cara menghilangkan dan mengatasi rambut bercabang

Cara Menghilangkan dan Mengatasi Rambut Bercabang

Posted on

Cara menghilangkan dan mengatasi rambut bercabang sangat mudah. Bagi beberapa orang, rambut bercabang bisa jadi momok yang merepotkan sehingga tampak rumit. Padahal tidak demikian, karena kamu tinggal mengikuti langkah-langkah praktis yang akan dijelaskan dalam artikel ini secara konsisten. Kalau tidak konsisten, ya, masalah ini tidak bakal selesai dan akan terus bikin minder karena penampilanmu yang tidak maksimal.

Rambut bercabang bukanlah bawaan alami, karena sebenarnya kasus ini merupakan penyakit pada sel rambut yang sudah kering dan mati. Penyebabnya tak lain dan tak bukan, pernah kita bahas sebelumnya di sini. Karena kumpulan wawasan dan tips itu penting, pastikan selalu “stay tune” di situs tercinta kita ini, ya.

Sebelum melangkah tentang bahasan cara menghilangkan dan mengatasi rambut bercabang, kita juga harus tahu penyebabnya kenapa masalah tersebut bisa muncul. Sumber masalah yang pasti adalah modifikasi-modifikasi pada rambut. Contohnya adalah gonta-ganti semir dan warna, memakai catok terlalu sering, bahkan keramas tiap mandi bisa jadi penyebabnya.

Nah, lalu bagaimana cara menghilangkan dan mengatasi rambut bercabang? Yuk, langsung saja kita ulas lengkap.

 

Cara menghilangkan dan mengatasi rambut bercabang

Cara paling ampuh adalah merawat rambut dengan selalu memberinya nutrisi yang sesuai. Nutrisi-nutrisi macam apa saja yang cocok? Ini dia jawabannya.

Cara menghilangkan dan mengatasi rambut bercabang, bisa dengan lubrikasi serta pijat

Kulit kepala sebenarnya mempunyai mekanisme khusus untuk melindungi rambut, yaitu dengan mengeluarkan minyak atau sebum. Minyak kepala itu melapisi rambut sampai hitungan tiap helainya, sehingga rambut akan terlindung dari kotoran luar dan panas matahari.

Masalahnya, produksi minyak yang terlalu banyak akan membuat orang tidak betah dan cenderung membilasnya dengan keramas. Itulah kenapa keramas dapat menghilangkan perlindungan rambut alami dan malah merusak sel-sel rambut dengan bahan kimiawi sampo. Karena itu, usahakan mengeramasi rambut dalam jeda waktu tertentu.

Bila kulit kepalamu tergolong kering, maka kita bisa mengaplikasikan minyak rambut buatan dari bahan alami. Pijat juga kulit kepala dengan sentuhan-sentuhan lembut untuk merelaksasi akar rambut. Biarkan minyak meresap, baru bilas paling tidak setengah jam setelahnya.

pijat refleksi kepala dapat menjadi terapi untuk kesehatan rambut
Pijat refleksi kepala dapat menjadi terapi untuk kesehatan rambut.
Sumber: Aqua Spa Welness

Menyisir rambut dapat menjadi alternatif “head massage”

Menyisir rambut dengan terlalu kasar, apalagi ketika sedang ruwet sehabis keramas dapat merusak dan membuat rambut bercabang. Maka dari itu, cobalah sehalus mungkin menyisir rambut agar dapat terbebas dari rambut yang terbelit. Pada kasus yang parah, menyisir rambut dengan kasar dapat memperbesar kemungkinan kebotakan karena rontok.

Sisir rambut dengan lembut, manfaatkan juga ujung sisir untuk memijat kulit kepala. Cara ini hampir sama efeknya seperti pijat refleksi atau “head massage”. Selain melenturkan, langkah ini juga dapat membantu melenturkan dan merawat kesehatan akar rambut.

Hindari alat styling rambut

Contoh alat styling rambut misalnya seperti hairdryer dan catok untuk meluruskan rambut. Alat-alat tersebut bekerja dengan prinsip panas yang diarahkan pada rambut agar kering dan melemas, sehingga lebih mudah ditata. Padahal sebenarnya, prinsip panas itu akan membuat sel-sel rambut mati sehingga terjadi keretakan yang membuat rambut bercabang.

Kamu bisa menggunakan alat styling rambut pada momen-momen tertentu saja. Misalnya saat harus berangkat pagi ke kantor, padahal rambut panjang susah kering maka manfaatkan hairdryer. Namun jangan terlalu sering, cobalah beri jeda waktu agar rambut dapat memulihkan kesehatannya seperti sedia kala setelah kena panas.

Memperbesar keretakan rambut bercabang

Memperbesar keretakan rambut misalnya dengan menarik ke arah akar dari ujung percabangan. Cara ini bukannya memperbanyak rambutmu, tetapi justru mematikan sel-sel yang ada di dalamnya. Padahal sebenarnya menarik rambut bercabang pastinya akan memberi godaan yang sulit untuk ditangkal. Meskipun begitu, memperpanjang keretakan rambut dengan menariknya justru memberi efek sebaliknya.

Pilih conditioner untuk treatment khusus rambut bercabang

Treatment conditioner untuk rambut bercabang membutuhkan bahan khusus. Bahan itulah yang terdapat di dalam “leave-in conditioner”. Conditioner model ini dapat membantu kita untuk menyamarkan rambut bercabang dan melapisinya dengan nutrisi yang dapat mengembalikan kesehatan rambut. Jangan pakai conditioner biasa untuk rambut bercabang karena tidak akan mempan dan malah membuang uang secara sia-sia.

cara menghilangkan dan mengatasi rambut bercabang
Menghindari semir merupakan salah satu cara menghilangkan dan mengatasi rambut bercabang.
Sumber: All Things Hair

Biasakan mengeringkan rambut perlahan dan lembut

Salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan orang-orang adalah mengeringkan rambut dengan asal-asalan. Rambut yang dipaksakan kering dengan kasar dapat merobek serat di dalamnya sehingga membuat rambut bercabang. Karena itu, berhati-hatilah mengeringkan rambut dan gunakan gerakan perlahan searah menuju ujung.

Gerakan dua arah dari ujung ke pangkal rambut dapat memperbesar percabangan yang pastinya merusak sel-sel di dalamnya. Apalagi ketika kamu menggunakan handuk yang berserat kasar. Karena itu, carilah handuk yang lembut khusus untuk rambut terutama bila kamu termasuk pemilik rambut sensitif.

Bila rambut bercabang sudah menjadi fenomena yang terlalu sering, maka “trimming” merupakan opsi terbaik

Ada beberapa orang yang secara genetika sudah mengalami kerusakan rambut parah sehingga percabangan rambut selalu muncul. Pada kasus ini, masalah percabangan rambut tidak bisa diselesaikan dalam sekejap. Selain memerlukan penambahan nutrisi lewat minyak rambut dan pil-pil vitamin, perawatan secara intensif merupakan keharusan.

Contoh perawatan secara intensif ialah melakukan “trimming” atau memotong ujung percabangan begitu terpantau mata. Cara ini akan membuat rambut terus menumbuhkan sel-sel baru yang lebih sehat sehingga percabangan dapat dihindari.

Itulah cara menghilangkan dan mengatasi rambut bercabang. Semoga bermanfaat dan rambut kamu jadi semakin indah berkilau juga memukau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *