wanita menyisir rambut panjang adalah salah satu cara merawat rambut bercabang

Cara Merawat Rambut Bercabang Lengkap dan Ampuh

Posted on

Cara merawat rambut bercabang perlu kamu ketahui supaya kerusakannya tidak makin parah. Atau semoga malah masalah teratasi dan rambut jadi indah berkilau. Caranya cukup mudah, kamu bisa memilih menggunakan beberapa metode. Baik metode alami, perawatan rutin, atau menggunakan asupan eksternal dari bahan kimia. Misalnya dengan memanfaatkan lidah buaya, orang-aring, vitamin E bentuk kapsul, atau pergi ke salon perawatan rambut.

Sebelum mengetahui cara merawat rambut bercabang, lebih baik lagi kalau kita memahami penyebabnya di artikel sebelumnya. Pastikan kamu sudah mengetahuinya, agar tidak ada lagi kasus rambut bercabang yang muncul akibat salah perlakuan pada rambut. Karena ini wawasan penting untuk menunjang penampilan yang menawan, jangan lewatkan ya.

Yuk, tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas cara merawat rambut bercabang secara lengkap.

 

Cara merawat rambut bercabang secara lengkap dan ampuh terbukti

Ada tiga cara yang bisa kita lakukan untuk merawat rambut bercabang. Pertama, dengan memberikan nutrisi langsung dari bahan alami. Kedua, melalui konsumsi olahan bahan alami yang telah diekstrak dengan bahan kimia. Lalu terakhir, melalui perawatan fisik secara rutin.

Cara merawat rambut bercabang dengan bahan-bahan alami

Bahan-bahan alami untuk merawat rambut dapat diperoleh dari berbagai macam sumber. Misalkan saja lidah buaya, orang-aring, dan lain sebagainya. Cara ini praktis, apalagi buat kamu yang sudah memiliki bahan-bahan alami seperti lidah buaya yang biasa digunakan sebagai tanaman hias di depan rumah.

Sebenarnya ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan, tidak hanya lidah buaya dan orang-aring saja. Namun memang dua tanaman ini banyak direkomendasikan karena khasiatnya yang luar biasa. Tidak hanya memberikan nutrisi pada rambut, tetapi juga mengembalikan warna alami serta membuat rambut jadi lebih mudah diatur. Ini diakibatkan kandungan B12 serta asam folic yang dapat membantu menyuburkan serta memperkuat akar rambut.

Cara penggunaannya cukup mudah, cukup dengan memotong lidah buaya. Ambil gel di dalamnya dan gosok perlahan mulai dari akar hingga ujung rambut. Lakukan secara merata, lalu diamkan hingga mengering baru dibilas.

gel lidah buaya adalah bahan alami untuk kesehatan rambut
Gel lidah buaya adalah bahan alami untuk kesehatan rambut.
Sumber: Orami Parenting

Tanaman-tanaman lain sebagai bahan alami yang bisa digunakan ialah kemiri, teh hijau, madu, telur, alpukat, dan oatmeal. Teh hijau memiliki folikel yang dapat menumbuhkan rambut dengan lebih lebat sehingga mencegah percabangan. Bahan baik lainnya ialah madu karena memiliki kandungan protein, mineral, juga bermacam-macam vitamin. Sehingga madu sangat disarankan apalagi untuk kamu yang menderita kerontokan parah hingga kebotakan.

Ada juga yang memanfaatkan telur sebagai bahan alami lain. Telur memiliki kandungan protein dan asam amino esensial. Kedua kandungan tersebut akan mencegah rambut bercabang, memperbaiki, sekaligus melembutkan sehingga rambt menjadi halus.

Bahan selanjutnya ialah alpukat. Hasil maksimal akan terlihat apalagi kalau dicampur dengan madu. Cara pemakaiannya lumayan berbeda, yaitu dengan membalurkan alpukat dan madu ke seluruh lapisan rambut, lalu ditutup dengan handuk. Biarkan mengendap selama 30 menit, lalu dibuka dan bilas sampai bersih.

Bahan alami selanjutnya ialah oatmeal. Biasanya bahan ini dijadikan sebagai sereal pengganti nasi, namun karena kandungannya yang bagus juga bisa dipakai menyuburkan rambut. Oatmeal akan berdampak maksimal untuk rambut jika dipakai bersama dengan susu dan minyak almond sebagai masker rambut. Cara pemakaiannya tidak jauh beda dengan bahan-bahan alami lain, terutama telur. Rambut lebat bebas dari percabangan dan kerontokan akan dapat kamu miliki segera.

Memakai bahan-bahan ekstrak kimia

Bahan-bahan ekstrak kimia yang dianjurkan adalah berbagai jenis minyak nabati. Bisa berwujud minyak kemiri, minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak jarak. Berbagai jenis minyak tersebut sangat bermanfaat karena memberikan lapisan sebum yang akan sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Minyak kemiri sebagai salah satu bahan yang direkomendasikan, memiliki manfaat menyuburkan pertumbuhan rambut. Cocok untuk kamu yang memiliki helai-helai rambut tipis namun ingin terlihat tebal dan berkilau. Ada banyak minyak kemiri yang dijual, namun kita juga bisa bikin sendiri dengan membakar kemiri selama setengah jam lalu ditumbuh. Pecahan kemiri akan mengeluarkan cairan minyak yang dimanfaatkan untuk kesehatan rambut.

Female hairdresser hold in hand lock of blonde hair
Potong ujung rambut sebagai langkah perawatan menghilangkan rambut bercabang.
Sumber: Uzone

Bahan selanjutnya adalah minyak kelapa, juga dapat membantu pertumbuhan rambut agar lebat. Minyak kelapa memiliki vitamin dan juga kandungan penting seperti asam medium-chain fatty.  Bahan berikutnya ialah minyak zaitun dengan nama ilmiah Olea Europea yang sarat kandungan bagus seperti vitamin E dan K, sekaligus asam lemak. Kandungan-kandungan tersebut akan membuat rambut menjadi halus, bersinar, subur, dan makin lembut.

Sayangnya dari tiga minyak di atas, kandungan terbaik dimiliki minyak zaitun namun juga harganya mahal. Penyebabnya karena minyak zaitun tidak tumbuh di Indonesia sehingga harus impor dari luar negeri. Ada satu minyak lagi, yaitu minyak jarak atau disebut sebagai Castor Oil yang menjadi solusi total semua masalah kulit di kepala seperti ketombe, infeksi, kulit kepala kering, dan lain sebagainya. Gunakan minyak jarak secara rutin agar mendapat manfaat maksimal seperti rambut yang cantik dan indah.

Melakukan perawatan fisik

Perawatan fisik bisa dilakukan dengan mudah baik sendiri di rumah atau berkunjung ke salon dalam jangka waktu tertentu. Sebenarnya, seperti apa perawatan fisik tersebut? Cenderung untuk merelaksasi kepala sehingga tidak ada stress berlebihan yang mempengaruhi kesehatan rambut.

Contohnya adalah dengan melakukan pijit atau massage kepala. Menyisir rambut secara lembut pun dapat dikategorisasikan ke dalam pijit atau massage. Bentuk perawatan lainnya adalah memotong ujung rambut yang bercabang atau trimming, sehingga rambut akan tumbuh dengan keadaan yang lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *