jersey dari kain drifit warna hijau

Kain Drifit: Spesifikasi, Info Lengkap, & Harga Terbaru

Posted on

Kain drifit begitu terkenal di kalangan produsen baju olahraga. Kain satu ini memang jadi primadona untuk urusan itu. Apa alasannya? Ternyata jawabannya di luar dugaan karena berkaitan erat dengan spesifikasi dan kelebihannya. Agar kamu mengetahuinya, informasi lengkap silahkan baca artikel ini sampai tuntas ya.

Kalau kamu gemar melakukan kegiatan-kegiatan fisik macam olahraga yang mengharuskan banyak gerak, fesyen kamu pastinya harus menyesuaikan. Berbagai bidang olahraga seperti sepak bola, basket, futsal, “cycling”, dan lain sebagainya sangat cocok mengenakan baju dari kain drifit.

 

Spesifikasi bahan drifit

Pada artikel sebelumnya, kita sudah pernah membahas kain dari bahan polyester, nilon, serta katun. Bahan drifit ini merupakan perpaduan dari ketiganya. Tidak heran berbagai kelebihan tiga macam bahan kain tersebut bisa ditemukan pada kain drifit. Kain tersebut cenderung cepat menguapkan cairan karena pori-porinya elastis bisa melebar, halus di permukaan kulit, kuat ikatan seratnya, serta menyerap keringat dengan cepat.

Berdasarkan rasio campuran bahan, kain drifit memiliki beragam jenis. Rasio campuran bahan tersebut juga mempengaruhi tekstur permukaan kain. Simak saja contoh-contoh varian drifit seperti Mtiis, rhabit, wave, smash, erbin, sulkul, Ferrari, polymesh, MU, serta nike dalam pembahasan berikut.

 

Drifit Mtiis

Boleh dikata kalau difit Mtiis termasuk dalam kelas drifit eksklusif atau premium. Ciri-ciri utamanya adalah pemukaan kain yang bertekstur zig zag. Meskipun begitu, tingkat kehalusannya tidak terlalu baik. Namun kekurangan itu ditutupi oleh bahan yang ringan serta menyerap keringat dengan cepat.

Banyak orang memilih bahan ini untuk membuat baju olahraga berkualitas. Contohnya jersey mulai dari olahraga motor, cross, sepak bola, basket, serta lain sebagainya.

 

Drifit rhabit

Drifit satu ini memiliki banyak kesamaan dengan varian drifit lain macam smash serta wave. Salah satu kesamaannya adalah varian kain yang bertekstur beda dengan jenis-jenis drifit lain. Perbedaannya terletak pada lapisan modifikasi berupa penangkal sinar ultra violet dan penolak bakteri. Ini bisa dilakukan berkat campuran polytheine. Ciri utama kain ini adalah motifnya yang seperti belahan ketupat.

 

Drifit wave

Contoh kain drifit wave meteran berwarna biru
Contoh kain drifit wave meteran berwarna biru.
Sumber: www.bahankaosku.com

Kain satu ini lebih mirip dengan drifit smash dibandingkan varian drifit lain. Diberi nama wave karena motif permukaan kain mirip seperti gulungan ombak. Drifit wave juga dilengkapi lapisan anti bakteri. Akibatnya pemakai kain akan terhindar dari gatal saat berkeringat.

 

Drifit smash

Kain drifit satu ini mirip dengan gabus karena motif permukaannya tampak seperti biji timun yang diacak namun menghadap satu arah yang sama. Drifit smash yang berkualitas, motifnya akan memiliki pola khusus seperti bentuk kotak. Karena dilengkapi dengan lapisan anti bakteri, pemakai juga akan terhindar dari bau tidak sedap yang muncul akibat keringat.

 

Drifit erbin

Nama lengkapnya adalah drifit jala erbin. Bentuk motif permukaan kainnya mirip seperti jala dengan lubang seperti bolongan untuk memasukkan benang pada jarum. Drifit jala erbin sendiri tergolong kain drifit dengan permukaan yang lembut, sehingga nyaman digunakan untuk aktivitas luar ruangan.

 

Drifit sulkul

Nama lainnya adalah drifit bobin. Sifat katun sangat kentara sekali pada kain drifit satu ini. Teksturnya lembut serta dingin digunakan di kulit akibat kemampuannya menyirkulasikan udara panas dengan baik. Seringkali dimanfaatkan sebagai bahan utama baju olahraga intens macam sepeda atau jersey lari marathon.

 

Drifit Ferrari

Drifit Ferrari merupakan drifit yang digunakan untuk balap mobil Formula 1. Apakah itu benar? Jangan dianggap serius, ya, meski memang namanya sama.

Varian drifit satu ini, pori-porinya sangat rapat, tidak berat saat dikenakan, juga halus dipakai di permukaan kulit. Daya elastisitasnya juga patut dipuji karena sanggup melar cukup lebar tanpa merusak serat kain. Karena mampu meregang, maka daya serap kainnya sangat bagus akibat pori-pori yang bisa menampung cairan dalam jumlah besar.

 

Drifit polymesh

Disebut juga drifit wafel. Motif pada permukaannya mirip kue wafel. Merupakan bahan drifit kelas tengah dengan kemampuan menyerap cairan dan meregang cukup baik. Harganya juga relatif terjangkau dibanding varian lain.

 

Drifit MU

Drifit dengan tekstur halus dan memiliki motif sisik ikan
Drifit dengan tekstur halus dan memiliki motif sisik ikan.
Sumber: Martimbang Apparel

Meski namanya sama dengan klub sepak bola, tapi berbeda total. Drifit ini merupakan kelas terbaik di pasaran dengan motif seperti sisik ikan. Mampu menyerap cairan dengan cepat, dingin saat digunakan, serta kelebihan-kelebihan lain yang membuatnya masuk ke grade ori.

 

Drifit nike

Drifit dengan motif permukaan seperti lubang jarum. Nama lainnya kain sido. Cocok untuk segala macam jersey olahraga.

 

Kelebihan dan kekurangan drifit

Sekarang kita akan berbicara karakteristik kain yang berpengaruh pada kelebihan serta kekurangannya. Banyak keunggulan drifit yang bisa menjadi daya tarik, namun perhatikan juga kekurangannya supaya kita bisa memperhitungkan untung juga rugi saat memutuskan untuk membeli kain ini. Tanpa panjang lebar lagi, yuk kita bahas.

Kelebihan pertama, kainnya lentur dan elastis karena ada bahan polytheine tetapi juga tebal yang menjadi poin kekurangannya. Lalu kedua, sejuk dipakai saat cuaca panas karena menguapkan cairan. Sayangnya kalau tidak dipanaskan akan mengkerut. Tiga, serat kain yang kuat namun tidak dapat bertahan lama kalau dicuci dengan mesin cuci.

Itulah dia sekelumit tentang pro dan kontra (kelebihan serta kekurangan dari bahan drifit). Selanjutnya, mari kita membicarakan tentang harga kain satu ini di pasaran.

 

Harga di pasaran

Kita bisa membeli kain baik secara meteran maupun berat kilogram. Ada yang menjual drifit secara kiloan mulai dari harga Rp 80.000 (delapan puluh ribu rupiah). Tergolong terjangkau dengan berbagai kelebihannya yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *