cara agar rambut lurus

Cara Agar Rambut Lurus Permanen Tanpa Repot

Posted on

Cara agar rambut lurus menjadi “term” yang sangat banyak dicari, lho. Tidak hanya kaum hawa, tetapi para adam pun terkadang juga mendambakannya untuk menunjang penampilan. Apalagi kalau rambut lurus yang mudah diatur, pastinya akan mencuri perhatian mata orang-orang yang berada di sekitar kita. Karena itu, kita sajikan artikel ini untuk kamu, para pembaca Ahyana Hijab.

Namun sebelum kita bahas lebih jauh, mari dipahami dulu bahwa banyak cara agar rambut dapat lurus. Hanya saja tidak semua cara tersebut dapat bertahan permanen. Terlebih lagi ada hal yang lebih buruk, yaitu meluruskan rambut dengan merusak sel-sel di dalamnya. Tentu saja ini akan membawa masalah lanjutan seperti rambut bercabang atau kulit kepala kering.

Kalau kamu punya dua masalah tersebut, kamu bisa menyelesaikannya lebih dulu dengan dua artikel sebelumnya. Nah, kalau tidak bermasalah, mari kita bahas cara agar rambut lurus permanen tanpa repot.

 

Cara agar rambut lurus permanen tanpa repot menggunakan bahan alami

Pemakaian obat-obatan atau bahan kimia dapat membuat rambut rusak. Untuk menggantinya, kita bisa memanfaatkan beberapa bahan alami sebagai berikut.

Cara agar rambut lurus yang pertama, lidah buaya

Gel lidah buaya merupakan bahan yang bagus untuk meluruskan rambut dan menyehatkannya. Selain itu, pemakaian yang rutin akan membuat rambut lebih lemas, menguatkan akar rambut juga mencegah kerontokan, dan mudah ditata. Cara penggunaannya pun mudah dan tidak merepotkan. Kita tinggal menyiapkan potongan daun lidah buaya.

Ambil gel dari dalam daun lidah buaya yang sudah dipotong. Panaskan gel tersebut memakai panci dengan sedikit campuran air agar tidak terlalu kental dan lengket. Tunggu sampai gel mencair dan menyatu dengan air lalu matikan api kompor dan biarkan cairan agar dingin.

Gunakan adonan lidah buaya yang dingin dengan diulaskan ke seluru permukaan rambut dan diamkan sampai satu jam agar nutrisinya meresap. Kalau sudah selesai, bilas sampai bersih dengan sampo. Jangan sampai ada yang tertinggal ya, karena bisa menjadi kotoran seperti ketombe.

Potongan daun lidah busaya kecil-kecil dan kandungan gel
Potongan daun lidah busaya kecil-kecil dan kandungan gel.
Sumber: FaktualNews.co

 

Kombinasi pepaya dan madu

Pepaya mempunyai manfaat besar sebagai buah yang penuh dengan nutrisi. Selain bagus untuk pencernaan, juga sangat berpengaruh untuk mendukung kesehatan rambut. Ditambah dengan madu yang khasiatnya banyak, keampuhannya tidak diragukan lagi. Selain membuat rambut lemas dan mudah diatur, kedua bahan alami ini juga dapat mencegah kerontokan dengan regenerasi sel-sel.

Cara pembuatannya pun tidak merepotkan karena kita tidak butuh pepaya dan madu dalam jumlah banyak. Untuk rambut sepundak, cukup siapkan satu buah pepaya kecil yang diblender sampai lembut. Baru kemudian campurkan dengan dua sendok teh madu, coba pilih yang murni agar khasiatnya lebih manjur dan tampak.

Aduk adonan pepaya dan madu sampai kental, lalu oleskan ke seluruh helai rambut. Oleskan secara merata jangan sampai ada yang terlewat, ya. Kan tidak keren kalau ada rambut yang keriting, sementara bagian lainnya lurus. Setelah sudah selesai mengoleskan, biarkan selama dua jam lalu bilas dengan air dan sampo. Lakukan secara berkala paling tidak sekali dalam seminggu.

 

Campuran pisang dan minyak zaitun

Dua bahan ini sangat bagus untuk meluruskan, melemaskan, dan menguatkan rambut. Khasiat lainnya adalah menebalkan helai-helai rambut, sehingga tampak tebal dan memiliki volume. Ini karena kandungan vitamin E dalam jumlah besar di dalam pisang. Kalau tertarik, berikut cara membuatnya.

Pertama, cari pisang yang sudah matang sehingga teksturnya empuk agar mudah dihaluskan. Cukup dua buah seukuran pisang biasa atau satu ukuran pisang ambon. Kedua, campurkan pisang yang sudah halus tersebut dengan empat sendok makan minyak zaitun lalu diaduk sampai bercampur.

Usapkan pada seluruh permukaan rambut di kepala dan diamkan paling tidak selama satu jam. Kalau sudah, lalu bilas rambut dengan sampo atau keramas. Pastikan sisa adonan sudah bersih setelah keramas, ya.

 

Susu sapi murni

Apakah kamu pernah mendengar manfaat lain dari susu sapi murni selain untuk konsumsi minuman? Ternyata ada juga khasiat lainnya dari susu sapi murni, yaitu meluruskan rambut.

Potongan daun lidah busaya kecil-kecil dan kandungan gel
Potongan daun lidah busaya kecil-kecil dan kandungan gel.
Sumber: DIKANDANG AMAZING FARM

Kita hanya memerlukan segelas susu murni, yang kemudian dicampurkan dengan air masak sebanyak setengah gelas. Pastikan kedua cairan tersebut telah tercampur menjadi satu dengan mengaduknya. Ketika sudah bercampur, usapkan pada seluruh bagian kepala. Meskipun akan muncul bau amis karena susu sapi, kamu harus sabar ya. Sebagai saran, gunakan penutup hidung kalau tidak tahan dengan baunya daripada tiba-tiba muntah.

Kalau sudah selesai mengoleskan, biarkan mengendap selama kurang-lebih satu jam. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan sampo agar bau amis susu sapi hilang. Hasil maksimal akan dapat diraih dengan melakukan “treatment” minimal dua kali dalam waktu satu minggu. Lakukan langkah ini paling tidak selama satu bulan.

 

Minyak jarak dan minyak kedelai

Opsi selanjutnya adalah memakai bahan alami berupa campuran minyak jarak dan minyak kedelai. Selain meluruskan, kedua bahan tersebut juga berguna untuk memperkuat batang rambut sehingga tidak mudah patah. Selain itu, helai rambut akan terasa lebih halus saat dipegang.

Caranya sangat mudah, cukup dengan menyiapkan satu sendok makan minyak keledai dan dua sendok makan minyak jarak. Mau ditambah atau dikurangi tidak apa-apa, asalkan rasionya 1:2. Campurkan kedua minyak tersebut lalu panaskan dengan api sedang selama lima menit. Dinginkan, baru dioleskan ke seluruh bagian rambut.

Kalau sudah selesai mengoles, diamkan selama setengah jam. Baru kemudian dibersihkan dengan air hangat. Kalau kurang bersih dan rambut masih mengkilat karena minyak, lanjutkan dengan keramas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *