Bahan katun stretch mulai dari warna merah, hitam, ungu, dan abu-abu

Bahan Katun Stretch: Plus, Minus, dan Info Lengkap

Posted on

Bahan katun stretch atau dikenal luas sebagai katun melar merupakan kain yang adem dan nyaman. Kalau penasaran dengan info lengkapnya, silahkan baca sampai tuntas ya. Meskipun memiliki nama stretch alias molor, tapi kamu harus tahu kalau kain ini beda banget dengan spandex dan kain melar lainnya. Silahkan simak plus, minus, dan keterangan lain katun melar berikut ini.

 

Pengenalan bahan katun stretch

Katun merupakan kain yang terbuat dari pintalan benang atau serat kapas alami. Jenisnya pun beragam seiring ditemukan metode pencampuran material kain. Salah satunya adalah katun melar yang terbuat dari dua macam serat yaitu kapas serta lycra (bahasa lainnya spandex). Jadi kenapa di awal tadi dikatakan beda banget dengan spandex karena katun melar adalah campuran, bukan terdiri dari satu material bahan saja.

Itulah kenapa katun stretch dapat memiliki sifat elastis setelah dicampur bahan spandex. Tujuannya agar kain tidak kaku, dan dapat mengikuti alur permukaan tubuh atau pengguna kain. Kelebihan lainnya dari sifat elastis juga bertujuan agar umur pakai kain dapat menjadi lebih lama. Selain itu, kemampuan meregang serat kain membuat katun stretch dapat menyerap cairan.

Lalu seberapa banyak campuran lycra atau spandex yang dapat diberikan pada bahan katun? Tentu sesuai selera dan tujuan pembuatan. Tetapi kalau bertujuan agar sifat katun yang dingin dan nyaman tetap dominan, berikan campuran lycra atau spandex sedikit saja. Kalau terlalu banyak, nantinya kain ini akan memiliki varian lain yang berbeda.

Agar kamu tidak bingung, silahkan simak varian-varian dari kain katun berikut ini.

 

Varian-varian kain katun selain stretch

Ada banyak variasi dari kain katun yang mungkin kalau dijabarkan, panjangnya hingga lima kali lipat tulisan artikel ini. Itu pun hanya menyebutkan varian serta deskripsi singkatnya, belum mengungkapkan info lengkap. Karena alasan itu, dalam artikel ini kita hanya akan menuliskan variasi kain katun yang memiliki relevansi dengan katun stretch.

 

Pertama, ada kain katun rayon

Berbagai motif dan warna jilbab dari bahan katun rayon
Berbagai motif dan warna jilbab dari bahan katun rayon.
Sumber: trenhijabonline.com

Ini merupakan varian dari kain katun yang paling digemari dan ngetren pada era hijabers sekarang. Kain katun rayon sangat banyak dipakai untuk bahan baju Islami, gamis, atau kerudung. Bahannya praktis karena tidak perlu menyeterika namun tetap licin, selain itu juga adem serta nyaman saat dipakai. Maka tidak heran para wanita banyak memakainya agar kepala mereka tidak terasa panas meskipun mengenakan hijab.

 

Kedua, ada juga katun Tionghoa atau katun Cina. Meskipun sebenarnya sih, kata Cina sudah dihindari dan lebih banyak orang menggunakan Tionghoa.

Varian katun satu ini memiliki nama lain yaitu katun twill. Cocok untuk dikenakan sebagai baju rumahan karena bahannya yang tipis dan cenderung tidak mencolok. Sangat nyaman dipandang mata, namun tidak cocok untuk baju luaran karena nerawang. Bagi para kaum hawa, hindari kain ini untuk baju yang dipakai keluar kecuali kamu memang ada tujuan khusus yang sesuai dengan fungsi karakteristik katun twill.

 

Tiga, kita mengenal bahan dasar dari semua jenis varian katun yaitu katun biasa.

Bahan dasar sangat sesuai bagi yang mencari kain dengan mengutamakan segi kenyamanan. Bagaimana tidak, katun dapat menyerap keringat dengan sangat baik. Belum lagi kemampuannya untuk mensirkulasikan udara sehingga cenderung dingin dipakai saat cuaca panas. Inilah kain terbaik untuk wilayah sub tropis seperti Indonesia.

 

Empat, katun Paris. Ada Cina, ada juga Paris.

Banyak dipakai sebagai bahan dasar pembuatan blouse juga hijab. Ciri fisiknya mirip sekali dengan katun biasa, hanya perbedaannya terletak pada bagian serat yang lebih renggang.

 

Lima, katun Jepang.

Adem, nyaman, serta tidak menimbulkan iritasi kulit walau dipakai untuk jangka waktu lama. Warnanya cenderung bersifat “bold” sehingga terlihat sangat tebal. Negara Sakura merupakan produsen utamanya dan banyak memproduksi motif bunga-bunga.

 

Enam, katun Bangkok.

Katun Bangkok polos tanpa motif dengan variasi warna
Katun Bangkok polos tanpa motif dengan variasi warna.
Sumber: Queenteen CL

Produksi asli Bangkok yang menggunakan motif-motif asli dari Thailand. Bahan katun jenis ini cenderung sangat tipis seolah memperlihatkan apa yang ada di balik kain. Jenis kain yang khas dipakai di negara-negara beriklim panas.

 

Tujuh, katun silk sutera.

Jenis kain katun campuran berkelas premium karena menggabungkan antara katun dengan sutera.

 

Delapan, katun minyak.

Bisa dibilang bagai pinang dibelah dua dengan katun silk. Karakteristik dan kualitasnya bisa dibilang sebelas-dua belas

 

Sembilan, katun supernova.

Jenis kain apa pula ini? Itu adalah pertanyaan saya dengan nama supernova yang diusung kain tersebut. Ternyata katun supernova merupakan bahan yang banyak dipakai untuk gamis bertekstur lembut, dingin di permukaan kulit, serta tidak tembus pandang saat disorot cahaya.

 

Kain katun melar kelas premium

Ada bahan katun stretch kelas premium dengan brand Toyobo Original Import. Kain jenis ini memiliki popularitas tinggi di pasaran. Sebabnya karena tekstur yang lebih halus daripada kain sejenis, serta ringan namun tidak menerawang.  Toyobo Original Import merupakan bahan katun stretch dengan harga yang mencerminkan kualitasnya.

Tidak perlu ragu menggunakan kain katun melar. Baik kamu yang memiliki bentuk badan plus atau minus, karena bahan ini akan membalut tubuh dengan sempurna. Akibatnya yang bentuk badannya kurus akan terlihat slim, sedangkan bentuk badannya gendut malah akan tampak berisi.  Tentu bagi yang tubuhnya proporsional akan terlihat lebih bagus lagi.

 

Harga

Nah, sampai kita pada pembahasan yang paling penting. Apakah bahan katun stretch dapat “affordable”? Tentu dengan kualitasnya yang cocok sebagai bahan fesyen, kita berharap banyak. Tenang, karena harga katun stretch relatif terjangkau. Untuk kain ukuran panjang 1,5 m dengan lebar 1 m, bisa diperoleh di rentang harga Rp 30.000 sampai Rp 45.000-an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *