masker kesehatan terbuat dari bahan oxford berwarna hijau, merah jambu, dan biru

Bahan Oxford: Spesifikasi, Karakteristik, & Harga Terbaru

Posted on

Bahan oxford, dari namanya cenderung asing dan malah menjurus ke salah satu kampus ternama di Inggris. Nyatanya, bahan ini merupakan kain favorit. Kok bisa? Info lengkapnya bisa kamu dapatkan di artikel ini, jadi pastikan untuk membacanya sampai tuntas, ya.

Kain oxford merupakan garmen yang terbuat dari katun dengan suntikan sedikit tetoron. Kalau kita amati seksama, bahan oxford terdiri dari dua jenis serat yang ditenun bersilang sehingga muncul pola titik-titik pada permukaan kainnya. Permukaan kain tersebut sangat halus, sehingga kadang dikira kain TC yang sering dipakai sebagai bahan seragam anak sekolahan. Padahal keduanya merupakan jenis kain yang sangat berbeda.

Secara kualitas, jalinan serat kain oxford lebih kuat dibanding kain TC yang mudah sobek. Kain satu ini juga cocok dipakai untuk busana kasual maupun formal, baik pria atau wanita. Warna-warna yang dipilih untuk bahan oxford pun cenderung lembut sehingga tidak mencolok mata. Okay, mari kita bahas lebih lengkap mengenai kain oxford lewat penjelasan di bawah ini.

 

Spesifikasi bahan oxford

Kain oxford mudah ditemukan di negara-negara tropis dan subtropis macam Indonesia. Kain ini juga dikelompokkan ke dalam golongan kain berpermukaan rata sehingga permukaannya tampak rapi. Apalagi tekstur kain yang halus karena jalinan seratnya sulit tercerabut. Kamu akan melihat tampilan titik-titik pada permukaan kain, mirip dengan kumpulan piksel pada gambar digital.

Ketebalan kain oxford dapat dianggap tipis daripada kain lain di kelasnya. Contohnya bila dibandingkan kain drill, oxford jelas lebih tipis dan lentur. Teksturnya pun sangat berbeda di mana kain drill lebih mirip jalinan benang yang dipintal secara diagonal.

Salah satu merek kenamaan kain oxford ialah Taipan Tropical. kain oxford dari merek tersebut banyak diaplikasikan sebagai material kemeja. Bahan dasarnya ialah polyester dan katun, di mana rasio terbesarnya ialah katun sehingga kemampuan menyerap keringatnya bagus dan adem saat dipakai. Ada juga merek-merek lain seperti Japan Tropical, Sari Warna, juga Maryland.

Kemeja dari kain oxford warna biru dan abu-abu
Kemeja dari kain oxford warna biru dan abu-abu.
Sumber: Pusat Konveksi Surabaya

Patokan utama dalam memilih kain oxford berkualitas adalah rasio campuran bahan katun. Beberapa merek juga mempunyai ciri khasnya tersendiri, misalnya sebagai berikut.

Pertama, oxford Spesial Putih merupakan bahan oxford kualitas terbaik namun hanya menyajikan warna kain putih saja. Tersedia dalam dua ukuran yang bisa dibeli pada bagian lebarnya yaitu 115 cm dan 150 cm. Karakter kainnya cenderung tidak terlalu halus meskipun kualitasnya sangat baik.

Kedua, oxford Sari Warna yang juga dijual dengan ukuran lebar sama seperti oxford spesial putih. Khusus untuk oxford Sari Warna dengan lebar 115 cm, variasi warnanya lebih banyak dibandingkan ukuran 150 cm. Ukuran 150 cm biasanya hanya menyediakan warna cokelat dan putih.

Ketiga, oxford Jm yang hadir dengan umur termuda di antara kain-kain oxford lain. Material pembuatnya juga tidak sama, dengan tujuan untuk menekan harga jual sehingga dapat dibeli dengan mudah. Variasi warnanya beragam, namun hanya hadir dengan ukuran 150 cm saja.

Terakhir, oxford Duyung yang mempunyai level kehalusan permukaan kain jauh lebih baik dibandingkan varian-varian lain. Hanya saja pilihan warnanya tidak banyak dan hanya tersedia untuk ukuran lebar 115 cm saja. Meskipun begitu, banyak orang menyukai oxford Duyung walau harganya sendiri lebih mahal.

 

Karakteristik kain oxford

Jangan sampai salah pilih atau tertipu ketikan akan membeli kain oxford. Kain oxford memiliki karakter khusus yang tidak bisa diduplikasi kain-kain jenis lain. Contohnya saja sebagai berikut.

  • Permukaan kain halus, sama seperti bahan masker kesehatan kualitas baik.
  • Permukaan kain teksturnya rata. Bila dilihat sekilas begitu rapi dan tidak memberikan kesan berantakan.
  • Masa kain yang ringan sehingga tidak menutupi pori-pori kulit.
  • Meskipun ringan dan halus, namun kekuatan serat kainnya begitu kuat karena metode pembuatan spesial.
  • Amati permukaan kain, maka mirip seperti tampilan piksel dalam gambar digital.

Karakteristik tersebut membuat bahan oxford cocok dan nyaman digunakan di negara-negara beriklim panas.

Masker kesehatan banyak terbuat dari kain oxford
Masker kesehatan banyak terbuat dari kain oxford.
Sumber: YouTube

Karakter lain dari kain oxford adalah tidak menerawang karena jalinan serat yang rekat, walau berat kain ringan. Karena itulah kain ini sangat digemari tidak hanya dari kalangan pria saja, tetapi juga wanita. Apalagi varian kain yang tersedia dalam jumlah banyak, terutama soal warna serta tingkat kehalusan. Harga jualnya pun ramah di kantong, berbeda dengan sutera.

Aplikasi pemanfaatan kain oxford lebih pada pakaian atas karena selain nyaman dipakai, juga soal warna lembut dipandang mata. Mulai dari gaya kasual, lengan panjang, juga tren terkini seperti “slim fit”. Atasan yang dimaksud dapat berupa kemeja, baju koko, blus wanita, bahkan gamis. Meskipun tampilan kain oxfod sederhana, namun tetap bergaya karena ramah di mata.

Perawatan bahan oxford

Pisahkan dengan pakaian dari kain berat seperti wol dan jeans. Kain oxford sebenarnya mudah dibersihkan dari kotoran, kamu cukup merendamnya lalu dikucek dengan lembut. Hindari memakai sikat yang berbulu kaku karena dapat merusak serat-serat kain. Untuk noda ringan, dapat direndam dalam air yang sudah dicampur sabun cuci. Namun, ingat jangan terlalu lama merendam kain oxfod karena dapat merusak warna.

 

Harga kain oxford

Harga kain oxford di pasaran sangat bervariasi tergantung pada merek dan ketersediaan warna. Ada beberapa warna yang sangat digemari sehingga “stock”-nya cenderung terbatas. Tapi rata-rata, penjual kain menjual kain oxford termurah ukuran 115 cm di harga Rp 35.000-an.

 

One thought on “Bahan Oxford: Spesifikasi, Karakteristik, & Harga Terbaru

  1. GAMIS HIJAB SYAR’I ??Harga: 2 ??Bahan: crepe HQ, Busui ??Ld: 11Ocm, Pb: 14Ocm ??Kantong samping ??Khimar pet antem. . ??Wa: 08565020700 ??Shipping From Surakarta ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *