cara produksi jilbab sendiri 10
Pashmina Instan Dua Lubang atau Dua Loops

Cara Produksi Jilbab Sendiri dengan Mudah

Posted on

Cara Produksi Jilbab Sendiri – Jilbab sekarang sudah menjadi trend fashion tersendiri. Oleh karena itu, wajar apabila banyak orang ingin mulai berbisnis jilbab karena melihat pasar jilbab yang begitu besar. Masalahnya, ketika ingin berbisnis jilbab, apabila kita ingin menjadi produsen, biasanya kita akan berpikir bagaimana cara produksi jilbab sendiri?

Dengan memahami cara produksi jilbab sendiri secara mandiri dan mempraktekkannya sendiri, tentu saja kita bisa memangkas biaya produksi jilbab. Sebenarnya, cara produksi jilbab sendiri ini terbagi menjadi dua. Pertama, cara produksi jilbab sendiri tanpa keterampilan menjahit. Kedua, cara produksi jilbab sendiri dengan keterampilan menjahit.

Baca Juga : Rekomendasi Style Jilbab Trendy yang Syar’i dan Menutup Dada

Kali ini, ahyanahijab akan sedikit berbagi tentang dua cara produksi jilbab sendiri di atas.

Cara Produksi Jilbab Sendiri dengan Mudah Tanpa Keterampilan Menjahit

1. Pertama-tama, belilah kain. Anda bisa membelinya di toko kain apabila jilbab yang hendak anda produksi berjumlah sedikit. Jangan lupa minta tolong kepada penjaganya untuk sekalian memotongkan kain yang anda beli. Misalnya saja, anda hendak produksi jilbab segiempat, mintalah pada penjaga untuk memotong kain dengan ukuran 115 cm x 115 cm. Namun, apabila produksi jilbab anda sudah cukup banyak, anda bisa membeli kain roll-rollan di distributor kain. Biasanya, minimal pembeliannya adalah per roll. Apabila dirasa harganya masih kurang murah, anda bisa membelinya langsung ke pabrik atau langsung impor. Tapi, tentu saja dengan minimal pembelian yang tidak sedikit.

cara produksi jilbab sendiri
Toko Kain

2. Setelah anda membeli kain, anda cukup membawanya ke penjahit. Jangan lupa untuk menawar harga jahitnya agar biaya produksi anda tidak membengkak.



Nah, inilah cara pertama dalam produksi jilbab sendiri. Sangat mudah. Anda cukup membeli kain ke toko kain lalu membawanya ke penjahit dan tinggal menunggu jilbab anda selesai dijahit. Namun, apabila anda ingin benar-benar memproduksi jilbab sendiri dengan keterampilan menjahit yang anda miliki, maka berikut adalah cara produksi jilbab sendiri dengan keterampilan menjahit.

Baca Juga : Tutorial Hijab Wisuda Terbaru dan Terlengkap

Cara Produksi Jilbab Sendiri dengan Cara Menjahitnya Sendiri

Dalam cara produksi jilbab sendiri kali ini, ahyanahijab akan membagikan cara membuat pashmina instan dua lubang atau dua loops yang belakangan banyak digemari oleh para hijabers. Berikut cara membuat pashmina instan satu lubang dengan mudah:
1. Pertama-tama, siapkan semua perlatan. Berikut peralatan yang dibutuhkan:

  • Pensil kain untuk menandai
  • Jarum jahit benang
  • Meteran
  • Jarum pentul
  • Gunting

2. Kedua, belilah kain untuk produksi anda.

cara produksi jilbab sendiri 1
Kain

3. Setelah itu, potong kain yang anda beli. Untuk pashmina instan, biasanya terdiri dari beberapa ukuran. Ada yang menggunakan ukuran 200 x 75, 175 x 75, 150 x 75 atau bahkan 120 x 75. Ukuran lebar kain biasanya adalah 150 cm. Jadi, anda harus membelahnya menjadi dua bagian. Misalkan, anda membeli kain sepanjang 2 meter (200 cm), maka anda akan memperoleh kain 200 cm x 150 cm. Potonglah lebar kain yang berukuran 150 cm menjadi dua sehingga menjadi ukuran 75 cm. Dengan begitu, dengan membeli 2 meter kain, anda bisa membuat 2 jilbab pashmina instan 1 lubang karena dari hasil memotong kain itu, anda akan memperoleh dua kain berukuran 200 x 75 cm.


cara produksi jilbab sendiri 2
Memotong Kain

4. Jahit semua tepian kain yang telah anda potong.

cara produksi jilbab sendiri 3
Jahit tepi jilbab

5. Setelah itu, lipat sisi kain dengan ukuran 33 cm atau kira-kira 13 inchi. Anda bisa melipat sisi kiri atau kanan, terserah anda. Ingat, ukuran lipatan itu tidak baku, bisa anda ukur sendiri sesuai keinginan anda. Anda juga bisa melipatnya hingga ukuran 40 cm.

cara produksi jilbab sendiri 4
Lipat kain
Sumber foto : www.desniutami.com

6. Ukur sepanjang 28 cm atau 11 inchi dari ujung lipatan dalam cara nomor 5 di atas. Ukuran ini pun sebenarnya tidak baku, bisa menyesuaikan dengan ukuran lebar muka. Biasanya, untuk ukuran lebar muka sedang, anda bisa menggunakan ukuran 28 cm. Untuk ukuran lebar muka yang kecil, anda bisa menggunakan ukuran 26 cm. Setelah itu, jahit sisanya sampai ujung lipatan.

cara produksi jilbab sendiri 5
Jahit
Sumber foto: www.desniutami.com



7. Hasil jahitannya akan tampak seperti gambar di bawah ini

cara produksi jilbab sendiri 6
Hasil Jahitan
Sumber foto: www.desniutami.com

8. Setelah itu, lipat sisi sebaliknya dari nomor 5. Jadi, apabila anda melipat bagian kiri di nomor.5, lipatlah sisi kanan. Kalau di nomor 5 anda melipat sisi kanan, maka di sini lipatlah sisi kiri. Ukuran lipatan kira-kira 58 cm atau 23 inchi dan ukuran ini sebenarnya juga tidak baku, sesuai selera anda.

cara produksi jilbab sendiri 7
Lipat bagian sebaliknya
Sumber foto: www.desniutami.com

9. Dari ujung lipatan, ukur kira-kira sepanjang 30.5 cm. Jahit sedikit saja seperti tanda merah pada gambar di bawah.

cara produksi jilbab sendiri 8
Jahit sedikit
Sumber foto: www.desniutami.com



10. Hasil jahitan nomor 9 akan terlihat seperti gambar di bawah ini

cara produksi jilbab sendiri 9
Hasil jahitan
Sumber foto: www.desniutami.com

11. Lalu, jadi deh, jilbab pashmina instan dua lubang atau dua loops produksi sendiri seperti gambar di bawah ini

cara produksi jilbab sendiri 10
Pashmina Instan Dua Lubang atau Dua Loops

 

Bagaimana? Cukup mudah kan cara produksi jilbab sendiri yang kami bagikan? Bagi anda yang ingin memproduksi jilbab sendiri, anda bisa mempraktekkan cara di atas. Bisa cara nomor satu apabila ingin lebih mudah, cepat, tanpa keterampilan akan tetapi dengan membutuhkan sedikit biaya tambahan untuk menjahit. Atau, anda bisa mempraktekkan cara nomor dua yang butuh keterampilan menjahit dan tentunya membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih banyak. Semua terserah anda tentunya.

Mengutip Bang Haji Rhoma Irama yang bilang kalau banyak cara menuju Roma, maka di sini, banyak cara untuk membuat atau memproduksi jilbab. Tinggal melihat sesuai kebutuhan anda saja, apakah anda lebih cocok dengan cara nomor satu atau nomor dua.

 

Selamat mencoba. Semoga berhasil.

(Ahyana Hijab)

One thought on “Cara Produksi Jilbab Sendiri dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *