kain oxford
kain oxford

Kain Oxford, Ketahui Lebih Detail Tentang Bahan Hijab Ini

Posted on

Jenis-jenis pakaian sangat beragam dari berbagai fashion dan model yang sangat tidak terhitung lagi jumlahnya. Dari berbagai jenis bahan yang beragam dengan kualitas masing-masing bahan, seharusnya kita sebagai konsumen sedikit banyak harus tau tentang jenis bahan pakaian agar kita bisa memilih pakaian dengan bahan yang nyaman untuk dikenakan. Berkaitan dengan hal tersebut, mari kita membahas salah satu jenis bahan pakaian yang cukup banyak digunakan oleh semua produksi yaitu jenis kain oxford.

Banyak sebagian orang awam yang kurang mengetahui jenis bahan bahkan mungkin sama sekali tidak mengetahui kualitas, jenis, atau spesifikasi pakaian yang akan dibeli.  Dan disini kita akan membahas semua yang berkaitan dengan jenis kain tersebut. Agar masyarakat awam dapat lebih memahami dan memiliki gambaran, jika ingin membeli atau memilih suatu kain maupun pakaian. Karena apabila dari pemilihan jenis kain sangat menentukan performa  seseorang, dan apabila dalam pemilihan jenis kain tidak sesuai sangat mempengaruhi fashionable seseorang yang mengakibatkan suatu pakaian menjadi unfashionable. Sehingga menjadikan kita tidak nyaman untuk memakai pakaian dengan bahan yang tidak diketahui.

Mengenal Ciri-Ciri Kain Oxford

Kain Oxford adalah kain berjenis kemeja yang ditenun, dengan bahan tekstil yang bertekstur sangat rata. Sebelum membahas lebih jauh tentang kain satu ini, kita bahas terlebih dahulu apa itu kain. Kain atau tekstil adalah suatu bahan yang dihasilkan dari tenunan benang, sintetis atau sutera. Kain tidak hanya berjenis satu saja, ada sekitar 20 jenis kain untuk membuat suatu pakaian atau yang lainnya. Inilah contoh beberapa jenis kain, yaitu ada jenis kain Fleece, kain yang menyerupai kain wol yang berbulu di permukaanya. Kain ini sangat mudah untuk menyerap keringat. Ada juga jenis kain Spandek, Polyester, Cotton, Rajut, Cadet, Sifon dan kain Oxford yang akan kita bahas kali ini.

Baca Juga : Kain Sutra : Ciri-ciri, Kelebihan, Kekurangan dan Harganya

Kain Oxford merupakan kain yang banyak dicari atau bahan yang banyak dipakai oleh orang di Dunia. Terutama di negara yang beriklim tropis, seperti di Indonesia. Oleh karena itu kita harus tau ciri atau spesifikasi tentang kain ini. Tekstur kain ini rata, sehingga terlihat sangat rapi jika dipandang. Kain ini juga dapat dikategorikan dalam jenis tekstil yang dibuat dengan penyilangan dua benang sampai membentuk sebuah tekstur atau titik-titik. Benang- benang yang terikat atau terjalin dalam pintalan seperti pixel dalam resolusi gambar. Kain ini apabila diraba terasa halus. Semakin banyak bahan cotton atau katun sangat berpengaruh pada kenyaman saat dipakai. Sedangkan harga dari kain oxford juga berbeda-beda disetiap tokonya. Namun harga kain ini per 1 yardnya sekitar Rp. 17.000.



Beberapa Jenis Kain Oxford Di Pasaran Saat Ini

Ada banyak beberapa jenis kain Oxford yang biasa digunakan untuk bahan membuat pakaian. Bahan oxford yang sering banyak digunakan adalah kain taipan tropical. Kain ini merupakan jenis kain yang diperoleh dari beberapa campuran cotton dan polyester, sehingga apabila dipakai bahan akan tetap terasa dingin. Kualitas kain ini juga cukup tinggi hampir sama dengan kualitas drill atau japan drill. Selain taipan tropical ada beberapa jenis variasi kain yang ada dipasaran dengan harga yang sedikit lebih miring, yaitu :

  1. Oxford sari warna memiliki dua ukuran, yaitu ukuran yang lebar 115 cm dan 150 cm. Jika ukuran 115cm lebih banyak variasi warna yang disuguhkan. Untuk yang berukuran 150 cm hanya tersedia beberapa jenis warna saja. Contohnya warna cokelat dan putih.
  2. Oxford Spesial putih, jenis ini memiliki kain atau bahan yang suoer quality. Namun hanya untuk bahan warna putih saja. Jenis oxford spesial putih ini juga memiliki dua ukuran  sama dengan ukuran sari warna yaitu 115cm dan 150cm. Namun bahan kain ini tidak terlalu halus.
  3. Oxford Duyung, jenis oxford satu ini memiliki bahan dengan kehalusan diatas merk oxford sari warna. Namun warna yang dimiliki oxford jenis ini sangat sedikit atau terbatas, dan hanya memiliki satu ukuran saja yaitu 115cm. Namun harganya lebih mahal dari oxford jenis lainnya.
  4. Oxford Jm, jenis ini masih terbilang jenis baru. Bahan yang digunakan juga sangat tipis beda dengan ketiga bahan diatas. Jadi harganya juga lebih ekonomis. Warna yang diproduksi sangat banyak. Ukuran yang ada hanya 150 cm saja.



Ketahui Kekurangan dan Kelebihannya

Selain spesifikasi dan juga jenisnya, sebagai konsumen kita harus tau kelebihan dan kekurangan kain satu ini. Kelebihan dari kain oxford ini adalah, bahan lembut apabila dipakai. Kain jenis ini terkenal halus sehingga nyaman apabila dipakai untuk sehari-hari maupun resmi. Di samping itu, bahannya pun tidak panas dan juga cukup kuat dan tidak mudah sobek. Sedangkan kekurangan dari kain oxford ini adalah, kain tidak terlalu tebal atau bisa dibilang kainnya tipis.

 Apabila ingin memilih kain yang berjenis Oxford ini, baiknya memilih kain yang berkualitas tinggi namun ada kalanya juga melihat budget yang tersedia. Jika ingin memilih kain yang berkualitas bagus dengan bahan yang halus yaitu bisa memilih oxford duyung. Namun jika ingin mengontrol budget agar lebih hemat, bisa memilih kain oxford dengan merk Jm atau Sari warna yang lebih ekonomis namun juga memiliki kualitas yang cukup bagus.

(Ahyana Hijab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *