wanita memakai dress ketat dengan model larik-larik gelap

Bahan Spandex: Spesifikasi, Karakteristik, dan Harga Terbaru

Posted on

Bahan spandex merupakan sebuah kain dalam industri garmen yang juga dikenal dengan elastane. Biasa kamu temui di toko baju olahraga atau baju muslim. Penyebabnya karena seringkali dimanfaatkan untuk pembuatan set baju olahraga dan kerudung. Selain itu, banyak juga yang menjualnya baik secara daring atau di toko fisik sehingga bahan ini mudah diperoleh.

Nama bekennya spandex, namun lidah orang Indonesia mudah lebih mudah melafalkannya dengan kata spandek. Kelebihan utamanya adalah serat kain yang lebih elastis dibandingkan produk-produk garmen lain. Sifat elastis itu juga yang membuat kain ini mempunyai nama beken lain, yaitu elastane.

Elastane terbuat dari serat sintetis yang tingkat kemelarannya lebih besar dibandingkan karet atau “rubber”. Bahan pembuatan elastane adalah polymer yang mengandung polyutherane. Kandungan polyutherane merupakan bahan sintetis yang sangat lentur sampai bisa melar hingga lima kali lipat dari panjangnya semula.

Elastane memilki banyak nama lain. Amerika memanggilnya “spandex”, sedangkan Inggris menyebutnya Lycra. Kata Lycra berasal dari salah satu perusahaan ternama yang memproduksi elastane di Inggris, yaitu Lycra. Perusahaan-perusahaan lainnya yang juga terkenal karena kualitas elastane buatannya, adalah ESPA, Elaspan, dan Linel.

 

Spesifikasi bahan spandex

bahan spandex dengan variasi warna dan ketebalan
Bahan spandex dengan variasi warna dan ketebalan.
Sumber: Indosteger

Elastane mempunyai banyak sifat yang bergantung pada bahan campurannya. Bahan sintetis ini tidak bisa berdiri sendiri karena polyutherane cenderung akan menjadikan kain lebih kaku dan tidak fleksibel. Itulah kenapa bahan spandex akan memunculkan spesifikasi-spesifikasi yang berbeda sebagai berikut.

  • Stretch Denim

Denim merupakan bahan alternatif jeans yang popularitasnya meroket semenjak tahun 2010. Banyak digunakan untuk gaya kasual dan aktivitas luar ruangan. Meskipun begitu, stretch denim cenderung lebih kuat daripada jeans karena sifat elastisnya sehingga awet digunakan. Stretch Denim biasanya menggunakan warna-warna sepert bahan jeans yaitu hitam, biru navy, biru langit, dan lain sebagainya.

  • Spandex Polyester

Pernah melihat baju olahraga yang terlihat mengkilap namun sulit menyerap keringat? Itulah baju olahraga yang terbuat dari spandex polyester. Spesifikasinya hampir sama dengan Nylon Polyester. Kelebihan lainnya yang ringan dan membentuk tubuh pemakainya membuat kain ini populer di kalangan wanita untuk tank top, legging, dan dress seksi.

  • Rayon Spandex (ada juga semi rayon dan lain sebagainya)

Bahan ini merupakan perpaduan antara bahan rayon dan elastane. Bahan rayon terbuat dari gabungan unsur kimia hibrogen, oksigen, serta kimia karbon. Sifatnya mirip seperti katun yang dapat menyerap cairan dan serat-seratnya pun halus sehingga terasa lembut di kulit.

Rayon spandex menggabungkan antara serat rayon dan spandex. Semi rayon berarti unsur rayon sekitar seperempat, sedangkan semi spandex memiliki unsur polyutherane yang juga hanya seperempat. Sisanya merupakan bahan lain dengan rasio tiga per empat.

Karakteristik rayon dan spandex membuat kain jenis ini populer. Namun karena kelebihannya itu, harga rayon spandex sedikit lebih mahal dibandingkan kain-kain lainnya.

  • Nylon Spandex

Inilah bahan pakaian untuk baju-baju olahraga. Misalnya atlet renang, balap sepeda, dan lain sebagainya. Kenapa bahan ini bisa begitu populer di kalangan pecinta olahraga?

Ini karena karakter kain nylon spandex yang ringan dan mengikuti bentuk tubuh. Akibatnya keberadaan kain ini tidak mengganggu gerak dari pemakai. Orang yang berolahraga dapat lebih memfokuskan pikiran pada kegiatan olahraganya dibandingkan harus mengkhawatirkan pakaian yang dipakai.

  • Cotton Spandex

Cotton atau katun merupakan primadona dalam industri konveksi. Peminatnya selalu ada di setiap waktu. Maka menggabungkan katun dengan spandek yang elastis merupakan eksperimen menarik. Cepat meresapkan keringat, ringan dipakai, terlihat glossy sehingga terkesan glamor, dan banyak lagi kelebihan dari cotton spandex ini.

Baca Juga : Katun Polyester: Spesifikasi, Info Lengkap, dan Harga Terbaru

Karakteristik bahan spandex

jilbab dan gamis beraneka warna dari bahan spandex
Jilbab dan gamis beraneka warna dari bahan spandex.
Sumber: Shane Hijab

Kita sudah banyak mengulas tentang kelebihan-kelebihan bahan spandex pada bahasan sebelumnya. Mulai dari tingkat elastisitasnya yang tinggi, kilap permukaan, daya tahan serat kain, dan lain sebagainya. Lalu apakah elastane tidak punya kekurangan?

Ternyata tidak. Elastane justru penuh kelemahan, dan itulah alasannya kenapa spandex harus dikombinasikan dengan bahan lainnya. Bila hanya menggunakan polyutherane, maka kain akan menjadi kaku dan tidak bisa digunakan untuk pakaian.

Berikut kelemahan-kelemahan kain spandex lainnya.

  • Bahan spandex sensitif terhadap panas. Jadi jangan biarkan disetrika dengan suhu tinggi atau merendamnya dalam air panas. Menjemur kain ini di bawah sinar matahari langsung juga tidak disarankan. Ini karena panas cenderung menyulut bahan kimia spandex dan membuatnya rusak lebih cepat.
  • Harga kain bervariasi karena bergantung pada bahan campurannya. Ada spandex dengan harga murah sampai rentang mahal.
  • Tidak terlalu cocok untuk pakaian dengan tema islami karena cenderung membentuk lekuk tubuh, apalagi dipakai pada busana wanita muslim.
  • Sifatnya kedap air sehingga sukar menyerap keringat dan cenderung menjadi tempat berkembang biaknya kuman. Kekedapan itu juga berpengaruh pada sirkulasi udara kain. Spandex akan sangat terasa menyesakkan dan panas apalagi ketika dipakai untuk aktivitas luar ruangan saat matahari bersinar terik.

Kelemahan-kelemahan itu membuat spandex lebih banyak dipakai saat momen-momen tertentu. Bukan menjadi fesyen sehari-hari.

Baca Juga : Spandek Soft: Spesifikasi, Karakteristik, dan Harga Terbaru

Cara perawatan elastane

Ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan agar pakaian dari bahan elastane awet digunakan. Misalnya merendam baju tidak lebih dari 20 menit saat mencuci; dipisahkan dengan pakaian putih; serta menghindari menyikat kain dengan kasar.

 

Harga terbaru bahan spandex

Kain spandex bisa didapatkan dengan harga bervariasi. Variasi tersebut bergantung pada campuran bahan yang dipakai. Misalnya sutera spandex, jelas memiliki harga lebih mahal dibandingkan cotton spandex.

Biasanya kain ini dijual dengan hitungan kilogram, meter, atau gulungan. Bila membeli meter, harganya mempunyai rentang antara Rp 30.000-an sampai Rp 150.000-an per meternya.

 

Ahyana Hijab

One thought on “Bahan Spandex: Spesifikasi, Karakteristik, dan Harga Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *