baju batik anak perempuan warna biru toska dan kuning muda

Baju Batik Anak Perempuan: Inspirasi Kecantikan Klasik

Posted on

Baju batik anak perempuan akan membuat anak terlihat memiliki kecantikan klasik. Banyak inspirasi yang bisa dicari untuk mendapatkan baju batik cantik demi anak.

Mulai dari pesan buatan orang, sampai baju batik bikinan kita sendiri. Bahkan ada juga lho yang punya semangat saking “do it yourself”-nya, bikin kain batiknya pun dilakukan secara pribadi.

Baju batik tidak akan membuat penampilan jadi “ndeso” atau kampungan, soalnya dia sudah masuk warisan budaya internasional! UNESCO sendiri sudah menetapkan bahwa batik merupakan warisan budaya dunia sehingga kini sudah terkenal luas. Jangan pikir kalau batik cuman ada di Indonesia dan dipakai segelintir orang saja. Jadi tidak perlu merasa aneh kalau pergi ke Amerika, kamu akan menemukan orang yang memakai batik berseliweran di jalan-jalan.

Kembali lagi ke soal baju batik anak perempuan, apakah cocok dipakai? Siapa yang bakal bilang tidak karena baju batik bakal bikin si anak terlihat makin menggemaskan. Asalkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan seksama, dan itu bakal kita bahas dengan gamblang.

 

Baju batik anak perempuan; tips memilih agar si kecil betah memakainya

Lalu sekarang apa yang perlu kita ketahui tentang baju batik untuk anak perempuan? Pertama, ada tips memilih motif yang cocok, silahkan disimak ulasannya sebagai berikut.

Pertama, baju batik anak perempuan harus bisa menyerap keringat

Anak kecil itu banyak bergerak. Mereka selalu ingin tahu sehingga bergerak ke sana-kemari. Terlebih anak kecil juga sedang berada dalam usia yang gemar bermain. Tak ayal banyaknya gerakan tubuh yang dilakukan si kecil akan membuat pori-pori kulitnya banyak mengeluarkan keringat.

Terlebih lagi masalah kelembutan kain. Meskipun kain dapat menyerap keringat, tetapi kalau tidak nyaman dipakai karena kasar di kulit juga sama aja bohong. Pilih bahan yang memiliki karakter pemukaan kain lembut dan dapat menyerap keringat. Dijamin, si anak akan makin lincah bergerak dan tidak rewel karenya nyaman dengan bajunya.

Model dress batik santai warna cokelat untuk anak perempuan
Model dress batik santai warna cokelat untuk anak perempuan.
Sumber: Baju Batik Bayi

Bahan katun bisa jadi opsi yang bagus untuk dipertimbangkan. Misalnya dengan ketebalan 24s, tidak terlalu tebal juga tidak terlalu tipis.

 

Kedua, ukuran juga mempengaruhi faktor kenyamanan

Bagaiamana bisa? Tentu saja bisa. Ukuran baju yang terlalu sesak, membuat pori-pori kulit tidak bisa bernapas dengan sempurna sekaligus membuat tubuh terasa pengap. Itulah kenapa baju sesak malah akan membuat ruam kulit atau yang dalam bahasa Jawa disebut “keringet buntet”. Arti “keringet buntet” adalah keringat yang mampet sehingga tidak bisa keluar dari kulit. Kulit pun tidak mendapat sirkulasi udara yang bagus.

Lalu bagaimana kalau sebaliknya? Baju yang terlalu longgar juga tidak baik karena akan memberi banyak ruang pada udara sehingga si kecil bisa kedinginan. Baju yang kebesaran juga akan membahayakan gerak si kecil karena membuat resiko terserimpet jadi besar. Si kecil kan belum bisa bergerak selihai orang dewasa, sehingga hal-hal yang mengambat pergerakannya perlu diminimalisir. Itulah pertimbangan kenapa kita harus memberikan si kecil baju yang ukurannya pas.

 

Ketiga, memilih berdasarkan opsi warna kesukaan si kecil bisa jadi keputusan bagus

Lho, kok bisa begitu? Iya soalnya anak kecil menyukai sesuatu yang menarik perhatian mereka seperti bidang warna. Bidang warna yang luas akan langsung mencuri perhatian mata mereka dibandingkan bentuk-bentuk yang hanya menghiasi bingkai pakaian.

Pemilihan warna baju juga bisa mempertimbangkan warna kulit si kecil. Bagi bayi yang punya warna kulit kuning langsat atau putih, lebih baik memakai baju berwarna cerah dengan motif besar-besar. Demikian juga kebalikannya untuk anak kecil yang mempunyai kulit agak gelap. Hindari warna-warna baju cerah dengan motif besar-besar dan upayakan memakai baju yang sebaliknya.

 

Empat, pilih motif dengan bentuk yang sederhana

Anak kecil lebih cocok memakai motif baju yang sederhana. Jangan terlalu rumit karena akan menghilangkan kesan lucu saat dipakai. Bentuk-bentuk rumit lebih cocok dipakai orang dewasa yang bidang pakainya lebih luas. Bila motif rumit dipakai si kecil, ia akan terlihat tenggelam dan kalah mencolok dibandingkan motif bajunya sendiri.

 

Dress dengan motif penuh membuat tubuh anak terlihat lebih berisi
Dress dengan motif penuh membuat tubuh anak terlihat lebih berisi.
Sumber: Baju Batik Bayi

Referensi motif yang cocok

Motif pertama yang bisa dipertimbangkan adalah batik Pekalongan. Batik khas pesisir kan mempunyai ciri khas pemakaian warna-warna cerah. Jadi cocok untuk anak kecil mulai dari kuning cerah, hijau, merah orange, atau biru terang.

Selanjutnya ada batik Lasem yaitu sebuah daerah Pecinan di dekat Rembang. Ada juga yang menjulukinya China Town of Middle Java. Banyak penduduknya merupakan etnis keturunan Tiong Hoa dan mereka mempunyai batik Lasem yang khas. Coraknya pun banyak mengaplikasikan hewan-hewan mitologi, contohnya naga, kirin, dan lain sebagainya.

Rekomendasi ketiga jatuh pada Batik Cirebon yang bernuansa ceria. Apalagi dengan motif andalannya yaitu awan atau yang sering disebut dengan “megamendung”. Ada juga motif khusus anak berupa gambar-gambar bunga, kelapa, soko Tiong Hoa, dan lain sebagainya. Cukup membuat mata senang karena kita seolah berada di negeri atas awan dengan memakai batik-batik dari Cirebon.

Terakhir, kamu bisa mencoba batik Tuban alias kota pesisir utara di Jawa Timur. Meskipun sama-sama pesisir, batik Tuban memiliki ciri khas yang sangat berbeda dengan Pekalongan. Secara wilayah saja yang satu berada di barat, lainnya di timur.

Batik Tuban punya nama lain yaitu batik gedhog yang diambil dari alat penenun kain batik asli sana. Batik Tuban memiliki warna khas putih tulang sebagai warna dasar pada kainnya. Warna tersebut akan dihiasi oleh motif-motif bunga sehingga membuat anak perempuan jadi makin cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *