celana bahan denim warna hitam, biru tua, dan indigo

Bahan Denim: Spesifikasi, Karakteristik, & Harga Terbaru

Posted on

Bahan denim merupakan garmen yang digandrungi anak muda. Kenapa bisa begitu disukai? Penyebabnya karena spesifikasi dan karakteristik yang akan kita ulas di sini. Kain denim awalnya tidak langsung populer, karena boleh dikata ia melanjutkan kejayaan jeans di Indonesia. Meskipun bisa dibilang jeans dan denim terlihat serupa, tetapi sebenarnya mereka sangat berbeda.

Jeans umumnya dipergunakan sebagai celana panjang, sedangkan denim sendiri ialah jenis kain. Bahan denim lebih tua dan diciptakan pertama kali di Perancis, tepatnya Kota Serge de Nimes. Kata “de Nimes” itulah yang menjadi asal-muasal “denim”. Denim terbuat dari serat “cotton twill” yang ditenun menjadi kain dengan permukaan halus dan tipis.

Sedangkan jeans, dipopulerkan oleh brand “Levis” yang dibuat oleh Levi Strauss dan Jacob Davis tahun 1873. Popularitasnya kian meluas sejak tahun 1980-an karena secara mode dapat diterima berbagai kalangan. Padahal sebelumnya, jeans hanya dipakai oleh kaum pinggiran kota macam koboi, pekerja konstruksi, dan buruh-buruh yang mengutamakan kerja fisik.

Itu adalah sekelumit asal muasal bahan denim dan jeans. Nah, tanpa basa-basi mari kita membahas denim secara lebih lengkap lagi.

 

Spesifikasi bahan denim

Bahan awal yang digunakan untuk membuat denim ialah wol dan kapas. Ada juga yang memanfaatkan variasi antara wol dan sutera untuk kelas denim eksklusif. Kondisi berubah ketika permintaan akan denim lebih mengarah pada kebutuhan fesyen secara kuantitas, pabrik-pabrik garmen hanya memakai kapas saja.

Untuk warna pun ada ceritanya tersendiri. Warna biru gelap denim diperoleh dari tanaman indigofera dari India. Biru gelap semu keunguan ini pun mendapat tempatnya di selera pengguna denim. Akibatnya terjadi impor secara masif atau besar-besaran indigofera.

Tetapi ada pendapat lain yang mengutarakan bahwa jeans dan denim adalah sama-sama jenis kain dengan perbedaan karakteristik. Jeans memiliki sifat tidak melar dan cenderung kaku. Berbanding terbalik dengan denim yang memiliki sifat elastis.

Indigofera adalah tanaman dari India untuk memberi warna indigo
Indigofera adalah tanaman dari India untuk memberi warna indigo.
Sumber: www.amazon.in

Terserah padamu lebih mempercayai versi asal-usul yang mana terkait sejarah jeans dan denim. Padahal elastisitas tersebut dikarenakan oleh campuran spandex dalam katun yang akan ditenun menjadi bahan denim.

Cara pembuatan kain denim adalah dengan menenun serat katun yang terlah diwarnai biru. Ini merupakan denim jenis pakan di mana varian lungsi memakai serat katun warna putih. Pakan merupakan kain denim lapisan luar, sedangkan lungsi di bagian dalam. Metode penenunannya tenun silang kepar yang menghasilkan bahan Twill Weave.

Twill Weave memiliki ciri khas berupa garis diagonal. Inilah ciri utama dari kain denim itu sendiri. Aplikasi kain pun tidak hanya terbatas pada celana, bisa ditemukan juga di jaket, tas, kemeja, bahkan sepatu.

Untuk denim yang memiliki sifat elastis, kapas dicampur dengan bahan spandex. Sifat elastis tersebut membuat denim jadi lebih awet dibandingkan denim yang terbuat dari benang katun secara penuh. Itulah kenapa denim menjadi favorit banyak orang, terutama para pekerja kasar. Sifat elastis itu menjadikan bahan denim lebih awet dibandingkan bahan-bahan lainnya.

 

Karakteristik kain

Kain denim cenderung tebal dan berat apabila direndam air karena kemampuan menyerap cairan yang lumayan bagus. Awal kemunculannya hanya mengenal warna indigo, yang kemudian dikembangkan lagi ke dalam berbagai varian. Misalnya saja biru langit, cokelat, khaki, putih, hitam, abu-abu, serta lain sebagainya.

Karakteristik kain denim beragam, tergantung pada jenisnya. Berikut ulasan mengenai jenis-jenis kain denim.

Pertama, ada bahan denim bernama selvage denim

Ini merupakan jenis denim yang telah merapikan bagian tepi kain. Tujuannya agar serat-serat benang tidak mudah terburai sehingga lebih rapi dan utuh.

Prewash denim

Seperti namanya, denim satu ini dicuci ketika proses pembuatannya. Akibatnya muncul warna memudar pada bagian luar kain. Tujuannya memang memudarkan warna kain pada sisi-sisi tertentu sehingga menciptakan kesan lebih “wild” atau “street” dengan impresi usang. Meskipun kalau diamati kainnya malah masih utuh. Pudaran warna ini umumnya akan menampilkan warna putih.

Dry denim

Dry denim mempunyai warna yang pekat
Dry denim mempunyai warna yang pekat.
Sumber: YouTube

Dry denim atau denim kering merupakan kain denim yang setelah pewarnaan tidak dicuci lagi. Itulah kenapa tampilan warnanya begitu pekat dengan karakter kain yang cenderung kasar. Biasanya warna yang muncul adalah biru atau ungu gelap.

Colored denim

Jenis kain denim berwarna macam-macam. Basis warnanya adalah biru untuk jenis jeans. Baru kemudian dilapisi sulfur untuk memberikan warna lain.

Stretch denim

Jenis bahan denim yang memiliki karakter elastis berkat campuran spandex. Biasanya cukup sekitar 2-3 persen saja agar kain tetap nyaman digunakan dan memiliki sifat katun.

Ramie denim

Seperti namanya, denim digabungkan dengan serat tanaman rami. Akibatnya tingkat kehalusan kain meningkat pesat sehingga kain sulit berkerut. Keuntungan lainnya adalah kain yang sulit kotor dan mudah menyerap cairan.

Black coated denim

Kain denim satu ini dilapisi dengan bahan akrilik untuk menguatkan warna hitam di atasnya. Campuran tersebut akan meningkatkan keawetan kain sehingga tahan lama. Terlebih lagi lapisan luar kain akan makin terlihat berkilau. Sayangnya, karakteristik ini akan pudar seiring seringnya kain dicuci.

Poly denim

Kain denim yang dicampur dengan bahan polyester. Denim menjadi lebih ringan dan elastis. Akibatnya kain poly denim banyak disukai orang dan cocok digunakan untuk berbagai acara baik formal maupun informal.

 

Harga kain denim terbaru

Biasanya kain denim dijual dengan hitungan standar lebar 150 cm. Panjangnya baru dihitung berdasarkan yard yang kalau dikonversi dalam meter adalah 0,9 meter. Harganya per yard berada di rentang Rp 17.000 – Rp 30.000-an. Kalau ingin membeli berdasarkan patokan hitungan berat pun beragam, tergantung varian denim yang ingin dibeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *