bahan baju spandek dengan gabungan katun

Bahan Baju Spandek: Kreasi Bahan Pakaian yang Tersedia

Posted on

Bahan baju spandek dimanfaatkan dalam berbagai kesempatan untuk membuat pakaian. Biasanya bahan pakaian tersebut digunakan untuk set baju olahraga, daleman, atau busana muslim. Perusahaan yang menggunakan spandek pertama kali adalah Du Pont.

Du Pont memperkenalkan bahan spandek pada tahun 1947 dengan sebutan “fiber K”. Tujuan awalnya adalah menggantikan bahan karet yang mempunyai sifat elastis dalam industri garmen. Spandek terus digunakan hingga pada tahun 1959 diperkenalkan dengan nama baru yaitu “lycra”.

Serat buatan spandek atau disebut serat fiber, mempunyai tingkat elastisitas yang unggul. Selain lebih elastis, spandek juga lebih kuat dan ringan dipakai daripada bahan sintetis antara serat alami dan karet. Hanya saja penggunaan spandek tetap harus dicampur dengan serat kain natural.

Campuratn kain spandek ada beberapa macam. Agar lebih jelas, mari kita simak bahan baju spandek ada jenis apa saja.

 

Bahan baju spandek katun

tank top berbagai warna dari bahan spandek katun
Tank top berbagai warna dari bahan spandek katun.
Sumber: Bukalapak

Jenis kain spandek yang pertama adalah spandek katun. Bahan ini merupakan campuran serat spandek dengan benang katun. Istilah lainnya adalah kapas yang digabungkan bersama polyutherane.

Karena penggabungan tersebut, maka ada karakteristik yang tercampur antara katun dan spandek. Kain ini bisa menyerap keringat dan memiliki rongga-rongga untuk sirkulasi udara. Selain itu, kain menjadi lebih elastis serta lebih tahan lama.

Baca Juga : Bahan Spandex: Spesifikasi, Karakteristik, dan Harga Terbaru

Gabungan antara bahan baju spandek dengan rayon

kaos warna hitam dari bahan spandek rayon
Kaos warna hitam dari bahan spandek rayon.
Sumber: Bukalapak

Spandek rayon merupakan kain buatan dengan teknik “blended” antara serat rayon dan spandek. Banyak orang menyukai kain jenis ini karena sifatnya yang cenderung dingin dipakai di kulit. Selain dingin, spandek rayon juga dapat menyerap keringat namun tetap lembut. Spandek rayon juga punya kemampuan melar sehingga lebih dapat mengikuti alur tubuh.

 

Ada juga yang disebut dengan spandek semi rayon

Kalau ada bahan spandek rayon, industri garmen juga mengenak spandek semi rayon. Karakteristiknya pun hampir sama, hanya saja ada perbedaan karakteristik di mana sifat spandek lebih kuat di dalam kain. Hal ini karena campuran polyutherane dalam kain lebih banyak dibandingkan rayon.

 

Kalau polyutherane lebih sedikit dibandingkan bahan rayon, jadilah spandek rayon super

Bahan baju spandek rayon super merupakan kebalikan dari spandek semi rayon. Bahan ini juga mempunyai campuran dominan dari serat rayon. Spandek rayon super adalah kombinasi serat rayon dengan campuran spandek. Kain jenis ini memiliki basis penggemar yang besar karena karakteristik kain yang sangat nyaman digunakan.

Permukaan kain menjadi sangat lembut sehingga kita sulit merasakan gesekan yang biasanya terjadi saat mengenakan pakaian. Selain itu, bahan ini populer di negara-negara subtropics dan tropis karena dingin dipakai di kulit. Walaupun kita berkeringat, kain akan cepat menyerap bulir-bulir keringat tersebut meskipun daya serapnya tidak terlalu kuat.

Baca Juga : Spandek Soft: Spesifikasi, Karakteristik, dan Harga Terbaru

Bahan baju spandek jersey

Kalau dari tadi kita berbicara gabungan antara dua jenis serat, kira-kira apa yang tersjadi bila ada tiga jenis serat jadi satu dalam sebuah kain? Itulah yang terjadi dengan spandek jersey. Bahan pakaian ini merupakan gabungan serat spandek, rayon, dan bamboo.

Ada tiga karakteristik utama dalam kain ini, sesuai jumlah gabungan tiga serat di dalamnya. Pertama, kelenturan spandek atau elastisitasnya.  Kedua, sifat dingin permukaan kain akibat bahan rayon yang juga menyerap keringat. Lalu terakhir, serat bambu membuat kain ini sangat ringan. Karena tiga sifat tersebut, maka banyak orang memanfaatkan spandek jersey untuk membuat baju atasan terusan.

 

Tidak mau kalah dengan tren KPop dan KDrama, ada juga bahan spandek Korea

Nama asli kain ini adalah spandek ITY. ITY merupakan kepanjangan dari Interlocked Twister Yarn. Bagi orang awam, kain spandek Korean atau spandek ITY akan mirip dan sulit dibedakan dengan kain spandek jersey.

Kenapa bisa dibilang mirip? Itu karena karakteristik yang ada pada spandek jersey, juga dimiliki oleh spandek Interlocked Twister Yarn. Permukaannya terlihat memantulkan cahaya, lembut serta halus, menyerap keringat, dan elastis.

Lalu bagaimana perbedaannya? Spandek Korea memiliki bobot yang berat dan serat kainnya mengunci satu sama lain. Akibatnya kain ini akan terlihat jatuh dan tidak mengambang. Cocok bagi kamu yang tidak suka membetulkan posisi baju baik gara=gara angin atau memang tidak sengaja tersibak.

 

Bahan baju spandek PE

PE adalah kepanjangan dari polyester. Bahan ini merupakan kombinasi antara polyutherane dengan polyester. Kalau spandek Korea memiliki kemiripan dengan spandek jersey, maka spandek PE lebih menyerupai spandek katun. Perbedaannya ada pada tebal serat di mana spandek PE lebih tipis.

Bahan ini merupakan opsi kedua dari spandek katun. Penyebabnya ada pada kualitas kain yang kuat, tetapi lebih tipis sehingga dihargai lebih murah.

 

Jenis spandek yang mahal, yaitu spandek sutera

Ada juga gabungan antara serat spandek dengan bahan yang mahal yaitu spandek sutera. Apakah kain ini benar-benar mahal? Ternyata tidak demikian. Sutera yang dimaksud adalah bahan polyester. Kelebihan spandek sutera adalah daya regang tinggi, lentur dan tidak mudah sobek, tetapi juga dapat melepas panas tubuh sehingga menjaga suhu badan pemakai tetap dingin.

 

Favorit anak muda yaitu spandek denim

Daftar panjang bahan baju spandek ini akan ditutup dengan jenis kain spandek yang sangat digemari anak muda: spandek denim. Kain ini adalah perpaduan bahan denim dengan spandek, sehingga menghasilkan kain yang terlihat seperti denim namun elastis dipakai. Akibatnya tren fesyen baju ngepres menjamur. Karena meskipun terlihat ngepres di tubuh, namun tidak sesak akibat karakteristik kain spandek yang melar.

Contohnya saja celana, legging, jaket, rompi, dan lain sebagainya. Ada juga yang menyebut kain ini dengan panggilan “jeans stretch”, artinya “jeans melar”.

 

Ahyana Hijab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *