Kain Dri Fit
Kain Dri Fit

Kain Dri Fit, Bahan Yang Sering Di Gunakan Untuk Pakaian Olahraga

Posted on

Kamu suka berolahraga? Atau kamu pecinta klub sepakbola? Kalau iya, kamu pasti tahu dong dengan yang namanya jersey bola. Nah, salah satu jenis kain yang digunakan untuk membuat jersey maupun kaos-kaos olahraga lainnya adalah kain Dri Fit.

Bahan yang sangat populer di industri sport ini memang memberikan kenyamanan kepada penggunanya agar terhindar dari keringat berlebih kala olahraga. Pasalnya, bahan dari Dri Fit dapat menjaga penggunanya untuk tetap kering dan juga memberi rasa sejuk kala digunakan untuk olahraga. Nah, ingin lebih melihat bagaimana sih spesifikasi, jenis, keunggulan, kekurangan, dan juga harga kain satu ini? Yuk, langsung aja deh simak ulasannya di artikel berikut ini!

Spesifikasi Bahan Kain Dri Fit

Bahan Dasar Dryfit
Bahan Dasar Dryfit

Kain Dri Fit sesungguhnya merupakan salah satu jenis kain yang terbuat dari campuran Spandex, Polyester, dan Nilon. Itulah mengapa kain ini bersifat padat namun juga lentur. Beberapa merk terkenal di dunia yang menggunakan kain ini untuk produknya adalah brand Appareal Nike dan Adidas. Bedanya, Adidas menggunakan teknologi ClimaCool yang digadang-gadang dapat mengefektifkan suhu tubuh kala berolahraga.



Sebenarnya, Dri Fit dan ClimaCool merupakan dua sistem yang sama, yakni berguna untuk menjaga temperatur tubuh. Pasalnya, kedua teknologi ini dapat menyerap keringat, menghantarkan panas agar bisa keluar dari tubuh, dan juga menghilangkan kelembaban. Nah, itulah mengapa Dri Fit dan ClimaCool bisa diibaratkan sebuah jendela pada rumah karena kemampuannya dalam mengatur ventilasi udara yang tidak bisa digantikan oleh bahan lainnya.

Bahan DriFit Yang Banyak Jenisnya

Mungkin selama ini kamu hanya memakai kain Dri Fit dan mengenalnya 1 jenis saja. Padahal, kain ini memiliki beberapa jenis lho, yaitu :

  1. Dri-Fit Mtiis

Kain jenis ini merupakan salah satu jenis Dri Fit terbaik karena berpori-pori zig-zag dan berkarakteristik halus. Selain itu, Dri Fit Mtiis juga sangat lembut, ringan, dan gampang menyerap keringat.

  1. Dri-Fit Nike

Salah satu varian Dri Fit yang berpori-pori seperti lubang jarum ini sangat populer sebagai bahan jersey bola, sepeda, maupun jenis pakaian olahraga lainnya.

  1. Dri-Fit Polymesh

Kain yang juga dikenal dengan nama Dri Fit Wafel ini bertekstur seperti kue waffle dan cukup elastis. Selain itu, sifatnya yang sejuk kala dipakai ini juga membuat Polymesh kerap dijadikan untuk bahan kostum pakaian olahraga seperti sepak bola, sepeda, hingga basket.

  1. Dri-Fit MU

Bermotif bak sisik ikan, kain yang juga dikenal dengan nama Dri Fit Grade Ori ini sangat ringan dan adem sehingga juga kerap dijadikan bahan untuk jersey sepak bola.

  1. Dri-Fit Ferrari

Memiliki pori-pori rapat namun berkarakter ringan dan lembut, bahan Dri Fit satu ini sangat pas untuk bahan jersey trail cross. Pasalnya, Dri Fit Ferrari mempunyai daya serap dan stretch yang tinggi.



  1. Dri Fit Sulkul

Kain yang juga dikenal dengan nama Dri Fit bobin ini bertekstur lembut dan sejuk sehingga juga sangat pas untuk jersey pakaian olahraga.

  1. Dri-Fit Jala Erbin

Kain satu ini memiliki pori-pori seperti lubang jarum dengan tekstur lembut sehingga sangat pas digunakan untuk jenis pakaian olahraga outdoor.

  1. Dri-Fit Smash

Kain satu ini dikenal sangat baik menangkal sinar UV dan menghalau bakteri yang menimbulkan bau tidak sedap saat berolahraga.

  1. Dri-Fit Wave

Sama sepertii Dri Fit Smash, kain satu ini juga sangat baik dalam menangkal UV dan termasuk anti bakteri.

  1. Dri Fit Rabbit

Terakhir, ada kain Dri Fit Rhabit yang fungsinya sama dengan Dri Fit Wave maupun Smash, yakni anti UV dan anti bakteri. Ketiganya hanya dibedakan dari corak masing-masing saja.

Kelebihan Kain Bahan Dri Fit

Dikenal sebagai bahan jersey olahraga terbaik, kain Dri Fit memang memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki bahan lainnya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu kelebihan kain jenis ini adalah sifatnya yang mudah kering dan sejuk kala dipakai. Lalu, apakah kain ini memiliki kelebihan-kelebihan lainnya?

Baca Juga : Kain Wol, Penghalau Dingin yang Memiliki Sejuta Kelebihan

Tentunya iya. Selain cepat kering dan sejuk, bahan Dri Fit juga sangat ringan, mudah dicuci, dan lembut. Dikenal memiliki pori-pori besar, kain ini sangat ampuh untuk menyerap keringat dan menguapkannya dengan cepat. Kain ini juga bisa menjaga bau badan selama berolahraga karena sifatnya yang anti bakteri. Itulah mengapa suhu tubuh dapat terkontrol dengan baik kala menggunakan jenis Dri Fit.



Tidak hanya itu, bahan Dri Fit juga sangat nyaman digunakan untuk bergerak. Meski bertekstur tebal, kuat, dan tahan dengan gesekan, pakaian yang terbuat dari bahan ini anehnya sangat lentur kala digunakan. Maka tidak heran jika banyak produsen kaos olahraga yang menggunakan kain ini untuk bahan baku mereka.

Kekurangan Dari Bahan Dri Fit

Meski dikenal memiliki berbagai kelebihan, tentunya Dri Fit tidak lepas dari yang namanya kekurangan. Kain satu ini sayangnya dikenal sangat sulit untuk disablon karena sifat kainnya yang memang padat dan tebal. Itulah mengapa banyak produsen kaos olahraga yang hanya membordir atau bahkan bermain warna saja dalam mengeluarkan seri pakaian mereka.

Harga Kain Dri-Fit Terbaru

Jika kalian melihat ke pasaran, harga jersey bola dan juga pakaian-pakaian olahraga lainnya sangat bervariasi. Hal tersebut dipengaruhi oleh kualitas dan tentu jenis kain itu sendiri. Oleh sebab itu, harga kain ini juga bermacam-macam ya guys.

Demikian ulasan mengenai bahan Dri Fit untuk penyerap keringat ini. Semoga berguna.

3 thoughts on “Kain Dri Fit, Bahan Yang Sering Di Gunakan Untuk Pakaian Olahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *