ukuran standar baju all size
ukuran standar baju all size

Ukuran Standar Baju All Size Pria dan Wanita

Posted on

Memilih ukuran baju memang terkesan menjadi hal yang mudah. Kita tinggal mengukur badan kita dan menyesuaikannya dengan ukuran baju yang hendak kita beli. Jika ukuran kita adalah L, maka yang kita beli adalah ukuran L. Akan tetapi, bagaimana apabila yang tersedia adalah ukuran All Size? Apa sih sebenarnya ukuran All Size itu? Dan berapa ukuran standar baju All Size? Berapa ukuran standar baju All Size untuk pria? Dan berapa ukuran standar baju All Size untuk wanita?

Kali ini, ahyanahijab.com akan membahas mengenai ukuran standar baju All Size untuk pria dan wanita. Akan tetapi, sebelum kita membahas lebih detail mengenai ukuran standar baju All Size untuk pria dan wanita, ada baiknya kita mengetahui dulu, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan ukuran All Size?

Pengertian Ukuran Baju All Size

Perlu diketahui bahwa ukuran ukuran All Size sendiri adalah ukuran baju yang hanya ada di Asia, khususnya Jepang, Korea, serta China. Ukuran baju All Size ini kemudian, lambat laun, mulai diadaptasi dan diterapkan di Indonesia. Maka, jangan heran apabila anda menemukan beberapa penjual baju dengan ukuran All Size.

Umumnya, yang dimaksud dengan ukuran All Size adalah ukuran baju antara M dan L. M berarti medium atau ukuran baju sedang. Sedangkan L berarti large atau ukuran baju yang lumayan besar. Istilah lain dari ukuran All Size adalah M fit L atau M fit to L. Namun, khusus untuk M fit to L, bisa merujuk ke dua kemungkinan. Kemungkinan pertama adalah bahwa baju tersedia dalam ukuran XS, S, M serta L. Kemungkinan kedua adalah bahwa baju itu memang didesain dalam satu ukuran. Dengan kata lain, baik orang dengan ukuran XS, S, M, atau L dapat memakainya dengan pas.

Memang, tubuh orang Asia berbeda dengan tubuh orang Eropa yang kebanyakan bertubuh besar. Mayoritas tubuh orang Asia yang berukuran sedang menjadikan ukuran baju All Size ini dapat diterapkan di sini.

Baca Juga : Ukuran Standar Baju Wanita Terlengkap

Baca Juga : Ukuran Baju Anak Standar Terlengkap

Meskipun umumnya ukuran baju All Size merujuk pada ukuran antara M dan L, akan tetapi, kadangkala, ukuran All Size ini bisa lebih kecil dari ukuran M atau bahkan lebih besar dari ukuran L. Tidak hanya itu, bahkan, ukuran All Size juga bisa merujuk pada ukuran antara S dan M, L dengan XL, serta XL dengan XXL. Sebab, pada dasarnya, ukuran ini memang bukanlah ukuran yang dapat dipastikan panjang lebarnya.

Seperti kebanyakan tubuh orang Asia yang mayoritas berperawakan sedang, ukuran rata-ratanya berada di antara ukuran M dan L kemungkinan fit di size M atau L kecil. Ada kalanya all size bisa melebihi ukuran L dan bisa kurang dari ukuran M. Itu menunjukan bahwa ukuran all size adalah ukuran yang tidak secara pasti panjang dan lebarnya. Yang pasti adalah bahwa ukuran ini merujuk pada ukuran rata-rata orang Asia, termasuk Indonesia.


Ukuran Standar Baju All Size Pria dan Wanita

Karena ketidakpastian ukuran lebar dan panjang dari ukuran baju All Size inilah banyak orang bingung dengan ukuran satu ini. Lalu, berapa sebenarnya ukuran standar baju All Size? Berapa ukuran standar baju All Size pria? Dan berapa ukuran standar baju All Size wanita? Berikut jawabannya.

Ukuran Standar Baju All Size Pria

ukuran standar baju all size 4
Baju All Size Pria

Ukuran standar baju All Size pria sebenarnya mengacu pada ukuran standar badan pria di Asia. Dan apabila digunakan di Indonesia, maka ukuran standar baju All Size pria ini adalah ukuran standar badan pria di Indonesia. Berapa itu? Umumnya, ukuran lebar dada pria di Indonesia adalah 48 cm x 70 cm atau 44 cm x 65 cm. Jadi, ukuran standar baju All Size pria di Indonesia umumnya menggunakan dua ukuran itu.

Ukuran Standar Baju All Size Wanita

ukuran standar baju all size
Baju All Size Wanita

Sebagaimana ukuran standar baju All Size pria, ukuran standar baju All Size wanita juga mengacu pada ukuran standar badan perempuan di Asia. Apabila digunakan di Indonesia, aka ukuran standar baju All Size wanita ini adalah ukuran standar badan wanita di Indonesia. Berapakah itu? Umumnya ukuran lebar dada wanita di Indonesia adalah 40 cm x 63 cm. Jadi, ukuran standar baju All Size wanita di Indonesia umumnya menggunakan ukuran itu.


Tips Membeli Baju Ukuran All Size

Seperti telah dijelaskan di atas, meskipun di Indonesia ada ukuran standar yang biasa digunakan, akan tetapi, sebagaimana dijelaskan di awal tulisan, ukuran All Size adalah ukuran yang tidak pasti panjang dan lebarnya. Tidak hanya itu, yang dimaksud dengan ukuran All Size pun juga bisa berbeda-beda. Bisa jadi adalah ukuran antara XS dan S, bisa jadi ukuran antara S dan M, bisa pula ukuran antara M dan L, ukuran antara L dan XL atau bahkan ukuran antara XL dan XXL.

Untuk itu, ketika anda hendak membeli baju ukuran All Size, kami menyarankan agar anda menanyakan terlebih dahulu kepada penjual. Ukuran apakah baju All Size yang mereka jual? Biasanya, bila penjualnya memang sudah berpengalaman, mereka akan memberitahu bahwa ukuran All Size yang dimaksud adalah ukuran All Size M fit L, atau ukuran All Size S fit M, atau ukuran All Size L fit Xl, dan seterusnya.

Hal itu penting agar anda tidak merasa tertipu ketika hendak membeli baju dengan ukuran All Size. Sebab, ukuran standar baju All Size memang berbeda-beda. Baik itu ukuran standar baju All Size pria ataupun ukuran standar baju All Size wanita. Terlebih wanita, karena bentuk tubuh wanita sangat bervariasi. Oleh karena itu, patokan ukuran M atau L tidak selalu pas ketika dipakai. Ada wanita yang bagian dadanya lebih besar, atau ada pula yang lebih kecil. Ada pula wanita yang memiliki pinggul lebih besar, atau ada juga yang memiliki pinggul lebih kecil. Oleh karena itu, bagi wanita, selain bertanya mengenai ukuran All Size, ada baiknya anda mencoba dulu baju yang hendak anda beli.

Demikian ulasan kami mengenai ukuran standar baju All Size pria dan wanita. Semoga bermanfaat.

Kalau ada yang perlu ditanyakan, mari kita diskusikan di kolom pertanyaan 🙂

 

(Ahyana Hijab)

 

4 thoughts on “Ukuran Standar Baju All Size Pria dan Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *