nisa syaban jadi model baju syari anak

Baju Syari Anak untuk Inspirasi Fesyen Islami

Posted on

Baju syari anak jadi fesyen yang tengah berkembang sekarang, sampai digarap khusus dan selalu mempunyai tren sendiri. Inspirasi seperti apa agar tetap tampil trendi namun islami? Ide-idenya akan bisa kamu peroleh sampai melimpah pada artikel Ahyana Hijab kali ini. Kalau bisa, malah baju syari anak dijadikan seragam dengan orang tua, tak lain dan tak bukan supaya terlihat serasi.

Masalahnya, kebutuhan fesyen anak dan orang tua jelas berbeda. Mereka terkadang juga mempunyai preferensi fesyen yang berbeda baik dari sisi model, warna, maupun motif. Alhasil kalau tidak dipikirkan serius, anak bisa cekcok dengan orang tua karena dipaksa menggunakan baju syari anak yang sebenarnya hanya menduplikasi fesyen dewasa.

Tetap tenang, itulah kenapa kali ini kita bahas secara khusus pada artikel ini. Banyak ide-ide segar nan cemerlang yang akan tersaji dan bisa jadi penengah selera fesyen anak dan dewasa. Tidak percaya? Tanpa panjang lebar lagi, yuk, kita mulai ulasannya.

 

Baju syari anak: kriteria dan kebutuhan

Anak biasanya lebih banyak bergerak, sehingga membutuhkan baju yang bisa dikenakan dengan luwes. Selain itu, mereka juga cenderung lebih mudah berkeringat karena banyak gerak tersebut. Alhasil selain baju yang luwes, material kain pun membutuhkan pertimbangan ekstra yang tidak asal pilih. Percaya atau tidak, baju syari anak yang tidak nyaman digunakan akan membuat mereka bad mood dalam jangka waktu tidak terduga!

Baju koko khas India

Gaya India mempunyai ciri khas kain yang mengkilap. Selain itu, gaya baju koko khas India juga akan menampilkan kesan formal dan sopan. Fesyen jenis ini akan memberikan impresi berkelas untuk anak yang menggunakannya. Material yang bisa digunakan adalah sutera. Kalau tidak ingin mahal, cobalah untuk membeli sutera dengan bahan campuran.

Aksen apa yang membuat gaya India menonjol? Kamu bisa menambahkan bordir di area kerah. Selain itu, pilihlah warna-warna kain yang menunjukkan ketegasan. Untuk bawahan, pilih warna-warna tanah yang lebih gelap.

Empat anak perempuan memakai model baju syari dengan atasan lengan panjang dan rok lipit
Empat anak perempuan memakai model baju syari dengan atasan lengan panjang dan rok lipit.
Sumber: PriceArea.com

Baju koko Turki juga bisa jadi opsi

Apa ciri khasnya baju koko Turki yang bikin beda dengan baju koko khas India? Perbedaan pertama bisa terlihat dari panjang atasan di mana lengan baju koko Turki bisa sangat panjang sampai ke telapak tangan. Selain itu, panjangnya bisa mencapai area lutut. Ada juga bordiran yang terlihat rapat di area kerah dan pinggir baju koko.

Dari segi warna pun juga sangat berbeda. Baju koko Turki lebih sering menggunakan warna-warna ringan yang netral. Opsi utama jatuh pada warna putih, lengkap sampai penutup kepala peci. Selain dipakai pada momen besar seperti Iedul Fitri, baju koko Turki juga cocok dikenakan saat kegiatan-kegiatan keagamaan di hari-hari biasa.

 

Baju koko dengan gaya gamis minimalis

Untuk anak cowok yang mempunyai volume tubuh berlebih, gamis cocok dijadikan pilihan utama. Tidak hanya cewek yang bisa memakai gaya baju ini ternyata. Simpel dikenakan layaknya kaos oblong, namun tidak mengurangi kesan agamis pada tampilan seorang anak. Selain itu, gamis juga longgar dikenakan sehingga sirkulasi udara di dalamnya bagus dan tidak membuat gerah.

Sayangnya, terkadang anak cowok merasa tidak nyaman dengan lengan panjang. Cobalah cari opsi gamis yang bisa digulung atau mempunyai fitur kancing di lengan. Ini akan membantu anak kamu untuk merasa lebih nyaman.

 

Gaya hanbok untuk impresi feminin anak cewek

Bagi mama-mama atau anak cewek pecinta budaya Korea, hanbok bisa dijadikan inspirasi baju syari. Apalagi kalau dipakai bebarengan antara ibu dan anak, pasti akan tampil serasi serta menggemaskan. Meskipun dari luar terlihat padat, hanbok nyatanya terasa longgar di bagian dalam sehingga sirkulasi udaranya bagus. Meskipun banyak gerak, keringat bisa terserap dan cepat kering.

Pekerjaan rumah yang mengikuti kalau memakai gaya hanbok adalah memilih kerudung atau penutup kepala. Carilah warna-warna yang senada dengan hanbok pilihan, agar tidak terlihat mencolok atau menonjol. Selain itu, kerudung atau penutup gaya dengan kesan simpel dan minimalis bisa jadi opsi terbaik.

Baju syari untuk anak dengan gaya cenderung kasual
Baju syari untuk anak dengan gaya cenderung kasual.
Sumber: Blog Unik

Fesyen Islami gaya tunik untuk kesan kasual

Baju muslim tidak hanya gamis dan koko saja, lho. Kamu juga bisa memilih gaya tunik untuk si buah hati agar dia tampil luwes dan kasual. Bisa pesan sendiri di penjahit, atau beli di toko baju muslim favorit kamu. Biasanya di toko baju muslim, mereka juga menawarkan satu set baju tunik lengkap dengan celana bawahannya yang tampil senada.

Karena cenderung bergaya kasual, baju tunik juga cocok dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Kamu tidak perlu menunggu momen besar seperti Iedul Fitri untuk mengenakannya. Rekomendasi bahan terbaik gaya tunik jatuh pada material full moscrepe yang punya ciri khas dingin saat dipakai.

 

Kaftan satin yang dilengkapi bordir menawan

Kita sudah pernah mengulas sebelumnya tentang bahan satin yang banyak dipakai untuk fesyen Islami. Nah, kamu juga bisa memilih satin sebagai material untuk baju syari anak. Buatlah dengan gaya kaftan yang juga dipercantik dengan bordir. Apabila dipakai oleh anak yang mempunyai tinggi badan di atas rata-rata, kaftan satin dengan bordir akan membuatnya terlihat dewasa. Apalagi kalau ditaburi “make up” tipis.

Sayangnya, kaftan satin jarang jadi pilihan untuk kamu yang seringkali berada di bawah matahari. Kaftan satin lebih cocok digunakan di ruangan ber-AC atau daerah sejuk. Kalau di daerah panas, jangan kaget ketika si kecil jadi banjir keringat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *