Bahan Drill
Bahan Drill

Bahan Drill, Bahan Kain Langganan Untuk Pakaian Kantor

Posted on

Membahas tentang bahan Drill, mungkin ada beberapa orang awam yang belum tahu atau bahkan belum pernah mendengar nama kain ini. Padahal, kain ini sangat dekat dengan penggunaan sehari-hari dalam lingkungan masyarakat lho, salah satunya adalah bahan dasar kemeja.

Drill memang sering digunakan dalam dunia konveksi untuk membuat pakaian. Kain yang dipintal dan memiliki tekstur diagonal ini sangatlah berbenang kuat hingga penggunaannya sering untuk seragam kerja.

Nah, ingin tahu lebih banyak tentang bahan Drill? Langsung aja yuk, kita simak ulasannya dibawah ini!

Spesifikasi Bahan Drill

Bahan satu ini kebanyakan dibuat dari Cutton, namun kadang juga dibuat dari campuran Polyster. Oleh karena terbuat dari katun, maka sifatnya sangat lembut, tahan lama, dan kuat. Hal ini menjadikan bahan Drill sebagai langganan bahan membuat pakaian kerja hingga kemeja-kemeja resmi yang banyak dijual di pasaran.



Tapi tidak semua kain Drill juga bisa untuk pakaian resmi. Ada Drill yang memang cocok untuk pakaian kerja, ada Drill yang hanya cocok untuk membuat seragam militer karena sifat tebalnya, ada pula Drill yang hanya untuk pakaian olahraga. Inilah mengapa Drill banyak dicari produsen konveksi karena sifatnya yang bisa menyesuaikan di beberapa kebutuhan. Selain itu, di pasaran pun bahan Drill juga mudah ditemukan, tentunya dengan harga yang bervariasi.

Jenis-Jenis Kain Drill

Ada beberapa jenis bahan Drill yang perlu kita ketahui berdasar besar kecilnya serat penyusun kain, yakni :

  1. Twist Drill

Kain yang dikenal dengan seratnya yang sangat kecil ini brsifat water repellent. Maka dari itu, sangat sulit mencuci kain jenis ini karena air lumayan sulit menembus lapisannya. Selain itu, kain ini dikenal dengan sifat lenturnya yang mampu menghalau tekanan. Dibuat dari serat wol yang memang bisa dikatakan sangat bagus kualitasnya, Twist Drill sayangnya tidak cocok dipakai di suhu dingin. Kain ini hanya cocok digunakan untuk seragam, jaket, celana chinos, atau bahkan celana kargo yang memang semuanya membutuhkan kain yang kuat. Biasanya pula, Twist Drill digunakan untuk membuat jaket resmi perusahaan dengan tambahan zipper dalam modelnya.

  1. American Drill

Salah satu jenis Drill yang berserat sedang ini ternyata lebih lembut dari katun itu sendiri. American Drill sendiri sering digunakan untuk bahan membuat pakaian karena sifatnya yang sangat nyaman digunakan di kulit. Selain itu, apabila dibandingkan dengan Twist, American Drill juga bisa dikatakan lebih halus permukaannya. Dibuat dari campuran katun dan Polyester, American Drill bisa digunakan untuk bahan jas, seragam, hingga jaket.

  1. Japan Drill

Terakhir, ada kain Drill dengan jenis serat terbesar yang disebut Japan Drill. Jenis kain yang sangat populer ini sering digunakan untuk membuat seragam karena sifatnya yang kuat dan tebal. Namun, seragam yang dibuat biasanya dikhususkan untuk seragam lapangan. Hal ini mungkin karena sifat kain yang dibawa oleh Japan Drill itu sendiri. Dibandingkan American Drill, Japan Drill lebih banyak mengandung katun daripada Polyester dalam susunan serat kainnya. Oleh karena itu, Japan Drill lebih kuat, tebal, namun tetap adem kala dikenakan. Itulah mengapa salah satu jenis bahan Drill ini digunakan untuk pakaian lapangan.

Kelebihan Bahan Kain Ini

Karena sering digunakan untuk bahan membuat pakaian kerja maupun kemeja, maka tidak heran jika Bahan Drill memiliki beberapa kelebihan dibanding kain lainnya. Kira-kira apa saja kelebihannya?



Ternyata, selain dikenal tahan lama, kuat, dan tebal, jenis kain ini juga terkesan rapi. Kain yang memiliki tekstur bergaris-garis diagonal ini diklaim bisa membalut tubuh agar terlihat lebih tegas, proporsional, dan elegan. Maka dari itu, tidak salah jika Drill digunakan untuk membuat seragam kantor yang mana pemakainya memang harus terlihat profesional.

Baca Juga : Mengenal Bahan Baby Canvas Yang Unik Untuk Fashion

Kelebihan lainnya yakni bahan ini mampu tahan terhadap cuaca dan tidak mudah luntur. Bahan Drill juga mudah dibordir, disetrika, hingga mudah dalam perawatannya. Tidak hanya itu, karena terbuat dari katun, maka bahan ini mampu menyerap keringat.

Kekurangan Bahan Kain Ini

Terlepas dari semua kelebihannya, Bahan Drill juga memiliki kekurangan, yakni warnanya yang monoton. Karena sering digunakan untuk baju kerja, maka warnanya kebanyakan hanya warna-warna polos seperti Khaki.

Harga Kain Drill Paling Murah

Berbicara mengenai harga jenis kain ini, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli. Kain ini dikenal dengan macam-macam jenisnya yang memiliki serat dengan ketebalan yang berbeda-beda. tentunya hal ini juga akan mempengaruhi harga. Sudah pasti dong apapun produknya, harga pasti mengikuti kualitas yang disuguhkan. American Drill misalnya, semakin banyak katun yang dikandungnya, maka harganya pun juga akan semakin mahal. Sebaliknya, semakin sedikit katun yang dikandungnya, maka harga American Drill juga akan semakin terjangkau. Sebut saja, per meternya kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 50 ribuan untuk American Drill. Murah, bukan?

Demikian ulasan kali ini mengenai kain Drill. Semoga ulasan ini mendatangkan manfaat dan dapat memberimu informasi terkait dunia tekstil dan konveksi. See you next time!

3 thoughts on “Bahan Drill, Bahan Kain Langganan Untuk Pakaian Kantor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *