Ukuran Baju Anak

Ukuran Baju Anak Standar Terlengkap

Posted on

Sebagian ibu-ibu, mungkin masih bingung ketika hendak membelikan baju anak, terutama soal ukuran baju anaknya. Apalagi, ibu-ibu yang baru memiliki satu anak. Tentu pengalaman pertama mempunyai anak membuatnya belum terlalu memahami ukuran baju anak karena sebelum-sebelumnya, jarang, atau bahkan tidak pernah membelikan baju untuk anak. Anak siapa yang mau dibelikan baju emangnya, kan belum punya anak? Ya barangkali untuk membelikan baju anak dari teman, saudara, atau tetangga sebagai hadiah kelahiran atau ulang tahunnya kan?

Oleh karena itu, kiranya perlu untuk mengetahui ukuran baju anak-anak sebagai pengetahuan dasar sebelum membelikan baju untuk anak. Sebab, kalau membelikan baju anak lalu kebesaran atau kekecilan kan tidak lucu? Bisa-bisa mubadzir karena tidak terpakai bukan?

Baiklah, sebagai referensi ibu-ibu sekalian, kali ini kami akan sedikit memberikan informasi dan ulasan mengenai ukuran baju anak. Simak sampai selesai yaa.

Baca Juga : Ukuran Standar Baju Wanita Terlengkap

Baca Juga : Ukuran Standar Baju All Size Pria dan Wanita

Dalam membahas soal ukuran baju anak ini, untuk memudahkan ibu-ibu sekalian, kita akan membaginya ke beberapa golongan usia. Pertama, usia 0-1 tahun. Kedua, usia 1-2 tahun. Ketiga, usia 3-4 tahun. Keempat, usia 5-6 tahun. Kelima, usia 7-8 tahun. Keenam, usia 9-10 tahun. Ketujuh, usia 11-12 tahun.

Ukuran Baju Anak Berdasarkan Usia

1. Ukuran Baju Anak Usia 0-1 Tahun

ukuran baju anak di bawah 1 tahun
Ukuran Baju Usia Di Bawah 1 Tahun

Sebagai keterangan tambahan untuk tabel di atas, NB maksudnya adalah New Born artinya untuk ukuran bayi yang baru lahir. Lalu 3M maksudnya adalah 3 Months, artinya untuk ukuran bayi yang baru berusia 3 bulan. Kemudian 6 M adalah 6 Months, artinya untuk ukuran bayi berusia 6 bulan. Sedangkan 9 M adalah 9 Months, yakni untuk ukuran bayi yang berusia 9 bulan. Dan 12 M adalah 12 Months, yaitu untuk ukuran bayi yang sudah menginjak usia 12 bulan atau 1 tahun.

Akan tetapi, ukuran di atas tetaplah bukan ukuran baku. Dengan kata lain, apabila tinggi dan berat badan anak anda yang baru lahir (NB/New Born) sudah menyamai tinggi dan berat badan bayi ukuran 3 bulan, maka yang digunakan adalah ukuran untuk 3M, alias ukuran untuk bayi usia 3 bulan.

2. Ukuran Baju Anak Usia 1-2 Tahun

ukuran baju anak 1 2 tahun
Ukuran Baju Usia 1-2 Tahun



Kategori yang kedua adalah kategori usia anak 1 hingga 2 tahun. Ukuran bajuk anak usia 1 hingga 2 tahun, umumnya adalah 42 cm (panjang) x 30 cm (lebar). Akan tetapi, apabila di usia ini anak anda bobot atau tinggi tubuhnya berlebih, maka anda bisa memilihkan baju untuk anak usia 3-4 tahun. Sebaliknya, apabila bobot atau tinggi anak anda di bawah rata-rata anak seusianya, maka anda bisa memilihkan baju untuk anak 9 bulan atau 6 bulan untuknya.

3. Ukuran Baju Anak Usia 3-4 Tahun

ukuran baju anak 3 4 tahun
Ukuran Baju Usia 3-4 Tahun

Selanjutnya, adalah untuk kategori anak usia 3 hingga 4 tahun. Ukuran baju anak usia antara 3 hingga 4 tahun, umumnya adalah 45 cm (panjang) x 33 cm (lebar). Namun, apabila anak anda masih terbilang kecil untuk usia anak 3 hingga 4 tahun, anda bisa memilihkan baju untuk anak usia 1-2 tahun untuknya. Sebaliknya, apabila bobot atau tinggi anak anda di atas rata-rata anak usianya, maka anda bisa memilihkan baju untuk anak usia 5-6 tahun untuknya.

4. Ukuran Baju Anak Usia 5-6 Tahun

ukuran baju anak 5 6 tahun
Ukuran Baju Usia 5-6 Tahun

Kategori selanjutnya adalah anak usia 5 hingga 6 tahun. Ukuran baju anak usia 5 hingga 6 tahun, umumnya adalah 48 cm (panjang) x 37 cm (lebar). Namun, apabila bobot dan tinggi anak anda di bawah rata-rata anak usianya, anda bisa memilihkan baju anak usia 3-4 tahun untuknya. Sebalinya, apabila bobot dan tinggi anak anda di atas rata-rata, anda bisa memilihkan baju anak usia 7-8 tahun untuknya.

5. Ukuran Baju Anak Usia 7-8 Tahun

ukuran baju anak 7 8 tahun
Ukuran Baju Usia 7-8 Tahun



Kategori selanjutnya adalah anak usia 7 hingga 8 tahun. Ukuran baju anak usia 7 hingga 8 tahun, umumnya adalah 52 cm (panjang) x 41 cm (lebar). Namun, apabila bobot dan tinggi anak anda di bawah rata-rata anak usianya, anda bisa memilihkan baju anak usia 5-6 tahun untuknya. Sebalinya, apabila bobot dan tinggi anak anda di atas rata-rata, anda bisa memilihkan baju anak usia 9-10 tahun untuknya.

6. Kategori Baju Anak Usia 9-10 Tahun

Ukuran Baju Usia 9-10 Tahun

Kategori selanjutnya adalah anak usia 9 hingga 10 tahun. Ukuran baju anak usia 9 hingga 10 tahun, umumnya adalah 56 cm (panjang) x 45 cm (lebar). Namun, apabila bobot dan tinggi anak anda di bawah rata-rata anak usianya, anda bisa memilihkan baju anak usia 7-8 tahun untuknya. Sebalinya, apabila bobot dan tinggi anak anda di atas rata-rata, anda bisa memilihkan baju anak usia 11-12 tahun untuknya.

7. Ukuran Baju Anak Usia 11-12 Tahun

ukuran baju anak 11 12 tahun
Ukuran Baju Usia 11-12 Tahun

Kategori terakhir adalah anak usia 11 hingga 12 tahun. Ukuran baju anak usia 11 hingga 12 tahun, umumnya adalah 60 cm (panjang) x 48 cm (lebar). Namun, apabila bobot dan tinggi anak anda di bawah rata-rata anak usianya, anda bisa memilihkan baju anak usia 9-10 tahun untuknya. Sebalinya, apabila bobot dan tinggi anak anda di atas rata-rata, anda bisa memilihkan baju anak usia 13 tahun ke atas untuknya.

 

(Ahyana Hijab)

5 thoughts on “Ukuran Baju Anak Standar Terlengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *