Kain Oxford: Spesifikasi, Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Harganya

Kain Oxford: Spesifikasi, Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Harganya

Posted on

Kain oxford: spesifikasi, jenis, kelebihan, kekurangan dan harganya merupakan informasi yang akan sangat dibutuhkan bagi pegiat fesyen. Soalnya bahan oxford merupakan salah satu jenis bahan yang populer, apalagi di era pandemi seperti sekarang ini. Kenapa bisa? Soalnya kain oxford menjadi bahan baku masker kesehatan yang nyaman dipakai, juga mampu menyaring udara kotor dengan baik.

Secara sekilas, nama bahan oxford akan asing terdengar di telinga. Lalu bagaimana bisa kain satu ini bisa populer? Cobalah dulu membaca ulasan kain oxford: spesifikasi, jenis, kelebihan, kekurangan dan harganya ini dulu. Niscaya kamu akan menemukan berbagai macam informasi dan bisa jadi malah tertarik untuk bereksperimen memakain kain satu ini.

Jadi, mari kita ulas bahan oxford secara lengkap. Serba-serbinya akan dijelaskan secara tuntas. Jadi, baca sampai akhir artikel “kain oxford: spesifikasi, jenis, kelebihan, kekurangan dan harganya” berikut ini.

 

Ulasan kain oxford: spesifikasi, jenis, kelebihan, kekurangan dan harganya

Bahan oxford terbuat dari serat katun yang disuntik dengan tambahan tetoron. Serat-serat dijalin secara diagonal hingga membentuk sebuah kain dan simpul tiap jalinannya akan tampak di permukaan kain. Jalinan tersebut menjadikan kain oxford lebih kuat daripada kain-kain di kelasnya. Misalnya saja kalau dibandingkan dengan kain TC yang kebanyakan dimanfaatkan untuk membuat seragam sekolah baik dari tingkat sekolah dasar, sekolah lanjutan tingkat pertama, sampai sekolah lanjutan tingkat atas.

Kain oxford: spesifikasi dan jenisnya

Kain oxford dan TC memiliki kesamaan berupa kehalusan permukaan begitu. Hanya saja pola jalinan bahan oxford yang menyilang, membuat ikatan kainnya lebih kuat sehingga tidak mudah sobek. Bagaimana caranya agar kita tidak tertukar atau tertipu waktu membeli?

Perhatikan permukaan kain dengan seksama, di mana kain oxford akan memiliki pola yang kurang-lebih sama dengan tampilan piksel dalam sebuah gambar atau video digital. Itu adalah kunci pertama yang menjadikan bahan oxford sangat berbeda dengan kain TC.

Masker terbuat dari kain oxford.
Sumber: Wartakita

Kalau sampai kamu salah membeli, coba datangi toko tempat pembelian terjadi dan coba klarifikasi kesalahan tersebut. Bila ternyata tidak bisa ditukar atau diganti, tarik napas panjang dan cari kedai kopi terdekat. Secangkir kopi hangat dapat menurunkan emosi dan kekesalan. Paling tidak, kita sudah mendapat pengalaman agar tidak salah beli di kesempatan selanjutnya.

Opsi lainnya ialah mengganti kain dengan bahan lain yang memiliki kualitas oke. Contohnya saja ialah bahan katun stretch. Meskipun tidak sekuat kain oxford, katun stretch dapat dipakai untuk jangka panjang. Penyebabnya karena kemampuan kain yang memiliki tingkat elastisitas tinggi.

Contoh paling mudah bila kamu ingin melihat kain oxford berkualitas adalah masker kesehatan yang banyak dijual di apotek-apotek. Pada masa pandemi seperti sekarang yang menuntut pemakaian masker, bahan oxford laris-manis di pasaran.

Spesifikasi lain dalam bahan oxford adalah jalinan serat yang dapat ditekan serapat mungkin, akibatnya kain menjadi tipis. Jauh lebih tipis dibandingkan bahan lain di kelasnya. Merek-merek bahan oxford yang beredar di pasaran pun juga beragam. Misalkan saja Taipan Tropical yang banyak dimanfaatkan untuk pembuatan kemeja.

Mereka lainnya ialah Japan Tropical, Sari Warna, serta Maryland. Perbedaan antara merek-merek tersebut adalah bahan campuran yang dipakai dalam proses pembuatan kain.

Masyarakat mengenal ada beragam jenis kain oxford yang dijual di pasaran. Misalnya Spesial Putih yang menjadi kain oxford berkualitas terbaik namun hanya menyediakan warna putih. Kamu bisa berkreasi mewarnai kain satu ini. Selanjutnya ada jenis oxford dari Sari Warna yang memiliki dua varian lebar kain yaitu 115 cm dan 150 cm. Varian 115 cm memiliki lebih banyak opsi warna yang bisa dipilih pembeli.

Lalu oxford Jm yang muncul jauh lebih muda daripada jenis kain oxford sebelumnya. Banyak opsi warna yang ditawarkan oleh jenis ini, meskipun hanya tersedia untuk kain oxford dengan lebar 150 cm saja. Material pembuatannya pun lebih banyak menggunakan bahan kimiawi yang bertujuan menekan harga jual. Jadi jangan kaget kalau oxford Jm dijual dengan harga lebih murah di pasaran.

Bentuk pola permukaan bahan oxford
Bentuk pola permukaan bahan oxford.
Sumber: id.bestlace.net

Kelebihan dan kekurangan kain oxford

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di bagian sebelumnya, kain oxford memiliki spesifikasi tertentu yang menjadi kelebihan kain tersebut. Meskipun ada juga kekurangannya yang terkadang menjadi alasan orang-orang ragu untuk membeli kain ini. Meskipun begitu, kelebihan dan kekurangan tersebut hanya dimiliki oleh kain oxford sehingga tidak bisa diduplikasi jenis kain lainnya.

Kelebihan kain oxford adalah permukaannya yang halus sehingga cocok dipakai sebagai bahan masker kesehatan. Kain juga ringan dan halus, sehingga nyaman bersentuhan dengan kulit dan tidak menimbulkan iritasi.

Jalinan antar seratnya begitu rapat sehingga menyulitkan benda padat untuk menembus kain, namun udara masih bisa tersirkulasi baik. Kelebihan selanjutnya adalah kekuatan jalinan serat yang rapat sehingga menjadikan kain tipis, namun kuat sehingga sulit sobek.

Namun di balik kelebihan, pasti juga ada kekurangan begitu juga dengan bahan oxford. Kain satu ini memiliki kecenderungan mudah kusut, seratnya pun gampang memunculkan serabut. Ini berakibat pada tampilan kain yang sudah dipakai lama, akan terlihat kurang rapi.

Kekurangan selanjutnya adalah lemahnya serat bahan oxford terhadap bahan kimiawi seperti deterjen. Itu artinya kita tidak merendam dan mencuci kain dengan sabun cuci terlalu lama. Akibatnya terkadang kain tampak masih kotor meskipun sudah dicuci.

Harga kain oxford

Harga kain oxford cenderung fluktuatif tergantung pada ketersediaan stok warna dan jenis. Untuk harga kainnya apabila dirata-rata, bisa diperoleh dengan merogoh kocek sebanyak Rp 35.000-an untuk varian lebar 115 cm. Sekian artikel “kain oxford: spesifikasi, jenis, kelebihan, kekurangan dan harganya”. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *