macam-macam pilihan bahan milano

Bahan Milano: Spesifikasi, Kelebihan, dan Harga Terbaru

Posted on

Bahan Milano akan jarang terdengar di telinga orang kebanyakan saat membeli kain. Namun, bukan berarti bahan jenis ini sepi peminat atau berkualitas jelek. Karena itu sekarang Ahyana akan membahas tentang bahan satu ini sekaligus posisinya dalam industri tekstil. Lengkap beserta spesifikasi, kelebihan, dan harga terbaru.

Ada banyak jenis bahan yang biasa untuk digunakan dalam kebutuhan tekstil. Pada urusan fesyen sendiri, opsi bahan terbentang luas tergantung pada pilihan. Kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan mulai dari kebutuhan kantong terkait harga, kecocokan dengan kulit, sampai kemudahan pembuatan.

Nah, sebelum kita membeli baju, ada baiknya kita mengenal kain bahannya terlebih dahulu. Pengenalan ini penting agar kita tahu rentang harga bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan. Termasuk juga memahami karakteristik kain tersebut sehingga cocok dengan keinginan serta kebutuhan kita dalam berpakaian.

Bahan premium yang banyak digandrungi orang adalah kain fleece dan milano. Kebanyakan penyukanya adalah para pemuda atau remaja, sesuai dengan karakter mereka. Para pemuda dan remaja umumnya memiliki tingkat keaktifan gerak tinggi, sehingga membutuhkan kain yang nyaman bergesekan dengan kulit sepanjang hari. Sekaligus juga bisa menyerap cairan keringat sehingga tubuh tidak lembab.

Bahan fleece banyak digunakan untuk pembuatan sweater serta hoodie. Ciri mudahnya adalah lembut, berserat serabut tipis di muka kain, juga hangat saat digunakan di cuaca dingin. Fleece merupakan tiruan dari wool yang biasa dipakai di negara-negara empat musim.

Kain lacoste sering digunakan untuk kaos polo
Kain lacoste sering digunakan untuk kaos polo.
Sumber: socrates17sablon Indonesia

Lalu ada juga bahan lacoste yang menjadi hasil akhir dari gabungan antara katun dan polyester. Tidak aneh kalau lacoste menjadi favorit di kalangan pemain dan pengguna tekstil. Penyebabnya karena gabungan katun dan polyester ini, akhirnya juga memiliki kelebihan-kelebihan kedua bahan tersebut. Sebut saja kemampuannya untuk melar, menyerap keringat, dan lembut digunakan.

Lalu ada bahan milano yang kita tunggu pembahasannya dari tadi.

 

Spesifikasi bahan milano

beberapa jenis kain milano dengan gramasi tinggi
Beberapa jenis kain milano dengan gramasi tinggi.
Sumber: konveksihasan.com

Kain milano banyak disukai oleh konsumen industri tekstil. Pemesannya untuk dijahitkan sendiri pun cukup banyak. Kita bisa melihat jumlah pemesannya di marketplace-marketplace Indonesia. Kenapa milano banyak dicari dan diinginkan?

Milano memiliki beberapa kelebihan, yang mana kelebihan-kelebihan tersebut adalah hal-hal favorit pengguna. Kelebihan-kelebihan itu ternyata baru bisa diketahui kalau kita sudah memakainya. Contohnya saja kelembutan di mana bila kain bergesekan dengan kulit, tidak akan menimbulkan iritasi. Meskipun frekuensi gesekan kain dengan kulit sering terjadi.

Selain itu, ada berbagai kelebihan lain yaitu bagaimana kain milano terkenal bandel dan awet. Kain ini juga dapat menyerap keringat dengan baik alias tidak akan menyebabkan rasa dingin akibat lembabnya keringat itu sendiri. Namun di mana ada kelebihan, pasti juga ada kekurangan.

Apa yang menjadi kekurangan atau kelemahan milano? Ternyata di balik kehebatan-kehebatannya, serat kain milano mudah dirusak oleh cairan kimia. Itu sebabnya pemilik bahan milano tidak boleh merendam kain mereka dalam larutan deterjen terlalu lama. Waktu aman merendam kain milano cukup satu jam saja.

Selain penjelasan di atas, ada juga kelebihan lain yang dimiliki oleh kain milano. Kain ini memiliki tekstur ringan dan lembut, serta tidak kaku. Akibatnya ketika dikenakan dalam bentuk pakaian, bahan milano akan jatuh ke bawah.

Secara warna juga bahan milano cenderung mengkilat sehingga terkesan glamor dan premium. Sangat cocok untuk kamu yang suka tampil mewah dan menangkap mata orang-orang di sekitar. Pengguna fesyen dari bahan milano pasti akan langsung mengalihkan dan mencuri pandang ketika pertama kali dilihat.

 

Kelebihan, kekurangan, dan ciri fisiknya

kain milano untuk bahan celana
Kain milano untuk bahan celana.
Sumber: Tripadvisor

Bahan milano termasuk kain favorit. Hal itu tidak terbantahkan lagi, apalagi mengingat karakteristiknya yang kebanyakan merupakan kelebihan. Kelebihan-kelebihan tersebut merupakan ekspektasi dari para konsumen industri fesyen.

Selain kelebihan-kelebihan ini, ternyata ada kelebihan lain yang membuat milano juga menjadi favorit para penjual kain. Milano ternyata bisa dimodifikasi agar sesuai dengan selera konsumen. Misalnya saja memberi lapisan anti ultra violet agar kain tidak rusak saat digunakan di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama.

Ketebalan dan ketipisan kain pun menjadi hal yang penting untuk dibahas. Gramasi milano cukup bervariasi. Mulai dari yang tipis seperti katun, sampai yang tebal mirip dengan fleece. Eh, tunggu, kamu tahu gramasi kan?

Gramasi adalah satuan ukuran untuk timbangan berat sebuah tekstil yang dihitung berdasarkan luasan persegi. Contohnya sentimeter atau yang umum digunakan adalah meter persegi. Bila angka gramasi semakin besar, maka makin berat juga tekstil tersebut.

Untuk kain milano sendiri, banyak orang yang juga memakainya sebagai baju fitness. Ada juga yang memanfaatkannya untuk baju olahraga. Apalagi dengan permukaan kain yang trendi dan menarik mata. Apakah kamu tertarik untuk menggunakannya juga? Pasti bakal sangat fashionista sekali.

Ada juga yang menyebut kain milano dengan bahan drifit. Drifit merupakan gabungan antara polyester dengan bahan spandex berkualitas atas. Tampak permukaan kain bila diamati lebih dekat dan seksama akan menampilkan pori-pori dengan motif tertentu. Biasanya yang paling banyak dijumpai adalah zig zag.

Campuran polyester sebenarnya beragam, tapi umumnya berada di rentang 35-40 persen. Baru setelah itu diberi lapisan drifit UV. Tingkat SPF-nya berada di kisaran angka 35. Bisa lebih atau kurang, tetapi biasanya tidak jauh dari angka tersebut. Boleh dikata SPF 35 adalah kemampuan standar bahan milano kualitas untuk menahan sinar matahari.

 Harga bahan

Banyak variasinya. Misal untuk gramasi 130-150, kamu bisa mendapatkan kain UV milano satu meter persegi dengan harga Rp 88.000-an. Ada juga yang menjual bahan milano kualitas rendah dalam hitungan kilogram, yaitu Rp 65.000-an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *