kain maxi dress berwarna hitam semi tembus pandang

Kain Maxi: Bahan Maxi Dress dan Padu Padan Terbaik

Posted on

Kain maxi merupakan bahan terbaik untuk membuat “maxi dress” atau populer dengan nama “long dress”. Gaun maxi menjadi  outfit terbaik yang dikenakan untuk menghadiri pesta perkawinan. Ada juga yang memakainya ketika menghadiri acara-acara formal baik kantor maupun hajatan publik.

Ada banyak kain yang bisa digunakan untuk membuat maxi dress. Tetapi kain maxi terbaik haruslah dipilih mengandalkan kecermatan kita melihat warna, model, serta pola yang menarik mata. Pertimbangan lain yang tidak kalah penting adalah bobot bahan dan kemampuannya menyirkulasikan udara.

Belum lagi kalau kita memperhitungan aksesori atau pernak-pernik untuk dipadupadankan. Banyak hal yang bisa dilakukan ketika menyortir kain maxi agar bisa tampil maksimal sebagai sebuah gaun. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita segera bahas bahan-bahan dan padu padan gaun maxi terbaik.

 

Model maxi dress pilihan

Penampilan yang “eye catching” merupakan tujuan utama kenapa kita memberikan perhatian lebih kepada fesyen. Khusus untuk gaun maxi, maka kebanyakan orang menganggap pesona trendi serta “chic” merupakan kesan atau impresi terbaik. Karena itu, pilihlah model gaun maxi yang ingin kamu kenakan terlebih dahulu. Dalam pemilihan model gaun maxi, perhatikan tips-tips penting berikut ini.

Sebenarnya ada dua tips penting terkait pemilihan model gaun maxi. Pertama, yaitu tips untuk wanita yang bertubuh mungil. Dua, tips bagi wanita dengan ukuran “di atas rata-rata”. Keduanya akan sangat berpengaruh pada pemilihan model karena menuntut perlakuan yang berbeda. Bahasannya adalah sebagai berikut.

Pertama, bagi wanita bertubuh mungil

Tubuh mungil wanita lebih rentan tertutup atau tenggelam dalam gaun, apalagi model gaun maxi. Untuk mengatasi masalah tersebut, wanita bertubuh mungil bisa mengakalinya dengan memilih gaun yang tidak lebar. Namun ini harus dilengkapi dengan gaun yang memiliki ukuran pinggang kecil. Soalnya kalau tidak, gaun maxi akan terlihat seperti sebuah tenda segitiga. “Eye catching” tetapi tidak memukau pemirsa.

Kamu juga bisa melengkapinya dengan potongan menyimpang atau bahasa kerennya A-line.

gaun pernikahan dengan gaya maxi potongan A-line
Gaun pernikahan dengan gaya maxi potongan A-line.
Sumber: LINE Today

Kamu juga perlu membuat ilusi leher ramping tinggi dengan potongan leher berbentuk V. Berikan juga dukungan aksesori untuk menjadikan tubuh makin terlihat tinggi. Bisa dengan memakai alas kaki berupa pumps, wedges, dan selop.

Saat memilih motif kain, hindari pemakaian garis horizontal. Garis horizontal akan memberikan ilusi tubuh yang lebar dan terlihat pendek. Untuk urusan warna, usahakan membeli warna-warna padat serta matang sehingga menampilkan kesan tubuh yang “berisi”. Contoh-contoh warna padat adalah hitam, ungu, cokelat, dan lain sebagainya.

Kedua, untuk wanita dengan tubuh “di atas rata-rata”

Banyak orang punya pikiran kalau wanita bertubuh besar haruslah jauh-jauh dari gaun. Soalnya bikin para wanita tersebut tampak bundar dan tidak nyaman. Padahal kalau tahu cara mengatasinya, tidak demikian lho! Berikut ini tipsnya.

Perhatikan ukuran dada. Ada wanita yang memiliki dada atau bagian bahu lebar. Maka mereka memerlukan gaun dengan kelengkapan “halter neck” di mana tali pengikat yang juga lebar akan mampu menyamarkannya. Hindari “spaghetti straps”: talinya yang tipis akan memunculkan kesan timpang.

Motif kain seharusnya memiliki objek yang besar, karena pola yang kecil-kecil juga akan menampilkan impresi timpang. Pola-pola berkuran kecil akan mengakibatkan bagian tubuh yang berlebih semakin menonjol dan terlihat mata. Tentu ini menjadi hal yang tidak nyaman serta mengenakkan. Pola atau motif yang besar dapat mengatasi untuk menyamarkannya.

Warna kain maxi yang digunakan juga seharusnya memiliki tingkat kematangan serta solid. Warna-warna itu akan membantu tubuh kamu terlihat lebih ramping. Bila masih ada bagian yang menonjol, ikatkan ikat pinggang berwarna gelap pada bagian yang paling ramping. Ikat pinggang akan menjaga gaun tidak terurai dengan bebas.

Aksesori yang bisa dipilih

Untuk urusan sepatu, tali merupakan faktor utama. Sepatu sandal atau gladiator sangat sesuai menonjolkan impresi kasual. Bila menginginkan kesan lebih formal, maka “open-toe” juga “strappy tums” adalah pilihan yang tepat. Satu lagi, hindari penggunaan sepatu boots atau sepatu kulit yang tebal karena akan menghancurkan kesan elegan!

Pemakaian skinny belt lebih cocok pada bagian tubuh yang kurang menonjol
Pemakaian skinny belt lebih cocok pada bagian tubuh yang kurang menonjol.
Sumber: eBay

Aksesori lainnya adalah ikat pinggang. Memakai ikat pinggang pada bagian tubuh yang menonjol akan membuat tubuh kamu makin terlihat besar. Gunakan di bagian tubuh yang paling ramping, misalnya di bawah payudara.

Bagi yang bertubuh mungil, pilih skinny belt. Sedangkan wanita dengan tubuh di atas rata-rata lebih cocok mengenakan model lain. Pastikan warna ikat pinggang senada dengan warna kain maxi.

 

Bahan kain maxi dress

Terkait bahan kain, sebenarnya ada banyak pilihan. Tetapi lebih baik kita bahas saja jenis-jenis kain terbaik yang bisa digunakan.

Kain Sifon

Sifon merupakan perpaduan antara bahan sintetis, sutera, katun, nilon, juga polyester. Ada yang menambahkan rayon meskipun jarang. Kain satu ini bentuknya tipis dan cenderung jatuh sehingga tidak memberikan kesan “volume” ketika dijadikan gaun. Hanya saja kelemahannya adalah tidak menyerap keringat sehingga tidak cocok dikenakan di ruangan panas. Namun, tetap saja sifon bisa jadi kain maxi dress.

Kain Satin

Satin bisa mencuri perhatian berkat permukaan kainnya yang mengkilat dan licin. Selain itu, kain satin juga lembut sehingga nyaman digunakan saat bersentuhan dengan kulit. Satin cocok dipakai pada acara jamuan atau pesta perkawinan dan kurang sesuai dikenakan pada acara-acara formal. Ini karena permukaannya yang mengkilat dan licin akan memberi impresi glamor.

Kain Linen

Bahan linen merupakan opsi kain maxi dress terbaik bagi yang menghendaki kenyamanan. Ini karena kain linen cenderung dingin di kulit serta menyerap cairan. Kain linen terkenal akan kemampuannya menyirkulasikan udara dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *