, kelebihan dan harga dari kain twiscone ini? Berikut ulasan dari Ahyana Hijab mengenai kain yang satu ini. Simak yuk

Spesifikasi Kain Twiscone

Di pasaran, ada pula yang menyebut kain twiscone sering dengan nama kain wolvis atau kain wolvis premium. Secara umum, kain ini terbagi menjadi dua. Pertama, kain twiscone yang dibuat menggunakan jaringan serat dari bahan kimia. Kedua, twiscone yang dibuat menggunakan serat dari bahan alami.

Baca Juga: Diamond Crepe: Jenis, Spesifikasi dan Harga

Kain ini dikenal sebagai kain yang lembut, mudah jatuh dan tentu saja ringan. Beberapa jenis kain lain yang mempunyai karakteristik yang hampir serupa dengan kain ini adalah chiffon dan hycon. Akan tetapi, apabila anda jeli, anda akan segera mengetahui bahwa serat dari kain twiscone lebih pada ketimbang kain chifon atau hycone. Selain itu, karena lebih berserat, otomatis kain twiscone ini tidak semenerawang kain chifon. Selain lembut, mudah jatuh dan ringan, secara garis besar, kain ini juga memiliki karakteristik yang licin, tipis, dan cenderung panas.

kain twiscone 1
kain twiscone

Kelebihan Kain Twiscone

  1. Ringan, jatuh dan lembut

Sebagaimana disebutkan di atas, kain twicone adalah jenis kain yang ringan, jatuh dan lembut.  Karena ketiga sifatnya ini, kain ini biasanya sering digunakan sebagai bahan untuk jilbab, gamis, dress dan lainnya.

  1. Tidak gampang bau

Tentu kita akan sangat terganggu dengan keringat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jangankan keringat sendiri, ketika berada di samping orang yang berkeringat saja, kita akan segera menutup hidung kita rapat-rapat bukan? Naaah, kabar baiknya, kain twiscone ini ternyata tidak gampang bau. Oleh karena itu, kain jenis ini sering digunakan sebagai bahan utama baju-baju muslim.

  1. Tidak mudah melar

Kelebihan lain dari kain jenis ini adalah sifatnya yang tidak mudah melar. Oleh karena itu, sebenarnya, kain ini sangat cocok digunakan sebagai bahan utama busana-busana resmi.

  1. Tidak menerawang

Karena seratnya, kain ini, meskipun agak tipis, tapi tidak menerawang. Jadi, anda bisa tetap tanpa syar’I menggunakan kain ini sebagai bahan baju anda tanpa takut menerawang. Selain itu, karena tidak menerawang, anda tidak perlu repot-repot menggunakan baju rangkap-rangkat apabila menggunakan baju dengan bahan dari jenis kain ini.


Kekurangan Kain Twiscone

  1. Tidak menyerap keringat

Meski memiliki banyak kelebihan, ternyata kain ini juga tidak luput dari kekurangan. Kata pepatah, tak ada gading yang tak retak bukan? Demikian juga dengan kain ini.

Salah satu kekurangan utama kain ini adalah sifatnya yang tidak menyerap keringat. Jadi, meskipun kain ini tidak mudah berbau, akan tetapi, kain ini juga memiliki karakteristik yang tidak menyerap keringat. Baunya di badan dong kalau gitu? Hehe

  1. Tidak cocok digunakan di cuaca panas

Karena tidak menyerap keringat, otomatis kain twiscone ini tidak cocok dan tidak recommended digunakan ketika cuaca sedang panas-panasnya. Kekurangan ini, sebenarnya adalah turunan dari kekurangan kain ini yang tidak menyerap keringat dengan baik. Jadi, alangkah lebih baik dan nyaman apabila anda tidak menggunakan baju yang berbahan kain ini apabila cuaca sedang panas-panasnya atau ketika sedang musim kemarau.

  1. Licin dan tipis

Selain tidak menyerap keringat, twiscone juga terbilang sebagai jenis kain yang licin dan tipis. Meskipun, ia lebih tebal dibandingkan dengan kain chiffon. Akan tetapi, tetap saja, kain ini lebih tipis dari kain hycon.


Harga Kain Twiscone

Setelah mengetahui soal spesifikasi, kekurangan dan kelebihan sebuah jenis kain, tentu yang terbersit di benak kita adalah soal harga bukan? Apalagi kaum hawa yang hawa-hawanya ingin memborong semua kain di toko kain kalau sudah memasukinya. Oleh karena itu, harga menjadi sangat perlu diperhatikan di sini. Berapa sih harga pasaran umumnya kain twiscone ini?

Baca Juga: Referensi Jilbab Pesta yang Anggun dan Menawan

Soal harga, kain twiscone ini sebenarnya terbilang murah. Harga kain ini, per meternya rata-rata dibanderol di kisaran harga di bawah Rp. 20.000. Murah bukan? Bandingkan saja dengan kain lain seperti bubble crepe, diamond crepe, diamond italiano, voal, dan lain sebagainya. Ya, meskipun, di suatu waktu, kain ini bisa naik (maklum, harga kain memang sering tidak stabil, kadang naik tinggi banget, kadang turun anjlok banget), tapi tetap saja harganya relatif stabil disbanding dengan kain-kain lainnya. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan kain ini sebagai bahan baju, dress atau gamis anda.

Nah, itulah sedikit pengetahuan kami tentang kain twiscone. Semoga bermanfaat 🙂

 

(Ahyana Hijab)

 

4 thoughts on “Kain Twiscone : Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan dan Harganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *