kain katun prada dengan motif batik

Kain Katun Prada: Informasi Lengkap dan Terbaru 2020

Posted on

Kain katun prada bisa jadi masih dianggap sebagai kain mahal yang sulit dijangkau oleh masyarakat. Ini disebabkan nama “prada” yang tersemat di dalam nama kain ini. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya anggapan itu tidak benar-benar tepat? Kain jenis ini bisa juga dimiliki oleh kamu yang berkantung cekak namun ingin tetap terlihat luks.

“Prada” lekat pada istilah lapisan emas yang disematkan pada motif atau permukaan kain. Karena lapisan emas tersebut, seringkali orang menganggap kain prada pastilah berharga mahal. Namun kita bisa melihat lebih jauh kalau katun prada cenderung mempunyai kekurangan.

Apakah kekurangan dari katun prada? Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut ini.

 

Kekurangan kain 

serbuk emas untuk bahan pewarna prada
Serbuk emas asli yang digunakan pada kain katun prada jaman dulu.
Sumber: Colourbox

Prada sebenarnya berasal dari bahasa Jawa yang artinya emas. Butir-butir emas benar-benar disematkan di atas kain untuk memberikan kilau logam mulia. Praktik ini lazim dijumpai pada jaman dahulu, namun kian terkikis karena alasan ekonomi.

Alasannya sederhana. Yaitu kesulitan perawatan dan warna emas akan mudah terkikis bila tidak hati-hati ketika membersihkan kain. Tentu akan sangat sayang sekali kalau kain mahal ini sering dipakai sehingga harus kerap dicuci. Akhirnya kain katun prada akan lebih sering disimpan karena sayang untuk dipakai.

Kekurangan lain yang seringkali dikeluhkan pemilik kain adalah elastisitas. Kain jenis ini sangat sukar untuk melar dan cenderung mudah robek karena seratnya yang pendek-pendek. Tidak ayal baju yang terbuat dari kain katun prada harus dikenakan dengan kehati-hatian yang ekstra.

Itulah sebab lain kenapa bahan pakaian ini kurang populer di era modern. Orang masa kini cenderung memilih kain yang nyaman digunakan untuk segala macam aktivitas karena mobilitasnya tinggi. Kamu tidak akan bisa bekerja atau bergaul dengan santai apabila harus selalu memikirkan keamanan pakaianmu tiap detiknya.

Baca Juga : Pola Gamis Payung Ternyata Mudah Dibuat, Ini Caranya!

Penggunaan kain katun prada di jaman sekarang

Kain katun prada dengan motif batik
Kain katun prada dengan motif batik.
Sumber: Graha Batik

Pemakaian serbuk emas pada kain katun seperti pada jaman dulu, dinilai kurang praktis. Apalagi setelah ada tuntutan untuk produksi kain dalam jumlah besar. Serbuk emas bisa menjadi sangat mahal sehingga produsen kain prada mulai mencari alternatif lain.

Alternatif lain yang bisa dipakai adalah pewarna kuning yang diberi efek “glitter”. Efek tersebut akan membuat kain tampak berkilau sehingga terkesan glamour dan mewah. Ada juga yang masih menggunakan serbuk emas sebagai campuran warna, meskipun tidak dalam jumlah besar.

Tujuannya untuk mengejar harga jual. Karena sekalipun kain prada dengan pewarna serbuk emas asli mahal, tetapi harganya bisa menunjukkan kelas sosial seseorang. Jadi jangan heran kalau ada orang yang sangat bangga memamerkan bajunya. Bisa jadi itu karena harganya yang benar-benar mahal karena menggunakan serbuk emas asli.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, baju dari kain katun prada perlu kehati-hatian ekstra ketika memakainya. Itulah kenapa prada banyak diaplikasikan pada batik. Kain batik biasanya hanya digunakan dalam kesempatan tertentu sehingga cocok dengan karakter kain katun prada.

Penambahan warna prada akan memberikan efek glamour. Apalagi bila diaplikasikan pada kain batik tulis yang memang dari sananya sudah berharga tinggi. Orang yang memakai batik prada akan semakin memunculkan kesan mewah.

 

Kelebihan kain katun prada dan asal-muasal penggunaan warna emas

Seperti yang sudah diungkapkan, hanya orang yang berasal dari latar belakang ekonomi kelas atas bisa membeli dan menggunakan kain prada untuk pakaiannya. Awalnya prada banyak digunakan oleh keluarga raja di kerajaan Yogyakarta dan Surakarta.

Lambat laun minat pasar berubah dan pembuat motif kain menemukan alternatif bahan selain serbuk emas. Salah satunya adalah cat kuning dengan efek “glitter”. Warna yang dipakai pun bergeser, tidak hanya emas saja.

Warna perak dan warna-warna lain dengan efek “glitter” juga mendapatkan peminatnya di pasaran. Selain harganya lebih murah, pemakaian warna ini juga berdasarkan pada selera pemakai. Jadi, kamu tidak perlu heran kalau ada orang yang memamerkan baju dari katun prada dengan warna beragam.

Jangan salah sangka juga kalau prada di sini adalah brand pakaian mewah dari Italia. Meskipun sama-sama mewah, tetapi yang satu berasal dari kekayaan budaya bangsa kita sendiri. Sementara brand Prada yang lain merupakan kreasi dari bangsa asing.

Tetapi mau bagaimanapun, keduanya memiliki kelebihan yang sama. Prada sama-sama menunjukkan status sosial pemakainya sebagai orang dari latar belakang ekonomi kelas atas.

 

Cara merawat 

Kita sudah mengulas panjang-lebar tentang kelebihan dan kekurangan kain katun prada. Salah satu kekurangannya adalah cara merawat kain yang perlu perhatian berbeda. Jenis kain satu ini justru malah jangan sering dicuci dengan deterjen dari bahan kimiawi.

Kenapa bisa begitu? Ini karena bahan kimiawi pada deterjen cenderung akan merusak serat kain. Apalagi ketika dikucek atau dimasukkan ke mesin cuci seperti kain-kain biasa.

Apabila baju yang terbuat dari kain katun prada kotor, lebih baik kita menggosoknya dengan hati-hati. Bisa memanfaatkan sikat yang berbulu lembut. Percikan air pada permukaan yang kotor lalu gosok dengan sikat pelan-pelan.

Jangan jemur baju yang sudah dibersihkan langsung di bawah sinar matahari. Cukup dengan diangin-anginkan saja.

 

Harga terbaru 

Sudah banyak orang yang menjual kain jenis ini. Terutama di marketplace-marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain. Kita cukup memasukkan kata kunci “katun prada” pada kotak pencarian.

Harga jual katun prada lumayan kompetitif. Satu lembar kain dengan panjang 2 meter dan lebar 1,1 meter (seperti panjang dan lebar kain pada umumnya), dihargai mulai dari Rp 55 ribuan. Kerumitan motif juga turut menyumbang andil pada harga kain. Semakin sulit dan bagus motifnya, semakin mahal pula harganya.

 

Ahyana Hijab

 

One thought on “Kain Katun Prada: Informasi Lengkap dan Terbaru 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *