cara memanjangkan bulu mata

Cara Memanjangkan Bulu Mata Permanen dengan Cepat

Posted on

Cara memanjangkan bulu mata bisa jadi rahasia salon yang selalu dicari. Biasanya, kaum hawa sangat mendambakan bulu mata panjang dan lebat. Selain mempercantik wajah, bulu mata panjang dan lebat juga menandakan orang yang menjaga penampilan serta kesehatan. Soalnya mereka terbebas dari penyakit, misalnya tekanan pikiran. Perhatikan saja orang yang stress, pasti bulu matanya jarang-jarang karena mudah rontok.

Sebenarnya, banyak cara instan agar bulu mata terlihat panjang dan lebat seperti yang dilakukan oleh salon-salon rias kecantikan. Hanya saja, kalau bisa permanen kan pasti lebih bagus dan irit karena tidak perlu membayar perias tiap ingin tampil memukau. Misalnya saja dengan memoleskan maskara sampai melakukan ekstensi bulu mata. Namun untuk beberapa orang, cara instan ini malah merusak sel-sel bulu mata dalam jangka panjang sehingga lebih baik dihindari.

Karena itu, lebih baik kita mencari cara memanjangkan bulu mata dengan bahan-bahan alami. Asalkan rutin dilakukan, bahan alami bisa memanjangkan bulu mata dengan cepat dan permanen. Hasilnya pun akan lebih bagus untuk jangka panjang. Bahan-bahan alami seperti apa yang bisa digunakan? Berikut bahasan dan uraian lengkapnya, baca sampai tuntas ya.

 

Cara memanjangkan bulu mata dengan bahan-bahan alami

Banyak bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebenarnya. Prinsipnya hampir sama dengan cara membuat rambut sehat dan lebat di artikel Ahyana Hijab sebelumnya, namun tentu ada perbedaan karena lokasi tumbuh dan tipe yang berbeda. Yuk, langsung saja kita ulas.

Cara memanjangkan bulu mata pertama; memanfaatkan lidah buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang menjadi pilihan teratas untuk perawatan rambut. Mulai dari rambut kepala sampai bulu di badan. Selain mudah ditemukan di lingkungan sekitar, lidah buaya telah memberikan manfaatnya sedari jaman nenek moyang karena manjur menyuburkan rambut. Terima kasih pada kandungan nutrisi dalam lidah buaya yang meliputi karbohidrat, kalori, vitamin C, vitamin A, kalsium, thiamin, protein, lemak, hingga zat besi.

Cara menggunakannya sangat mudah. Potong lidah buaya dan ambil gelnya, lalu oleskan ke bulu mata. Diamkan minimal 60 menit baru kemudian dibilas air sampai bersih.

Bulu mata yang lebat dan panjang pertanda keadaan tubuh sehat
Bulu mata yang lebat dan panjang pertanda keadaan tubuh sehat.
Sumber: Hello Sehat

Petroleum jelly

Mungkin nama petroleum jelly asing terdengar di luar lingkungan salon kecantikan. Petroleum jelly merupakan gel cair yang bermanfaat untuk melembabkan permukaan di bawahnya. Sebenarnya bahan ini merupakan alat perawatan kulit kering, namun juga bisa dipakai memanjangkan bulu mata. Caranya dengan mengoleskannya ke bulu mata sebanyak tiga kali seminggu, sebelum berangkat tidur.

Baru kemudian esok paginya, petroleum jelly dibasuh dengan air sampai bersih. Penggunaan jangka panjang akan membuat bulu mata lebih sehat dan tampak tebal.

Minyak jarak

Minyak satu ini termasuk opsi terbaik yang paling istimewa sebagai bahan perawatan rambut. Bagaimana tidak, masalah rambut yang rontok pun dapat terselesaikan dengan perawatan masker minyak jarak. Namun, ada beberapa orang yang tidak menggunakannya karena alergi terhadap kandungan “ricinoleic acid”. Jadi lebih baik kita mengetesnya dulu pada kulit sebelum memakai minyak jarak.

Bila kulit terasa gatal, lebih baik hentikan pemakaian minyak. Namun kalau tidak, kamu bisa memanfaatkan minyak jarak sebagai bahan pemanjang bulu rambut. Gunakan sebelum tidur dan biarkan mengering semalaman, baru kemudian dibilas bersih ketika bangun sambil membersihkan wajah.

Daun sirih

Daun sirih punya manfaat besar, apalagi bagi kaum hawa. Khasiatnya yang utama adalah sabun khusus daerah kewanitaan agar tetap harum dan jauh dari bakteri. Meskipun begitu, daun sirih juga ampuh menyehatkan bulu mata. Selain membuat lebat, daun ini juga berkhasiat melentikannya sehingga menambah pesonamu ketika mengedipkan mata.

Minyak kemiri

Salah satu nutrisi alami yang bagus untuk rambut adalah asam lemak omega 3. Nama lainnya ialah asam linolenic dan jenis asam ini, banyak terkandung dalam kemiri. Asam linolenic sangat ampuh sebagai perangsang rambut agar tumbuh lebat. Terlebih lagi, asam linolenic dapat menguatkan akar rambut sehingga mencegah kerontokan.

Cara pakainya sangat mudah, cukup dengan mengoleskan minyak kemiri sebelum tidur. Baru kemudian dibilas air sampai bersih keesokan harinya ketika bangun. Oiya, minyak kemiri juga bagus menjaga warna hitam pada rambut.

Perbandingan antara bulu mata dua orang yang berbeda
Perbandingan antara bulu mata dua orang yang berbeda.
Sumber: Djawanews.com

Minyak zaitun

Minyak zaitun atau “olive oil” merupakan minyak yang diimpor dari luar negeri, jadi maklum kalau harganya mahal. Hanya saja minyak ini memang punya khasiat yang bagus, salah satunya dalam hal perawatan rambut seperti bulu mata. Apalagi kalau dicampurkan dengan lemon yang kaya zat antioksidan, bulu mata akan lentik dan lebat seperti bayi karena peremajaan sel yang didorong oleh nutrisi di dalam minyak zaitun dan lemon.

Seperti bahan-bahan yang disebutkan sebelumnya, pemakaiannya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun sebelum tidur. Dilanjutkan dengan pembersihan memanfaatkan air bersih keesokan harinya saat bangun.

Air kelapa muda

Air kelapa muda punya banyak mineral dan vitamin E, sehingga bagus untuk peremajaan sel terutama rambut tubuh. Folikel rambut pun akan turut menerima manfaat dari nutrisi air kelapa muda sehingga rambut tampak hitam berkilau. Namun, kita tidak bisa menggunakannya secara langsung. Kita perlu membiarkannya semalaman dulu, baru bisa digunakan keesokan harinya untuk membilas bulu mata.

Teh hijau

Teh hijau mempunyai manfaat menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhan lebih cepat. Maka bahan ini akan sangat bagus untuk melebatkan bulu mata yang sudah tipis. Caranya cukup dengan membiarkan air teh semalaman untuk digunakan membilas bulu mata keesokan harinya. Kamu bisa memakai “cotton bud” atau pengorek kuping agar mempermudah pembilasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *