cara wantek baju 1
Membilas

Cara Wantek Baju dengan Benar dan Mudah!

Posted on

Punya baju putih yang tak lagi putih? Atau punya baju yang warnanya luntur? Ingin mewantek tapi tidak tahu cara wantek baju yang benar? Kalau semua jawaban dari semua pertanyaan itu adalah Ya, maka silahkan lanjutkan membaca cara wantek baju dengan benar dan mudah yang akan kami berikan berikut ini.

Baju putih yang tak lagi putih atau warna baju yang sudah luntur, tentu akan membuat kita sedikit jengkel. Sebab, kesan bahwa baju anda murahan akan tampak terlihat jika warna baju anda luntur. Oleh karena itu, untuk mengembalikan warna baju sebagaimana semula, anda perlu untuk mewanteknya. Lalu, bagaimana sih cara wantek baju yang benar?

Persiapkan Alat untuk Mewantek Baju

Sebelum anda memulai ke step by step cara wantek baju, anda perlu menyiapkan dulu peralatan untuk mewantek. Apa saja peralatan itu?

Baca Juga :Β Bahan Cotton Fleece : Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Baca Juga :Β Kain Paragon : Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan dan Kegunaannya

1. Kompor

Kompor digunakan untuk merebus baju yang hendak anda wantek nantinya.

2. Panci atau Alat Perebus Lainnya

Panci ini nantinya akan digunakan untuk merebus baju yang hendak anda wantek. Anda bisa juga menggunakan selain panci, misal dandang dan lainnya. Yang penting muat dengan jumlah baju yang hendak anda wantek nantinya.

3. Alat Pengaduk

Pengaduk ini diperlukan untuk mengaduk baju yang anda wantek ketika direbus nantinya.

4. Sarung Tangan

Sarung tangan ini berguna untuk mengangkat baju hasil wantekan anda untuk melindungi tangan anda dari pewarna.

5. Air

Mau merebus pakai apa jika tidak ada air bukan? Anda membutuhkan air ini untuk merebus baju yang hendak anda wantek nantinya.

6. Wantek

Namanya juga mau mewantek, jelas kita butuh wantek lah. Masa butuh oli. hehe



7. Jemuran

Jemuran ini nantinya berguna untuk menjemur baju hasil wantekan anda nantinya.

8. Pakaian

Mau mewantek pakaian kok nggak ada pakaiannya, kan nggak lucu. Jadi persiapkan juga mana saja baju yang hendak anda wantek.

9. Setrika

Setelah menjemur baju hasil wantekan, anda butuh untuk menyetrikanya. Oleh karena itu, anda juga butuh mempersiapkan setrika.

Kira-kira, hanya itu bahan dan alat yang perlu anda persiapkan untuk mewantek baju. Cukup mudah dan gampang untuk mendapatkannya bukan?

Setelah anda mempersiapkan semua alat dan bahan untuk mewantek, selanjutnya ikuti step by step cara wantek baju berikut ini:

Step by Step Cara Wantek Baju

1. Menyortir Pakaian

cara wantek baju 6
Menyortir Pakaian

Step pertama untuk wantek baju adalah memilih dan memilah, mana saja pakaian, baju dan celana yang hendak anda wantek. Pilah pakaian yang memiliki warna yang sama. Sebab, anda tidak bisa mewantek baju dengan beberapa warna sekaligus. Harus per warna. Oleh karena itu, satukan baju yang memiliki satu warna.

Oh ya, jangan lupa untuk memisahkan jeans dengan pakaian biasa ya. Sebab, jika dikumpulkan, bisa-bisa bahan yang lebih tipis akan sobek ketika diwantek nantinya. Selain itu, jangan terlalu “tamak” dalam mewantek. Artinya, jangan mewantek baju dengan jumlah banyak sekaligus. Bukannya malah meringankan pekerjaan, bisa jadi malah mengacaukan. Sebab, selain butuh tenaga yang lebih besar, resiko mewantek baju dengan jumlah banyak sekaligus adalah tidak meratanya hasil wantekan nantinya. Oleh karena itu, lebih baik mewantek beberapa kali dengan jumlah yang proporsional daripada mewantek sekali dengan jumlah banyak sekaligus.

2. Menyiapkan Perebusan

Step kedua cara wantek baju yaitu dengan menyiapkan perebusan. Anda bisa menggunakan panci atau alat rebus lain yang telah anda siapkan. Ukuran alat perebusan ini tergantung dari jumlah pakaian yang hendak anda wantek nantinya. Akan lebih baik jika anda menggunakan wadah perebusan yang agak besar karena pakaian yang diwantek akan direbus dengan air dan butuh untuk diaduk-aduk. Oleh sebab itu, usahakan wadah yang anda gunakan juga kuat.



Setelah itu, tuangkan air sampai menggenangi seluruh pakaian yang hendak anda wantek. Umumnya, 1-2 bungkus wantek digunakan untuk air dengan kisaran 3 liter. Anda juga bisa menambahkan 1-2 sendok makan garam ke air yang hendak anda gunakan untuk mewantek ini. Terakhir yang tak kalah penting, jangan nyalakan air terlalu besar agar air dapat mendidih dengan merata dan wantek bisa meresap ke pakaian anda dengan merata pula.

3. Gunakan Sarung Tangan

cara wantek baju
Sarung Tangan untuk Mewantek

Selanjutnya, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan. Sebab, saat mewantek baju, wantek akan mudah sekali menempel di tangan. Sebab, ketika wantek menempel di tangan atau kuku, akan sulit sekali dihilangkan. Oleh karena itu, anda butuh menggunakan sarung tangan ketika hendak mewantek baju.

Sarung tangan ini jangan terlalu tipis. Usahakan untuk menggunakan sarung tangan yang agak tebal agar tangan anda bisa terlindung dari uap panas air rebusan wantek. Kalau sudah memakai sarung tangan yang aman, silahkan celupkan pakaian anda ke air wantek di wadah perebusan yang telah anda siapkan.

4. Merebus

cara wantek baju 2
Merebus Baju

Setelah anda memasukkan semua pakaian yang hendak anda wantek, silahkan nyalakan api kompor anda dan mulailah untuk merebus. Durasi merebus ini kurang lebih 15 hingga 30 menit. Durasi perebusan ini juga tergantung dari banyaknya pakaian yang anda wantek. Apabila pakaian yang anda wantek cukup banyak, tentu butuh waktu lebih untuk merebusnya karena air yang banyak, wadah yang besar serta baju yang banyak akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendidih.

5. Mengaduk Rebusan Wantek

cara wantek baju 5
Mengaduk Rebusan Wantek

Ketika anda merebus pakaian yang anda wantek, jangan lupa untuk mengaduknya. Gunakan alat pengaduk yang telah anda siapkan. Enaknya sih menggunakan kayu panjang agar lebih gampang. Tapi ingat, anda juga tidak perlu mengaduk terus-terusan baju wantekan yang anda rebus. Cukup sesekali saja mengaduknya. Asal pakaian anda bisa kena wantek dengan merata dan tidak hanya beberapa bagiannya saja yang terkena wantek.



6. Mengangkat Hasil Wantekan

cara wantek baju 3
Mengangkat Hasil Wantekan

Setelah anda rasa cukup dalam merebus pakaian, umumnya maksimar 30 menit, angkat rebusan wantek anda. Diamkan hingga air tidak lagi panas. Anda bisa juga langsung mengangkat baju yang telah anda rebus dalam air wantek ini lalu menjemurnya.

7. Membilas

cara wantek baju 1
Membilas

Jangan kira setelah mengangkat rebusan wantek sudah selesai proses pewantekan. Setelah baju dan air yang digunakan untuk merebusnya sudah dingin, bilas pakaian yang telah anda rebus dalam air wantek tersebut. Hal ini berguna agar sisa-sisa pewarna tidak menempel di pakaian yang anda wantek. Proses pembilasan ini pun tidak cukup hanya dengan sekali bilas. Usahakan minimal membilas baju yang telah anda wantek ini sebanyak 5 kali.

Tenang saja, meskipun anda bilas berkali-kali, warna baju yang telah anda rebus di air wantek tadi tidak akan pudar kok. Dalam mewantek, warna dari hasil wantekan tidak muncul seketika, tapi membutuhkan proses. Oleh karena itu cara wantek baju selanjutnya, tidak lain adalah menjemur.

8. Menjemur Baju Hasil Wantekan

cara wantek baju 7
Menjemur Pakaian Hasil Wantekan

Dalam mewantek, ada istilah oksidasi. Proses ini adalah pemunculan warna pakaian. Nah, proses ini biasanya terjadi ketika anda menjemur hasil wantekan anda. Selain berguna untuk oksidasi, penjemuran ini juga berguna untuk penghilangan aroma pewarna yang menyengat. Jemur pakaian hasil wantekan anda hingga benar-benar mengering jika ingin hasil wantekan yang memuaskan. Sebab, matahari akan membantu warna pakaian anda tidak mudah memudar setelah diwantek.

9. Menyetrika Baju Hasil Wantekan

cara wantek baju 8
Menyetrika Baju Hasil Wantekan

Setelah anda menjemur pakaian yang telah anda wantek hingga mengering, jangan lupa untuk menyetrikanya. Sebab, selain matahari, panas setrika juga dapat membantu warna pakaian yang telah anda wantek bisa bertahan lebih lama. Setelah itu, anda bisa langsung menggunakan pakaian hasil wantekan yang telah anda setrika dengan rapi dengan warna yang lebih cerah tentunya.

 

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara wantek baju ini? Kalau anda membaca step by step cara wantek baju ini dan mempraktekkannya dengan teliti satu per satu, dijamin hasil wantekan anda tidak akan mengecewakan.

Jika anda masih bingung mengenai cara wantek baju ini, mari kita diskusikan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat πŸ™‚

 

(Ahyana Hijab)

31 thoughts on “Cara Wantek Baju dengan Benar dan Mudah!

  1. Warna dipanci bekas merebusnya hilang atau membekas ya
    Merebus dengan warna berbeda harus dipanci yang sama atau ganti panci
    Terimakasih sebelumnya…

  2. Sebelum tahap perebusan,,
    Apakah kondisi baju yg akan diwantek harus dibasahi terdahulu,atau
    Dalam keadaan kering langsung dicelupin ke rebusan?

    1. Bisa dua-duanya. Cuma kalau bajunya kering, otomatis akan menyerap airnya sehingga butuh air lebih banyak ketimbang pas masukin baju dalam kondisi basah.

    1. Bisa dua-duanya. Tapi kayaknya lebih baik pas udah mulai mendidih. Kalau bajunya bisa dimasukin kalau udah mulai mendidih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *