Kain diamond crepe
Kain diamond crepe

Kain Diamond Crepe : Jenis, Spesifikasi dan Harga

Posted on

Kain Diamond Crepe – Bagi perempuan yang berhijab, apalagi produsen hijab, tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis kain diamond crepe. Jenis kain diamond crepe ini sendiri memang banyak digunakan untuk dijadikan hijab. Mulai dari jilbab pashmina, jilbab segi empat, hingga pashmina instan yang beberapa waktu belakangan menjadi trend berjilbab di kalangan hijaber. Nah, kali ini ahyanahijab.com akan sedikit membagikan tentang jenis, spesifikasi dan kisaran harga kain diamond crepe. Simak yuuk

Jenis Kain Diamond Crepe : Diamond Georgette dan Diamond Italiano Sama?

Sebagai produsen hijab, tentu di toko kain anda akan sering mendengar atau menjumpai beberapa sebutan untuk jenis kain diamond crepe ini. Ada yang menyebutnya dengan diamond crepe italiano, ada yang menyebutnya sebagai diamond crepe georgette dan ada pula yang menyebutnya dengan sebutan diamond crepe georgette italiano. Namun, sebenarnya, jenis itu, baik georgette maupun italiano, sebenarnya hampir sama. Perbedaan antara kain diamond georgette dan diamond italiano sebenarnya hanya sedikit sekali.

Baca Juga : Cara Produksi Jilbab Sendiri dengan Mudah

Baca Juga : Rekomendasi Style Jilbab Trendy yang Syar’i dan Menutup Dada

Persamaannya adalah, baik diamond crepe georgette dan diamond crepe italiano sama-sama memiliki tekstur jeruk dan ketebelannya pun bisa dikatakan hampir sama. Karakteristik dari diamond crepe italiano sendiri adalah cukup melar, jatuh dan ringan. Dan diamond crepe georgette adalah jenis kain yang lebih kasar dan dan lebih melar ketimbang diamond crepe italiano.



Anda bisa melihat gambar di bawah ini untuk melihat perbedaan antara diamond crepe italiano dan diamond crepe georgette secara sekilas:

Kain diamond crepe
Kain diamond crepe

Apabila dibandingkan dengan diamond crepe georgette, diamond crepe italiano lebih halus. Tekstur jeruk untuk kain diamond cerepe pun mempunyai banyak tingkatan. Ada yang tekstur jeruknya sangat kentara ada yang tidak. Dan untuk tekstur jeruk dari diamond crepe italiano dan diamond crepe georgette ini sebenarnya hampir sama. Hanya saja, kedua kain yang bisa disebut kakak beradik ini, masih memiliki beberapa perbedaan lainnya.

Jadi, sebenarnya, kain diamond crepe georgette dan diamond crepe italiano adalah dua jenis kain yang berbeda. Akan tetapi, kedua jenis kain ini masuk dalam satu rumpun jenis kain, yakni kain crepe.

Spesifikasi Kain Diamond Crepe

Seperti disebutkan diatas, kain diamond crepe memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  1. Bertekstur jeruk
  2. Lentur dan ringan
  3. Jatuh ketika dipakai
  4. Tidak panas karena jenis kainnya yang tidak terlalu tebal
  5. Tidak tahan suhu panas seperti ketika disetrika



Harga Kain Diamond Crepe

Dalam urusan harga, kain diamond crepe sendiri sebenarnya tidak terlalu mahal. Harganya biasanya di kisaran harga Rp. 20.000 – Rp. 30.000 per meter. Ini adalah harga kain diamond crepe baik georgette maupun italiano untuk eceran per meter. Anda tentu saja bisa mendapatkan harga yang lebih murah apabila anda mengambil dalam jumlah yang banyak. Misalnya, anda akan mendapatkan harga yang lebih murah apabila anda membeli kain diamond crepe ini secara roll-roll an di distributor kain. Sayangnya, ketika anda membeli kain roll-roll an, tentu modal yang harus anda keluarkan tidaklah sedikit. Sebab, satu roll yang hanya satu ukuran saja, harganya bisa mencapai kisaran 1 – 2 juta rupiah. Tergantung panjang-pendeknya roll.

Tips dalam Membeli Kain Diamond Crepe

Karena banyaknya jenis kain diamond dan jenis kain crepe, anda butuh beberapa tips berikut ketika hendak membeli kain berjenis diamond crepe ini. Berikut tips yang bisa kami berikan:

Pertama, Raba dan Teliti Kain yang Hendak anda Beli.

Dalam membeli kain, usahakan jangan membeli online agar anda bisa mengecek dan meraba tekstur kain yang hendak anda beli secara langsung. Hal ini penting karena ketika anda membeli kain secara online, anda tidak bisa mengecek dan merabanya secara langsung. Meskipun, kami bukannya tidak memperbolehkan sama sekali membeli kain secara online. Apabila anda hendak membeli kain secara online, pastikan meminta foto yang jelas kepada penjual sehingga anda bisa melihat tekstur kain tersebut.

Kedua, Pastikan Harganya Rasional.



Ketika harga suatu kain di bawah atau di atas pasar secara tidak rasional, anda harus bertanya-tanya, apakah benar harganya segitu? Apabila harganya terlalu murah, anda bisa meragukan, apa betul itu jenis kain diamond crepe yang harganya di kisaran Rp. 20.000 – Rp. 30.000? Kalau harganya di bawah itu, bisa jadi kain itu bukan kain diamond crepe georgette atau diamond crepe italiano. Bisa jadi itu adalah kain diamond cerutti yang lebih tipis dari diamond crepe italiano dan diamond crepe georgette.

Ketiga, Tawar!

Apabila anda membeli eceran di toko kain, anda bisa mencoba untuk menawar harganya agar mendapatkan harga yang lebih murah. Terlebih, apabila anda membelinya dalam jumlah banyak, tentu anda bisa menawarnya agar harga yang diberikan jauh lebih murah dari harga eceran per meter. Sebab, dengan anda membeli dalam jumlah banyak, bagaimanapun, toko kain juga diuntungkan karena stok dagangan mereka akan cepat habis sehingga uang hasil penjualannya bisa diputar untuk dijadikan modal lagi. Jadi, jangan ragu untuk menawar!

(Ahyana Hijab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *