Bahan denim
Source : Olympic30

Fakta Menarik Bahan Denim yang Wajib Kamu Ketahui

Posted on

Di dalam industri fashion dunia, ada banyak sekali jenis kain yang digunakan sebagai bahan dasar dalam membuat berbagai produk, misalnya baju, celana, topi, tas, hingga sepatu. Nah, salah satu bahan kain yang populer dan sering digunakan sebagai bahan baku adalah denim. Berbicara mengenai bahan denim, ada banyak sekali hal-hal menarik yang patut untuk dibahas. Mulai dari spesifikasinya, berbagai macam jenis-jenis kainnya, hingga kelebihan dan kekurangan.

Selain itu, tentunya sebagai fashion enthusiast, kita sangat ingin tahu dong berapa sih harga bahan kain denim per meternya. Nah, daripada bertanya-tanya dan dibuat penasaran dengan bahan satu ini, yuk langsung aja deh simak ulasannya dalam artikel berikut ini. Check this out!

Spesifikasi Bahan Denim

Bahan denim merupakan satu dari sekian banyak jenis kain yang cara pembuatannya dilakukan melalui proses tenun. Serat katun yang berwarna biru dan putih ditenun sedemikian rupa hingga jadilah denim itu sendiri. Penggunaan serat putih sebagai lungsi tentu menjadi salah satu alasan mengapa bagian dalam kain denim tidak berwarna biru seperti bagian luarnya, melainkan berwarna putih. Adapun bahan dasar untuk membuat denim adalah bahan Twill Weave atau yang biasa disebut tenun silang kepar. Maka tidak mengherankan jika ciri khas denim adalah garis tenun diagonalnya.



Jenis-Jenis Denim

Meski dikenal sebagai satu dari beberapa jenis kain yang terkesan monoton, namun jangan salah! Ternyata bahan denim memiliki berbagai macam jenis lho. Kira-kira apa aja ya? Simak berbagai macam jenis denim dibawah ini guys!

  1. Dry Denim

Jenis denim yang dikenal juga dengan istilah Raw Denim ini dibuat tanpa melalui proses pencucian sesudah pewarnaan. Itulah mengapa ciri khas kain ini yakni berkarakter kasar dengan warna yang sangat kuat. Contoh dari jenis kain ini adalah denim dengan warna biru yang sangat tajam.

  1. Prewash Denim

Jenis kain yang dikenal berwarna lebih terang dari Dry Denim ini mengalami pencucian dalam proses pembuatannya. Itulah mengapa warna birunya lebih lembut dan terkesan pudar, seolah sudah dicuci beberapa kali sebelumnya.

  1. Selvage Denim

Jenis kain satu ini memiliki ciri khas yaitu berjahit rapi di bagian pinggirannya.

  1. Colored Denim

Denim tidak melulu berwarna biru. Salah satu jenisnya yakni Colored Denim yang mana melewati teknik pewarnaan, entah itu secara tradisional maupun melalui pewarnaan sulphur.

  1. Ramie Denim

Sama seperti namanya, Ramie Denim terbuat dari campuran serat rami yang bermanfaat untuk memperhalus kain. Selain itu, pencampuran rami juga bisa untuk mengurangi kerutan dan menjadikan kain tidak mudah kotor karena penyerapan airnya lebih mudah.

  1. Stretch Denim

Jenis bahan denim ini dibuat dengan pencampuran bahan elastis sekitar 2-3% saja. Itulah mengapa Stretch Denim sering dipakai untuk jeans wanita.

  1. Poly Denim

Sama dengan namanya, Poly Denim dibuat dari campuran Polyester yang mana membuat kain terasa lebih ringan. Poly Denim sangat cocok dipakai kala ada acara formal atau semi formal.

  1. Black Coated Denim

Kain satu ini sangat unik karena dilapisi bahan akrilik hitam untuk membuat kain lebih awet digunakan. Campuran akrilik ini juga membuat warna denim tidak biru, melainkan hitam.



Kelebihan Bahan Denim Original

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahan denim yang biasanya terbuat dari 100% bahan katun atau campuran bahan terbaik lainnya membuat kain ini tidak pernah sepi penggemar. Selain awet, denim juga mudah dicuci, bertekstu lumayan tebal, dan sekarang ini tersedia berbagai macam warna. Nah, selain beberapa kelebihan tersebut, denim juga memiliki kelebihan-kelebihan lain yang tidak kalah bagus. Penasaran? Berikut berbagai kelebihan denim, yaitu :

  • Nyaman Dikenakan

Meski bertekstur sedikit tebal dan kuat, denim nyatanya sangat nyaman digunakan lho. Bentuk tekstur kain satu ini bisa menyesuaikan bentuk tubuh sehingga terkesan membalut tubuh dengan pas. Denim tidak terasa panas kala digunakan di musim panas dan juga tidak terasa dingin kala dipakai di musim dingin.

  • Sangat Stylish Jika Digunakan

Selain nyaman, denim juga bisa terlihat modis digunakan. Untuk acara semi formal, biasanya para fashion enthusiast menggunakan denim dengan kemeja untuk mempertegas casual – formal look mereka.

Kekurangan Pada Denim

Sayangnya meski memiliki sejuta kelebihan, bahan denim juga tidak luput dari adanya kekurangan. Nah, salah satu kekurangan yang ada pada denim adalah rentan dipalsukan. Hal ini sangat wajar mengingat denim begitu populer dan kerap dipakai banyak orang. Untuk itulah diperlukan kehati-hatian saat ingin membeli denim berkualitas karena tentu kita harus bisa membedakan mana jenis yang asli dan mana yang hanya tiruan.

Baca Juga : Kain Oxford, Ketahui Lebih Detail Tentang Bahan Hijab Ini

Selain rawan dipalsukan, denim juga memiliki kekurangan di bagian model. Tidak seperti bahan lainnya, bahan satu ini tidak mudah dikreasikan ke berbagai bentuk. Hal ini mungkin tidak lepas dari tekstur tebal dan kuat yang dimiliki oleh denim.

Harga Bahan Denim

Sekarang ini, harga denim sangat beragam. Tentunya kamu perlu mengeluarkan kocek yang sedikit tinggi untuk membeli bahan denim berkualitas bagus. Berbeda jika kamu ingin membeli kualitas yang biasa, maka harga yang kamu keluarkan tidak perlu terlalu besar.

Demikianlah ulasan mengenai denim. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *