Seragam korsa dari bahan drill warna hijau

Bahan Drill: Spesifikasi, Varian, dan Harga Terbaru

Posted on

Bahan drill, pernahkah kamu memakainya atau membuat baju dari kain ini? Kain drill merupakan bahan yang banyak diproduksi karena termasuk kain dengan tingkat permintaan tinggi. Khususnya untuk pembuatan pakaian seragam kantor seperti korsa, kemeja, jaket safari, dan lain-lain. Karakteristiknya berbeda dengan kain kebanyakan yang cenderung lemas dan jatuh.

Bila kebanyakan kain memiliki pintalan benang dengan pola horizontal atau vertikal, tidak demikian dengan drill. Kain ini dipintal dengan arah serta tekstur miring, atau biasa disebut diagonal. Setiap pintal dan kaitan benang memiliki sambungan yang erat, serta terbuat dari material katun. Walau Sebagian besar drill berasal dari katun, namun ada juga yang memanfaatkan polyester.

 

Spesifikasi bahan drill

Pembukaan artikel sudah menjelaskan secara umum spesifikasi drill. Kali ini, kita akan membahasnya dengan lebih dalam lagi. Misalnya adalah ketebalan kain drill yang beragam, di mana semakin tebal maka kain akan semakin kaku juga kokoh. Ketebalan kain dipengaruhi oleh varian serta tingkatan yang ada.

Karena lebih banyak dipakai untuk seragam formal, maka kain drill juga menawarkan warna yang sesuai. Warna yang dimaksud adalah khaki, di mana warna tersebut mirip seperti debu (coklat abu-abu muda). Meski begitu, dunia konveksi telah melakukan pengembangan dengan membuat variasi warna lain. Kamu tidak perlu khawatir akan terjebak dengan warna yang sama.

Spesifikasi selanjutnya adalah bagaimana pintalan berbentuk miring seperti pada kain drill. Pola pintalan ini ternyata memiliki kelebihan untuk membuat tautan benang kain yang kuat dan kokoh. Kelebihan ini menjadi ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki bahan atau kain lain. Hanya saja pola pintalan tersebut membuat kain terlihat kaku dan tidak bisa membentuk alur lekuk tubuh.

Spesifikasi lainnya adalah bagaimana pola pintalan berpengaruh pada permukaan kain. Permukaan luar akan terasa lebih halus bila diusap dengan gradasi warna yang berbeda. Kelebihan ini mempermudah kita untuk mengenali kain dengan lebih tepat, baik ketika membeli atau menjahitnya.

jaket kombinasi bahan katun dan drill di bagian dalam
Jaket kombinasi bahan katun dan drill di bagian dalam.
Sumber: pabrik jaket

Kekuatan tautan antar benang kain ini memang kuat. Buktinya bisa dicoba dengan menggoreskan benda tajam. Ingat, digores dan bukannya dipotong. Kamu akan menemukan kain drill masih seperti semula atau hanya ada beberapa bagian serat yang putus terburai. Tidak sampai sobek atau tembus ke balik permukaannya.

Tautan benang yang kuat juga berpengaruh pada bagaimana bentuk serat kain. Drill tidak mudah kusut walau pun dalam keadaan setelah dicuci atau terkena cairan seperti keringat. Kamu tetap bisa mengenakannya sepanjang hari dan tidak perlu khawatir ada bagian kain yang menggulung. Saking sulit kusutnya, terkadang ada orang yang mengenakan pakaian dari bahan drill tanpa diseterika karena permukaan kain tampak mulus.

 

Varian yang tersedia di pasaran

Tidak afdol kalau kain favorit seperti drill tidak punya variasi. Pemain industri garmen telah banyak bereksperimen untuk mendapatkan kain terbaik, termasuk membuat variasi bahan drill. Variasi apa saja yang tersedia dan bisa ditemukan sebenarnya tergantung ketersediaan toko kain di daerah kamu. Namun, karena sekarang kita bisa belanja online, akan lebih baik kalau kamu tahu varian drill apa saja yang tersedia di pasaran.

Pertama, kita mengenal adanya Castillo Drill. Seringkali disebut sebagai kain dengan harga paling terjangkau untuk kategori drill. Lalu, apakah ada kualitas yang dikorbankan untuk bahan kain Castillo drill karena harganya yang paling murah? Tidak ada, Castillo drill memiliki semua karakteristik umum kain drill.

Kedua, kamu bisa menemukan yang namanya hisofy drill. Jenis ini bisa dibilang sebagai “best choice” dari segi harga dan kualitas. Hisofy drill memiliki tingkatan kualitas yang sama dengan jenis Japan drill. Perbedaan satu-satunya adalah sifat kain yang lemas dan cenderung lembut sehingga lebih cocok dipakai dibandingkan jenis-jenis kain drill yang lain.

Kecenderungan kain drill berwarna khaki
Kecenderungan kain drill berwarna khaki.
Sumber: Konveksi

Tiga, kita bahas Japan drill yang konon katanya setingkat dengan hisofy drill. Ciri khas Japan drill adalah bagian serat kain yang lebih besar dibandingkan dengan bahan drill lainnya. Akibatnya kain drill jenis ini memiliki tingkat ketebalan yang lebih besar dibandingkan varian lain. Alhasil baju olahan dari Japan drill oocok dipakai untuk musim dingin.

Meski begitu, Japan drill tetap banyak diminati di musim panas. Ini karena sifat bahannya yang dingin saat digunakan. Penyebabnya adalah kandungan katun dalam jumlah besar. Memang nyaman, namun harganya menjadi lebih mahal daripada kain drill kebanyakan.

Empat, tidak mau kalah ada juga dari negara Timur, ada juga American drill. Seratnya termasuk dalam kategori ketebalan sedang, namun dengan sifat lembut yang tidak kalah dengan kain tipis lain. American drill sendiri terbagi dua berdasarkan bahan campurannya, yaitu katun serta polyester.

Terakhir, twist drill atau yang juga dikenal dengan twill drill. Merupakan varian kain drill yang paling banyak beredar di pasaran. Twist drill atau twill drill inilah yang kerap menjadi kambing hitam ketidaktahuan konsumen akan varian-varian kain drill. Mereka menganggap kain drill hanya ada satu jenis ini saja.

Twist drill atau twill drill merupakan drill dengan serat yang paling tipis dibandingkan varian lain. Itulah sebabnya kain ini banyak dipakai karena mudah dibentuk. Selain itu, jenis ini memiliki kelebihan yaitu sifat anti air.

 

Harga kain drill

Boleh dibilang harga bahan drill tidak bisa dipatok pasti karena bergantung pada jenis dan tingkat ketebalan kain. Sebagai hitungan standar, kamu bisa menghitung harga kain drill mulai Rp 20.000-an sampai Rp 55.000-an per meternya. Semakin tebal, maka semakin mahal harga kain tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *