kain hermes 1
Hermes

Kain Hermes : Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan dan Harganya

Posted on

Kain hermes mungkin masih asing di telinga kita bila dibandingkan dengan kain berbahan spandek, woll, denim, dan lain sebagainya. Padahal, kini sudah banyak gamis berbahan hermes, jilbab bahan hermes, atau hal lain yang dibuat menggunakan bahan hermes. Oleh karenanya, agar lebih mudah mengenal yang mana kain hermes itu, kami akan menyajikan ulasan ulasan yang lengkap mengenai kain satu ini.

Spesifikasi dan Ciri-ciri Kain Hermes

Kain hermes lebih dikenal dengan sebutan kain satin. Walaupun begitu, tidak semua kain satin merupakan hermes. Ia hanya salah satu bagian dari beberapa jenis kain satin yang ada. Ciri khas dari hermes ini adalah teksturnya yang mengkilat bila terkena cahaya. Namun, mengkilatnya ini hanya di satu sisi saja, karena bagian dalam hermes tidaklah mengkilat.

kain hermes 3
Hijab berbahan Hermes

Hermes memiliki tekstur yang halus, lembut, dan licin. Bila dikenakan, ia akan memberikan rasa yang dingin di kulit. Apakah itu sebagai bahan jilbab atau gamis bahan hermes, kedua-duanya sama-sama cocok karena kain ini juga memiliki tingkat kerapatan tenunan yang baik sehingga tidak tembus pandang saat digunakan.

Baca juga : Bahan Polyester : Spesifikasi, Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Harganya

Untuk penggunaannya, hermes banyak dipakai sebagai bahan dasar pembuatan pakaian khusus acara-acara istimewa seperti pesta, kondangan, hajatan, wisuda, dan lain sebagainya. Hal ini tak terlepas dari kesan mewah dan elegan yang berasal dari kain satin hermes itu sendiri.


Kelebihan yang Menonjol dari Kain Hermes

Kain hermes memiliki beberapa kelebihan saat digunakan. Beberapa di antaranya adalah :

1.   Memberikan Kesan yang Menawan

Kain bahan hermes akan membuat penampilan Anda tampak mewah dan elegan. Sifat glossy dari kainnya akan membuat Anda menonjol di bawah cahaya lampu, bahkan ketika cahayanya sedikit redup. Bila Anda memiliki bentuk badan yang proporsional, pakaian berbahan hermes akan membuat penampilan Anda menjadi menawan dan mempesona.

Kain dengan bahan hermes ini tidak mudah melar dan tidak mudah kusut. Karena itu, bila menjahitnya sebagai gamis, sebaiknya jangan dipaskan dengan ukuran tubuh, melainkan harus dibuat longgar agar tidak mencetak lekuk tubuh Anda.

2.   Tidak Tembus Pandang

Kain satin hermes tidaklah tebal, namun ia juga tidak terlampau tipis. Karena itu ia sama-sama cocok digunakan sebagai bahan dasar jilbab dan bisa juga sebagai bahan gamis / baju. Untuk beberapa jenis kain satin yang berwarna terang, biasanya akan terlihat tembus pandang sehingga membutuhkan furing saat digunakan. Namun untuk jenis satin hermes, anda tidak perlu menambahkan furing karena kerapatan kainnya sangat baik dan membuatnya tidak transparan.

Baca juga : Bahan Spandek : Harga, Spesifikasi, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

3.   Mudah Dicucinya

Pakaian berbahan hermes akan mudah dicuci karena sifatnya ringan. Noda pun dapat hilang dengan lebih cepat hanya dengan sekali kucek saja. Bila dijemur, kain satin jenis hermes juga cepat kering dan bisa langsung dikenakan tanpa menyetrikanya lebih dulu. Sebab, sifat kainnya tidak mudah kusut.

4.   Pas di wajah

Bila menggunakan jilbab bahan hermes, Anda tak akan kesulitan. Sebab, bahan kain satu ini akan mengikuti bentuk wajah anda tanpa bantuan ciput topi / mika hijab. Bagi Anda yang berwajah bulat, mungkin sifat kain ini akan sedikit merugikan. Namun Anda bisa mengakalinya dengan sedikit memajukan jilbab sampai ia menutupi setengah pipi dan sematkan pin dengan posisi lebih mendekati dagu.


5.   Bahan Berkualitas Terbaik

Bahan kain hermes sangatlah halus dan memberi kesan dingin saat terkena kulit. Karena itu, banyak orang menggunakan kain ini sebagai bahan dasar pembuatan sprei, piyama, dan pakaian dalam. Sebab, efeknya akan memberikan rasa nyaman dan rileks pada tubuh sehingga kualitas tidur yang Anda miliki akan lebih baik saat bersentuhan dengan kain satu ini.

kain hermes 5
Gamis berbahan Hermes

Kekurangan Hijab dan Pakaian Berbahan Kain Hermes

Walaupun memiliki beberapa kelebihan, kain hermes juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah daftar yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda :

1.   Mudah Kotor

Kain hermes kebanyakan memiliki warna yang terang seperti putih, krem, hijau muda, biru muda, merah muda, kuning, salem, dan warna-warna terang lainnya. Karena itu, kain ini akan langsung terlihat saat terkena noda. Kerapatannya yang sangat baik juga membuat kain ini mudah menyebarkan noda tersebut. Satu titik saja noda terpercik, ia akan mudah terpolarisasi dan menyebar menjadi satu bulatan yang besar.

Untuk menghindari hal ini terjadi, Anda harus bersikap lebih hati-hati ketika mengenakan pakaian berbahan hermes. Pastikan bahwa Anda selalu mengecek tempat duduk terlebih dulu apakah kotor atau tidak agar pakaian Anda tetap bersih. Ketika mengambil makanan juga harus lebih hati-hati agar tidak sampai mengotori baju / hijab hermes Anda.

2.   Kurang Fleksibel

Sifat bahan hermes yang paling tidak menyenangkan adalah fleksibilitasnya yang tidak bisa dikompromi. Kain ini tidak bisa melar sedikit pun, sehingga bila berat badan Anda naik sedangkan pakaian berbahan hermes yang Anda miliki ukurannya pas, baju tersebut sudah tidak akan bisa dipakai lagi. Jadi pastikan Anda membuatnya longgar agar bila berat badan naiknya tidak terlalu drastis, baju hermes ini akan tetap bisa digunakan.

3.   Sulit Dijahit

Mengingat bahannya yang licin, bahan hermes ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi saat dijahit. Anda tidak bisa membayangkan desain baju dengan detail yang rumit bila menggunakan kain hermes sebagai bahan dasarnya, karena bahannya akan mudah rusak. Bahkan, untuk hermes yang tipis, penjahit membutuhkan bantuan koran saat menjahit baju agar kainnya tidak lari ke sana ke sini.


4.   Pencucian

Bagi Anda yang selalu menggunakan mesin cuci, kain hermes ini mungkin akan menjadi pengalaman yang seru. Sebab, ia harus dicuci secara manual dengan tangan. Bila memaksa menggunakan mesin cuci, bisa jadi pakaian atau hijab berbahan hermes milik Anda ini akan rusak. Walaupun begitu, mencuci pakaian berbahan hermes tidak akan menyulitkan. Sebab, kainnya sangat ringan, mudah diperas, dan pastinya akan cepat kering saat dijemur.

5.   Butuh Teknik Menyetrika Khusus

Saat menyetrika kain satu ini, pastikan suhu setrikanya tidak terlalu panas. Sebab, kain akan mudah terbakar karena ketebalannya tidak sebaik kain kaos / spandek. Tekstur hermes yang licin juga mungkin akan sedikit menyulitkan saat disetrika. Karena itu, Anda bisa menggunakan alas setrika dari bahan yang tidak licin agar kain hermes tidak mudah berpindah tempat saat disetrika.

Harga Kain Hermes di Indonesia

Harga kain hermes polos umumnya lebih murah dibandingkan dengan harga kain satin hermes yang bermotif. Berdasarkan kualitas kainnya, harga hermes premium juga berbeda dari hermes yang biasa. Range harganya cukup jauh, yakni mulai 36.000 – 150.000 per meternya. Bila ingin mencari harga yang murah, pastikan Anda beli dari penjual tangan pertama ya.

Sekian dulu pembahasan kali ini mengenai bahan dan kain hermes satin. Mudah-mudahan dapat memberi ilmu tentang dunia fashion yang lebih baik bagi Anda. Terima kasih sudah berkunjung ke Ahyanahijab.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *