3. kain sutra
Sutra

Kain Sutra : Ciri-ciri, Kelebihan, Kekurangan dan Harganya

Posted on

Kain sutra adalah kain paling mahal yang ada di industri tekstil. Kain ini membutuhkan waktu yang lama untuk dibuat bila dihitung dari proses terciptanya serat sutra itu sendiri. Bagi kaum wanita yang beragama Islam, sutra sangatlah istimewa. Sebab, Islam memperbolehkan wanita mengenakan pakaian berbahan sutra. Sedangkan bahan sutra haram untuk laki-laki muslim kecuali sedang ada uzur seperti sakit kulit dan sebagainya.

Sutra ini telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian sejak zaman dulu. Namun, tidak banyak orang yang bisa menikmatinya, mengingat harganya yang sangat mahal. Untuk menanggulangi hal tersebut, para ilmuan membuat sebuah penelitian yang menghasilkan terbentuknya kain sutra sintetis / buatan. Walaupun harganya masih mahal, namun setidaknya sudah lebih murah dibanding sutra alami yang asli.

Nah, penasaran bagaimana cara mengenali mana kain sutra asli dan mana yang buatan? Simak keseluruhan pembahasan dalam artikel ini ya.

kain sutra 2
Baju berbahan sutra

Ciri-ciri Kain Sutra Asli yang Harus Anda Ketahui

Kain sutera yang asli terbuat dari serat sutra yang dihasilkan oleh ulat sutra murbei ketika masa pembuatan kepompong. Kain sutera ini memiliki tampilan yang sangat halus yang berasal dari asam amino ulat sutra murbei. Ketika dikenakan, sutra akan memberikan rasa nyaman dan relaksasi terbaik untuk tubuh.

Baca juga : Bahan Polyester : Spesifikasi, Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Harganya

Walaupun secara alamiah serat sutra ini bersifat halus, namun bila ditenun dengan alat tenun bukan mesin ia akan memiliki tekstur kain yang lebih kasar dibandingkan bila ditenun menggunakan alat tenun mesin. Kain yang dihasilkan juga lebih tebal dan lebih mudah kusut bila ditenun secara manual. Namun, justru kain sutra yang manual ini lah yang dihargai paling mahal. Sebab, motifnya pasti langka dan tidak dibuat dalam jumlah banyak.


Kelebihan Kain Sutra yang Bermanfaat saat Dikenakan

Sebagai kain yang terbuat dari benang sutra alami, tentunya kain jenis ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat. Berikut ini akan kami jelaskan secara ringkas menggunakan poin-poin.

1.   Awet dan Tahan Lama

Proses pembuatan benang sutra yang lama tentu tidak akan memberikan hasil yang mengecewakan. Sebab, kain tentunan dari benang sutra asli sangatlah kuat dan tidak mudah rusak. Ketika masih berbentuk benang pun, benang sutra ini tidak mudah putus dengan sendirinya. Karena itu, pakaian yang terbuat dari bahan sutra akan sangat awet hingga bertahun-tahun ke depan.

2.   Dingin dan Nyaman di Kulit

Sutra alami memiliki kemampuan menyerap air dan keringat yang baik. Hal ini membuat kain sutera akan terasa selalu dingin saat dikenakan karena kulit tidak akan berkeringat saat menggunakannya. Karena itu, Anda harus langsung mencuci bahan sutera setelah dipakai, karena keingat yang menumpuk di kain bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Baca juga : Kain Hermes : Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan dan Harganya

3.    Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Kain sutera dikenal memiliki tekstur paling halus dan lembut. Karena itu, semua jenis kulit pasti cocok menggunakan kain ini dan tak akan menimbulkan iritasi. Terlebih, bahannya juga alami dan tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya.

4.   Tampilan yang Elegan

Bagi orang yang awam dengan kain, bisa jadi akan salah membedakan kain sutera dengan kain satin. Sebab, keduanya sama-sama memiliki tampilan yang glossy / mengkilat. Bila dikenakan di bawah cahaya, penampilan Anda akan terlihat berkilau seperti perhiasan dan dijamin akan menjadikan Anda sebagai pusat perhatian.

Efek berkilau yang nampak dari bahan sutra ini berasal dari fibroin yang terkandung di dalam serat benang sutra alami. Fibroin sendiri merupakan salah satu protein yang dihasilkan ulat sutra murbei saat sedang menjadi kepompong dan menghasilkan sutra.


5.   Pelindung Alami bagi Kulit

Pakaian berbahan sutera sangat cocok digunakan untuk acara outdoor. Sebab, serat yang dihasilkan ulat sutra murbei mengandung senyawa yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari. Bahan ini juga tidak mudah habis saat terbakar api dan baunya tidak akan seperti plastik karena bahannya bukan sintetis.

kain sutra 4
Sutra Motif

Kekurangan Kain Sutra yang Perlu Anda Pertimbangkan

Setelah membahas kelebihan, mari kita beranjak untuk mempelajari apa saja kekurangan dari kain sutera yang begitu fenomenal ini.

1.   Harga yang Mahal

Mengingat proses pembuatan lembaran sutra yang lama dan tidak mudah, sangat wajar bila kain ini dibandrol dengan harga yang tinggi. Namun, hal ini membuat tidak semua orang bisa membeli kainnya, apalagi pakaian setelan yang berbahan sutera.

Tapi, Anda tak perlu risau lagi sekarang. Sebab, kini telah banyak event organizer yang juga menyediakan penyewaan baju yang beberapa di antaranya terbuat dari bahan sutera asli. Dengan sistem sewa ini, Anda tetap bisa memiliki pengalaman memakai gaun berbahan sutera tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

2.   Perawatan Ekstra

Karena terbuat dari kepompong ulat sutra alami, kain ini perlu perawatan yang tidak sembarangan. Dalam hal mencuci misalnya, Anda harus mencucinya secara manual dan tidak menguceknya dengan kasar. Bila tidak terkena noda yang membandel, Anda cukup mencelupkannya ke dalam air sabun dan meremas-remasnya saja untuk membuat debunya luntur. Sabun detergen yang digunakan juga harus sabun khusus yang tidak berpotensi merusak serat sutra.

Setelah kering, kain lembaran sutra sebaiknya disetrika menggunakan setrika uap yang tidak begitu panas. Dengan begitu, kain akan tetap terjaga kualitasnya seperti baru. Untuk menghindari terlalu sering disetrika, Anda bisa membungkus pakaian berbahan sutra yang telah disetrika tersebut menggunakan plastik khusus pakaian yang transparan dan tebal. Kemudian, gantunglah di lemari gantung agar ia tidak mudah kusut.


3.   Banyak Dipalsukan

Kekurangan ketiga dari kain berbahan sutra yang paling berdampak bagi masyarakat adalah maraknya versi KW dari sutra itu sendiri. Hal ini masih dipengaruhi oleh faktor harga kain sutra asli yang mahal. Alasan ini lah yang banyak dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk membohongi masyarakat demi mendapatkan keuntungan tinggi dalam sekejap waktu.

Umumnya, modus yang mereka gunakan adalah menjual kain jenis sutra sintetis seharga kain sutera asli dan memberi promosi yang keliru pada pembeli. Bagi orang awam yang tidak bisa membedakan mana sutra asli dan mana yang sintetis, modus ini tentu sangat merugikan.

Karena itu, bila Anda berniat membeli kain atau setelan yang sudah jadi dari bahan sutra, pelajarilah dulu bagaimana ciri-ciri kain sutra asli itu. Alangkah lebih baik lagi bila Anda mengajak teman atau kenalan yang memang paham betul bagaimana spesifikasi kain sutera agar terhindar dari tindak penipuan.

Harga Kain Sutra yang Beredar di Indonesia

Bila Anda tertarik membeli kain sutera, budget yang perlu disiapkan berkisar antara 95.000 – 300.000 untuk kain sutra polos per meter. Untuk sutra motif, harganya lebih tinggi yakni berkisar antara 350.000 – 500.000 per meter. Harga kain sutra batik dan harga sutra cina per meter berada di range 400.000 – 500.000. Semakin detail motif yang dibuat, maka harga kain akan semakin mahal.

Dari ulasan tentang kain sutra di atas, apakah Anda menjadi tertarik dan turut ingin membelinya juga? Bila iya, pastikan untuk menganggarkan budget yang cukup sebelum hunting kainnya. Sebab, bila sudah menemukan kain yang disuka, Anda pasti tidak akan dilema apakah jadi membeli atau tidak karena toh uang Anda cukup. Jadi, selamat hunting di tempat penjualan setelan sutra asli agar tidak tertipu ya.

(Ahyana Hijab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *